Jelang AP-CAT 2019, Ribuan Pelajar Bogor Patahkan Rokok Raksasa

Kesehatan

Jelang AP-CAT 2019, Ribuan Pelajar Bogor Patahkan Rokok Raksasa

Sebentar lagi Kota Bogor akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asia Pacific Cities Alliance for Tobacco Control atau AP-CAT 2019. Dalam rangka menyambut kegiatan internasional ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggandeng ribuan pelajar dari Kota Hujan untuk ikut dalam deklarasi anti-rokok di Lapangan Sempur. Dalam deklarasi yang digelar pada 21 September 2019 tersebut, para pelajar serta jajaran Pemkot Bogor mematahkan rokok raksasa sebagai simbol penolakan terhadap rokok.

Dalam kegiatan AP-CAT, biasanya para wali kota yang berasal dari 12 negara di Asia Pasifik berkumpul dan berdialog terkait pengendalian tembakau di wilayahnya. Namun khusus untuk tahun keempat dalam pertemuan AP-CAT, Kota Bogor ditunjuk untuk menjadi tuan rumah. Oleh karena itulah Pemkot Bogor pun mulai bersiap menyambut AP-CAT 2019 dengan melakukan deklarasi Smoke Free Generation, Smoke Free Runner, dan Say No To Soft Drink.

Jelang AP-CAT 2019, Ribuan Pelajar Bogor Patahkan Rokok Raksasa

Pada rangkaian kegiatan deklarasi itu, salah satu yang paling menuai perhatian adalah prosesi mematahkan rokok raksasa yang terbuat dari bahan styrofoam. Pada acara simbolik itu, Wali Kota Bogor Bima Arya, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, serta jajarannya terlihat mematahkan rokok raksasa itu di hadapan 2500 pelajar di Lapangan Sempur.

Selain itu dalam kegiatan deklarasi generasi anti-rokok ini juga diisi dengan acara lari di seputaran jalur Sistem Satu Arah Lapangan Sempur yang dihadiri ratusan pelari dari komunitas penggemar olahraga lari Kota Bogor. Kemudian ada juga spanduk berukuran besar yang dibentangkan oleh para pelajar SMA dengan tulisan Bogor Smoke Free generation.

[Baca Juga: Pemkot Depok Serius Tangani Masalah Rokok]

Bima Arya menyebut, kegiatan ini menunjukkan bagaimana Pemkot Bogor yang konsisten membantu generasi muda untuk menolak gaya hidup tidak sehat dengan rokok menjadi salah satunya. Bahkan kegiatan ini dipandang tidak hanya menyasar para generasi penerus tapi lebih kepada semua masyarakat di Kota Hujan.

“Kami melakukan langkah ini berdasarkan penelitian dan fakta-fakta. Banyak kejadian di Kota Bogor terkait penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian. Di mana sebagian besar disebabkan karena jantung, diabetes, dan kurang berolahraga. Jadi kita mengajak warga Kota Bogor untuk terus begerak hidup sehat dan menjauhi asap rokok,” ujar Bima Arya, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (21/9/2019).

[Baca Juga: Perda Kawasan Tanpa Rokok Wali Kota Bogor Dapat Penghargaan WHO]

Pada momen ini, Wali Kota Bogor itu menegaskan, akan berusaha memperkuat usaha jajaranannya dalam membuat wilayahnya tidak ramah untuk para perokok. Hal ini sebenarnya sudah terlihat sehari sebelum digelarnya acara deklarasi di Lapangan Sempur. Pasalnya, Bima Arya sempat melakukan inspeksi di beberapa titik Kota Bogor untuk menindak orang-orang yang ketahuan merokok di area yang masuk Kawasan tanpa Rokok.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.