Jelang HUT RI ke-74, Nicolas Saputra Harap Ini untuk Indonesia

Berita Kawasan

Jelang HUT ke-74 RI, Nicolas Saputra Harap Ini untuk Indonesia

Hanya tinggal satu hari lagi, seluruh warga di Nusantara akan merayakan 74 tahun Indonesia merdeka atau HUT ke-74 RI. Di momen ini, aktor sekaligus model Nicolas Saputra menyimpan harapannya untuk bangsanya. Pemeran Rangga di film Ada Apa dengan Cinta? Ini ingin warga Indonesia kembali merayakan keberagamannya sekaligus terus menjaga toleransi yang sebenarnya selama ini sudah menjadi bagian dari budaya Nusantara.

Harapan tersebut disampaikan pada acara peluncuran gerakan sosial bernama #Bedabisabersama dari Smartfren yang berkolaborasi dengan Senimart dan fX Sudirman. Nicolas Saputra menjelaskan, dari hobi travelling-nya di Indonesia, ia bisa melihat keberagaman yang sangat kuat di Nusantara. Di mana ia memandang bahwa perbedaan adat, bahasa, hingga agama yang ada di Indonesia merupakan berkat yang tidak semua negara memilikinya.

Jelang HUT RI ke-74, Nicolas Saputra Harap Ini untuk Indonesia

“Semakin kita ke daerah timur di Indonesia, semakin bahasanya macam-macam. Nyetir sejam bahasanya sudah beda (dan warganya) tidak mengerti satu sama lain, nyetir sejam lagi sudah beda lagi itu di Flore. (Bahkan) ada satu pulau, bahasanya 17. Jadi ini sebuah berkat yang sebenarnya kalau kita bisa menyikapinya dengan positif, kita memanfaatkan kebaikan dari perbedaan itu, ini modal yang besar sekali untuk bangsa kita,” ujar Nicolas Saputra id pada acara peluncuran program #Bedabisabersama di mal fX Sudirman Lantai F3, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (15/8/2019).

[Baca Juga: Sambut HUT ke-74 RI, Smartfren Luncurkan #Bedabisabersama]

Namun aktor yang berperan sebagai Soe Hok Gie di film Gie ini merasa, dalam beberapa tahun terakhir ini, keberagaman itu terasa tertantang akibat perbedaan politik. Ia memandang dengan tantangan ini, bangsa Indonesia sebenarnya diuji dalam perihal persatuannya.

“Ini diuji, “Kita mau ngapain nih? Mau dijadiin perpecahan atau justru malah menyatukan?” Saya rasa tantangan atau kualitas dari sebuah civilization itu adalah bagaimana kita menyikapi perbedaan itu. Kalau kita bisa menyikapinya positif, kita menggunakannya sebagai sesuatu untuk kesejahteraan bersama, saya rasa itu adalah kualitas masyarakat yang baik,” tutur Nicolas Saputra.

Nicolas Saputra menyatakan, ia rindu dengan masa kecilnya yang dikeliling keberagaman yang menjadi bagian tumbuh kembangnya sehingga menghargai perbedaan yang ada. Oleh karena itulah di momen HUT ke-74 RI, ia ingin bangsa Indonesia kembali merayakan perbedaan tersebut.

“Waktu saya kecil, tetangga saya berbagai macam suku bangsa dan enggak pernah jadi masalah. Justru malah seru, entar kalau hari Jumat bagaimana, kalau hari Minggu nontonin orang lewat-lewat. Jadi ini sebuah keragaman yang saya rindukan kembali sebenarnya. Mudah-mudahan kita bisa merayakannya besok (pada) 17 Agustus,” tambahnya.

[Baca Juga: 3 Promo Spesial Hari Kemerdekaan ke-74, Wajib Diburu!]


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.