Jelang Idul Adha 1441 H, Pemkot Jakarta Timur Perketat Jual-Beli Hewan Kurban.jpg

Berita Kawasan

Jelang Idul Adha 1441 H, Pemkot Jakarta Timur Perketat Jual-Beli Hewan Kurban

Pada perayaan Idul Adha 1441 H, pemerintah di berbagai wilayah Ibu Kota bekerja lebih keras dibandingkan perayaan Idul Kurban tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, mereka harus mengerahkan petugas untuk memastikan proses jual-beli hingga penyembelihan hewan kurban mengikuti protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Di sisi lain, mereka juga harus memperhatikan kesehatan hewan kurban yang dijual agar warga tak membeli hewan yang sakit atau bahkan tak layak untuk dikurbankan. Inilah yang saat ini diusahakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur.

Jelang perayaan Idul Adha 1441 H pada Jumat pekan depan, Pemkot Jakarta Timur disebut semakin gencar untuk melakukan pengawasan terhadap para penjual hewan kurban yang membuka lapak di wilayahnya. Apalagi Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar sudah meminta jajarannya agar lebih memperketat pengawasan lapak-lapak penjualan hewan kurban di jakarta Timur.

Jelang Idul Adha 1441 H, Pemkot Jakarta Timur Perketat Jual-Beli Hewan Kurban .jpg

Instruksi dari M. Anwar ini tak terlepas dari laporan yang diberikan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur. “Dari 136 lapak pedagang masih didapatkan 15 hewan kurban yang tidak layak. Untuk itu perketat pengawasan dalam pemeriksaan. Tidak hanya ketersediaan protokol kesehatan, namun juga kesehatan dari pedagang juga hewan kurban yang diperjualkan,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (23/7/2020).

Orang nomor satu di Jakarta Timur itu pun memaparkan, pihaknya sudah memeriksa 10.719 hewan kurban di berbagai lapak. Di mana ini terdiri dari 5.150 sapi, 203 kerbau, 4.186 kambing, dan 1.180 domba dengan aspek sehat, tidak cacat, serta cukup umur yang menjadi acuan dari petugas ketika memeriksa hewan-hewan kurban tersebut.

Jelang Idul Adha 1441 H, Pemkot Jakarta Timur Perketat Jual-Beli Hewan Kurban .jpg

Selain itu para petugas dari Pemkot Jakarta Timur juga masih terus bergerak dalam memastikan semua pihak, bukan hanya pedagang hewan kurban tapi panitia Idul Adha 1441 H menerapkan protokol kesehatan 3M. Makna 3M di sini adalah memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. “Yang kita inginkan tidak ada lagi klaster baru, khususnya dari masjid saat pelaksaan ibadah sholat Idul Adha maupun proses penyembelihan hewan kurban,” tambahnya.

Terkait perayaan Idul Adha 1441 H di wilayah Jakarta Timur, M. Anwar pada pekan ini juga mendistribusikan keranjang bambu atau bongsang yang menjadi kemasan ramah lingkungan kepada Dewan Kemakmuran Masjid Jakarta Timur. Bongsang yang dibagikan pada 22 Juli 2020 ini merupakan bantuan dari Baznas Bazis Jakarta Timur yang diberikan sebagai pengganti kantong plastik atau kresek yang memang sudah dilarang digunakan untuk menjadi wadah daging kurban.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 6 months lalu
    anisa

    QQHarian Adalah Situs Slot Terbaik ,Terpercaya & Terlengkap Di indonesia. Tersedia berbagai Provider Ternama Dan Berbagai BONUS NEW MEMBER yang Wow. Info Lebih lanjut bisa lsg Hub. CS Kami Dengan <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>