Jelang HUT RI ke-74, Nicolas Saputra Harap Ini untuk Indonesia

Berita Kawasan

Jelang HUT ke-74 RI, Nicolas Saputra Harap Ini untuk Indonesia

Hanya tinggal satu hari lagi, seluruh warga di Nusantara akan merayakan 74 tahun Indonesia merdeka atau HUT ke-74 RI. Di momen ini, aktor sekaligus model Nicolas Saputra menyimpan harapannya untuk bangsanya. Pemeran Rangga di film Ada Apa dengan Cinta? Ini ingin warga Indonesia kembali merayakan keberagamannya sekaligus terus menjaga toleransi yang sebenarnya selama ini sudah menjadi bagian dari budaya Nusantara.

Harapan tersebut disampaikan pada acara peluncuran gerakan sosial bernama #Bedabisabersama dari Smartfren yang berkolaborasi dengan Senimart dan fX Sudirman. Nicolas Saputra menjelaskan, dari hobi travelling-nya di Indonesia, ia bisa melihat keberagaman yang sangat kuat di Nusantara. Di mana ia memandang bahwa perbedaan adat, bahasa, hingga agama yang ada di Indonesia merupakan berkat yang tidak semua negara memilikinya.

Jelang HUT RI ke-74, Nicolas Saputra Harap Ini untuk Indonesia

“Semakin kita ke daerah timur di Indonesia, semakin bahasanya macam-macam. Nyetir sejam bahasanya sudah beda (dan warganya) tidak mengerti satu sama lain, nyetir sejam lagi sudah beda lagi itu di Flore. (Bahkan) ada satu pulau, bahasanya 17. Jadi ini sebuah berkat yang sebenarnya kalau kita bisa menyikapinya dengan positif, kita memanfaatkan kebaikan dari perbedaan itu, ini modal yang besar sekali untuk bangsa kita,” ujar Nicolas Saputra id pada acara peluncuran program #Bedabisabersama di mal fX Sudirman Lantai F3, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (15/8/2019).

[Baca Juga: Sambut HUT ke-74 RI, Smartfren Luncurkan #Bedabisabersama]

Namun aktor yang berperan sebagai Soe Hok Gie di film Gie ini merasa, dalam beberapa tahun terakhir ini, keberagaman itu terasa tertantang akibat perbedaan politik. Ia memandang dengan tantangan ini, bangsa Indonesia sebenarnya diuji dalam perihal persatuannya.

“Ini diuji, “Kita mau ngapain nih? Mau dijadiin perpecahan atau justru malah menyatukan?” Saya rasa tantangan atau kualitas dari sebuah civilization itu adalah bagaimana kita menyikapi perbedaan itu. Kalau kita bisa menyikapinya positif, kita menggunakannya sebagai sesuatu untuk kesejahteraan bersama, saya rasa itu adalah kualitas masyarakat yang baik,” tutur Nicolas Saputra.

Nicolas Saputra menyatakan, ia rindu dengan masa kecilnya yang dikeliling keberagaman yang menjadi bagian tumbuh kembangnya sehingga menghargai perbedaan yang ada. Oleh karena itulah di momen HUT ke-74 RI, ia ingin bangsa Indonesia kembali merayakan perbedaan tersebut.

“Waktu saya kecil, tetangga saya berbagai macam suku bangsa dan enggak pernah jadi masalah. Justru malah seru, entar kalau hari Jumat bagaimana, kalau hari Minggu nontonin orang lewat-lewat. Jadi ini sebuah keragaman yang saya rindukan kembali sebenarnya. Mudah-mudahan kita bisa merayakannya besok (pada) 17 Agustus,” tambahnya.

[Baca Juga: 3 Promo Spesial Hari Kemerdekaan ke-74, Wajib Diburu!]


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.