Sembako NaikOK.jpg

Bisnis

Jelang Akhir 2021, Harga Cabai Hingga Minyak di Kota Semarang Naik

Beberapa waktu terakhir harga sejumlah komoditas pokok mengalami kenaikan menjelang akhir tahun 2021. Hal ini diakui oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ketika berkeliling di tiga pasar di Kota Semarang pada 23 Desember 2021 lalu. Kelima bahan pokok yang mengalami kenaikan antara lain minyak goreng, telur, daging ayam, cabai setan serta bawang merah.

Ganjar menyebut bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan tim pengendalian inflasi daerah untuk mengatasi hal tersebut. Dirinya juga telah melakukan koordinasi dengan Wali Kota Semarang untuk merespon permasalahan tersebut. "Saya juga sudah komunikasi dengan pak wali Kota Semarang agar segera dilakukan respon-respon dan nanti kami juga akan koordinasi dengan kementerian pusat agar persoalan ini bisa segera diselesaikan," ungkap Ganjar.

Sembako NaikOK2.jpg

Saat ini harga cabai setan mengalami kenaikan hingga Rp80.000 per kilogramnya padahal sebelumnya harga cabai setan hanya Rp20.000 per kilo. Selain itu kenaikan harga yang relatif tinggi juga dirasakan pada minyak goreng kemasan karena harganya saat ini mencapai Rp19 ribu per liter. Dinperindag Jateng juga akan menggelar operasi pasar terkait kenaikan harga minyak goreng ini.

Mochammad Santoso selaku Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinperindag Jateng mengatakan jika pihaknya dibantu oleh pemkab/pemkot se-Jateng akan menggelar operasi pasar khusus minyak goreng yang harganya jauh di atas harga eceran tertinggi. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat menjelang akhir tahun.

[Baca Juga: Jelang Nataru, Harga Cabai dan Telur di Bandung Merangkak Naik]

Dalam inspeksi mendadak di Pasar Wonodri dan pasar Peterongan Semarang pada 23 Desember lalu, Mochammad Santoso menilai jika kenaikan harga minyak goreng disebabkan oleh harga sawit di luar negeri yang sedang bagus, sehingga produk sawit di dalam negeri banyak yang diekspor untuk memenuhi pasar luar negeri.

"Terkait dengan minyak goreng ini, Kementerian Perdagangan sudah mengambil langkah-langkah. Memfasilitasi pertemuan antara produsen atau asosiasi produsen minyak, dengan asosiasi retail. Sudah ada kata sepakat, untuk melakukan penjualan murah seperti operasi pasar. Minyak goreng kemasan sederhana seharga Rp14.000 per liter. Sudah dialokasikan sekitar 11 juta liter," terang Mochammad Santoso dalam rilis tertulis yang diterima PingPoint.co.id (24/12/2021).


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.