Jelang HUT RI ke-74, Nicolas Saputra Harap Ini untuk Indonesia

Berita Kawasan

Jelang HUT ke-74 RI, Nicolas Saputra Harap Ini untuk Indonesia

Hanya tinggal satu hari lagi, seluruh warga di Nusantara akan merayakan 74 tahun Indonesia merdeka atau HUT ke-74 RI. Di momen ini, aktor sekaligus model Nicolas Saputra menyimpan harapannya untuk bangsanya. Pemeran Rangga di film Ada Apa dengan Cinta? Ini ingin warga Indonesia kembali merayakan keberagamannya sekaligus terus menjaga toleransi yang sebenarnya selama ini sudah menjadi bagian dari budaya Nusantara.

Harapan tersebut disampaikan pada acara peluncuran gerakan sosial bernama #Bedabisabersama dari Smartfren yang berkolaborasi dengan Senimart dan fX Sudirman. Nicolas Saputra menjelaskan, dari hobi travelling-nya di Indonesia, ia bisa melihat keberagaman yang sangat kuat di Nusantara. Di mana ia memandang bahwa perbedaan adat, bahasa, hingga agama yang ada di Indonesia merupakan berkat yang tidak semua negara memilikinya.

Jelang HUT RI ke-74, Nicolas Saputra Harap Ini untuk Indonesia

“Semakin kita ke daerah timur di Indonesia, semakin bahasanya macam-macam. Nyetir sejam bahasanya sudah beda (dan warganya) tidak mengerti satu sama lain, nyetir sejam lagi sudah beda lagi itu di Flore. (Bahkan) ada satu pulau, bahasanya 17. Jadi ini sebuah berkat yang sebenarnya kalau kita bisa menyikapinya dengan positif, kita memanfaatkan kebaikan dari perbedaan itu, ini modal yang besar sekali untuk bangsa kita,” ujar Nicolas Saputra id pada acara peluncuran program #Bedabisabersama di mal fX Sudirman Lantai F3, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (15/8/2019).

[Baca Juga: Sambut HUT ke-74 RI, Smartfren Luncurkan #Bedabisabersama]

Namun aktor yang berperan sebagai Soe Hok Gie di film Gie ini merasa, dalam beberapa tahun terakhir ini, keberagaman itu terasa tertantang akibat perbedaan politik. Ia memandang dengan tantangan ini, bangsa Indonesia sebenarnya diuji dalam perihal persatuannya.

“Ini diuji, “Kita mau ngapain nih? Mau dijadiin perpecahan atau justru malah menyatukan?” Saya rasa tantangan atau kualitas dari sebuah civilization itu adalah bagaimana kita menyikapi perbedaan itu. Kalau kita bisa menyikapinya positif, kita menggunakannya sebagai sesuatu untuk kesejahteraan bersama, saya rasa itu adalah kualitas masyarakat yang baik,” tutur Nicolas Saputra.

Nicolas Saputra menyatakan, ia rindu dengan masa kecilnya yang dikeliling keberagaman yang menjadi bagian tumbuh kembangnya sehingga menghargai perbedaan yang ada. Oleh karena itulah di momen HUT ke-74 RI, ia ingin bangsa Indonesia kembali merayakan perbedaan tersebut.

“Waktu saya kecil, tetangga saya berbagai macam suku bangsa dan enggak pernah jadi masalah. Justru malah seru, entar kalau hari Jumat bagaimana, kalau hari Minggu nontonin orang lewat-lewat. Jadi ini sebuah keragaman yang saya rindukan kembali sebenarnya. Mudah-mudahan kita bisa merayakannya besok (pada) 17 Agustus,” tambahnya.

[Baca Juga: 3 Promo Spesial Hari Kemerdekaan ke-74, Wajib Diburu!]


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.