Jelang Idul Adha, Baznas Depok Keluarkan Maklumat Penyembelihan Hewan Kurban .jpg

Berita Kawasan

Jelang Idul Adha, Baznas Depok Keluarkan Maklumat Penyembelihan Hewan Kurban

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok jauh-jauh hari sebelum perayaan Idul Adha 1441 H telah mengeluarkan kebijakan terkait penyembelihan hewan kurban di masa pandemi COVID-19. Di mana terdapat arahan agar lebih baik penyembelihan hewan kurban dilakukan di Rumah Potong Hewan atau RPH yang memang menerapkan protokol kesehatan alih-alih menggunakan juru sembelih seperti Idul Adha tahun-tahun sebelumnya. Pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Depok pun mengeluarkan maklumat untuk mengikuti kebijakan Pemkot Depok tersebut.

Kebijakan dari Pemkot Depok disebut dipertegas melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan dengan Surat Edaran Nomor 443/287/Huk/DKP3 mengenai Pelaksanaan Kegiatan Kurban Dalam Situasi Bencana Non Alam Coronavirus (COVID-19 di Kota Depok. Di sini tertuang mengenai peraturan ketat mengenai tata cara penyembelihan hewan kurban di masa pandemi COVID-19. Dengan salah satunya adalah juru sembelih yang akan memotong hewan kurban nanti (di luar RPH) harus dinyatakan sehat dan memang memiliki keterangan dirinya tidak reaktif terhadap rapid test COVID-19.

Selain itu berdasarkan Surat Edaran terkait Idul Adha tahun ini, tak hanya juru sembelih yang diatur. Karena hewan kurban yang dibawa warga untuk disembelih juga diatur. Dengan aturan, hewan yang berasal dari luar Kota Belimbing diharuskan memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan.

Jelang Idul Adha, Baznas Depok Keluarkan Maklumat Penyembelihan Hewan Kurban.jpg

Merujuk Surat Edaran tersebut, maka pihak Baznas Kota Depok memandang untuk penyembelihan hewan kurban di Idul Adha 1441 H diarahkan di RPH saja. Karena selain sudah menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi COVID-19, RPH di Kota Depok dipandang juga menjalani prosesi penyembelihan yang sudah sesuai dengan syariat Islam.

“Penyembelihan hewan kurban akan dilakukan melalui Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Dalam proses pemotongan, melibatkan Satgas COVID-19 Kota Depok dan Perangkat Daerah terkait,” sebuh Ketua Baznas Kota Depok Encep Hidayat, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (6/7/2020).

Baznas Kota Depok menyadari bahwa kegiatan penyembelihan hewan kurban di momen Idul Adha 1441 H dapat memicu kerumunan warga. Apalagi terdapat potensi banyak warga yang dapat antre untuk mendapatkan daging kurban. Oleh karena itulah menurut Encep, dari mulai penyembelihan sampai pembagian daging kurban akan mereka gelar dengan menimalisir orang yang hadir. Dengan pembagian daging kurban akan dilakukan langsung pihak amil Baznas yang mendatangi rumah warga yang berhak menerima, khususnya yang memang terkena dampak COVID-19.

Namun Baznas Kota Depok tetap memberikan izin untuk Unit Pengelola Zakat jika memang ingin menggelar penyembelihan hewan kurban sendiri. Namun Encep menegaskan, mereka harus memiliki tim khusus yang memang dapat mencegah terjadinya kerumunan warga.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 6 months lalu
    anisa

    QQHARIAN Situs Betting Online Terbaik ,Terpercaya & Terlengkap Serta di Dukung Berbagai Provider Ternama. Dapatkan EXTRA BONUS 200% setiap kali melakukan transaksi, Bisa berulang kali dalam sehari Dan bisa Penarikan Kapan Saja

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di bola165