Jelang Idul Adha 2022, UGM Berikan Tips Pilih Hewan Kurban Antisipasi PM K.jpg

Kesehatan

Jelang Idul Adha 2022, UGM Berikan Tips Pilih Hewan Kurban Antisipasi PMK

Sejak April 2022, Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK sudah mulai menyebar di hewan-hewan ternak di Tanah Air hingga pada 7 Mei 2022 ditetapkan bahwa penyakit ini sudah menjadi wabah di Indonesia. Hingga saat ini, penyakit PMK ini masih menyebar hingga menyebabkan banyak sapi yang mati dan tentu saja publik banyak yang khawatir akibat wabah ini terjadi menjelang Idul Adha 2022. Pakar Universitas Gadjah Mada (UGM) meminta masyarakat tak perlu khawatir berlebihan dan cukup mengikuti tips berikut ini.

Tips memilih hewan kurban di tengah wabah PMK ini disampaikan Direktur Pusat Kajian Halal Fakultas Peternakan UGM Ir. Nanung Danar Dono, S.Pt., MP., Ph.D., IPM, ASEAN Eng. Menurutnya, satu hal yang perlu diketahui oleh publik adalah penyakit PMK tidak bersifat zoonosis alias tidak menular ke manusia. Jadi Anda tak perlu khawatir mengenai daging dan sususnya, karena menurut Nanung, ini tetap aman untuk Anda konsumsi.

Jelang Idul Adha 2022, UGM Berikan Tips Pilih Hewan Kurban Antisipasi PMK.jpg

“Namun demikian penyakit ini menular antar ternak dengan sangat cepat sehingga masyarakat perlu berhati-hati dalam memilih hewan kurban, pastikan yang memang sehat dan memenuhi syarat,” ucapnya, sebagaimana dikutip dari UGM.ac.id (14/6/2022).

Tips pertama yang ia garisbawahi dalam membeli hewan kurban di tengah wabah PMK adalah memastikan membelinya di pedagang besar. Mengapa? Karena menurut Pakar UGM itu, pedagang yang memiliki banyak hewan ternak akan lebih berupaya menjaga kesehatan hewan-hewannya demi memastikan tak terjadinya kerugian. Jangan lupa juga memastikan bahwa pedagang itu mau memberikan garansi bila hewan ternaknya sakit jelang hari raya Idul Adha 2022 maka ia siap menggantinya dengan yang sehat. Walau sudah di pedagang besar, Anda juga harus meminta surat atau dokumen yang menjelaskan bahwa hewan ternak yang Anda beli dalam keadaan sehat.

Tips kedua adalah sesuai dengan syarat sah hewan kurban yang dikeluarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 32 Tahun 2022. Karena pihak MUI sebenarnya masih mengizinkan hewan tertular PMK disembelih sebagai hewan kurban tapi terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Syarat itu terdiri dari kondisi hewan ternak terkena PMK yang masih boleh dikurbankan dan ini terdiri dari lepuh ringan di celah kukunya, kondisinya lemah dan lesu, tak mau makan, sampai keluar air liur. Sedangkan untuk syarat hewan ternak yang terkena PMK dan tidak boleh jadi hewan kurban adalah yang memiliki gejala lepuh kuku sampai lepas, pincang, tidak bisa jalan, dan bertubuh sangat kurus.

[Baca Juga: Ponpes Al Hisyamiyyah Semarang Terima Hewan Kurban dari Sandiaga Uno]

Selain dua syarat di atas, Dosen Fakultas Peternakan UGM itu menyampaikan bahwa MUI juga mengizinkan hewan ternak yang terkena PMK gejala berat tapi sudah sembuh di periode 10-13 Dzulhijjah untuk tetap dikorbankan. Sedangkan untuk hewan ternak terkena PMK yang sembuhnya melewati masa periode itu maka hewan itu boleh disembelih sebagai sedekah tapi bukan jadi hewan kurban.

Pada dasarnya, penyakit PMK ini lebih berbahaya ke antar hewan ternak sehingga Nanung juga menegaskan bahwa Anda bisa turut membantu menekan penularannya. Ini bisa dilakukan dengan Anda yang menghindari survei hewan kurban dengan mendatangi satu kandang ke kandang lainnya, karena Anda bisa menulari hewan yang sehat tanpa disadari. Sedangkan jika Anda sudah mendapatkan daging kurban nanti, pastikan tidak mencucinya di sungai. Karena selain memang tidak higienis, bisa saja daging itu sudah terkontaminasi virus PMK sehingga bisa memiliki potensi menular ke hewan ternak yang mengonsumsi air dari sungai itu.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.