Jelang Iduladha 1440, Panitia Kurban Jakbar Diimbau Gunakan Daun

Berita Kawasan

Jelang Iduladha 1440, Panitia Kurban Jakbar Diimbau Gunakan Daun

Sebentar lagi umat Muslim akan segera menyambut Iduladha 1440 Hijriah. Oleh karena itulah semenjak jauh hari, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus memberikan imbauan agar panitia penyembelihan hewan kurban nanti benar-benar memperhatikan pembungkusannya. Hal yang sama juga disuarakan pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang meminta penggunaan plastik dihentikan dan digantikan daun.

Jelang Iduladha 1440, Panitia Kurban Jakbar Diimbau Gunakan Daun

Imbauan tersebut disampaikan Ketua Baznas DKI Jakarta Ahmad Lutfi Fathullah saat hadir dalam bimbingan tata cara pemotongan hewan kurban di Kantor Wali Kota Jakarta Barat (Jakbar) pada 29 Juli 2019 yang dihadiri 100 pengurus masjid. Ia menjelaskan, imbauan ini merupakan bagian dari sosialisasi penggunaan daun yang saat ini terus dilakukan di Ibu Kota.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Lakukan Persiapan Sambut Iduladha 1440 H]

Sebagaimana dilansir dari barat.jakarta.go.id (30/7/2019), imbauan tersebut sejalan dengan seruan Gubernur DKI Jakarta No.4 Tahun 2019 mengenai penghentian pengguan plastik yang tidak ramah lingkungan oleh panitia kurban. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang sudah menegaskan, agar hewan kurban nanti saat dibagikan ke warga pada Iduladha 1440 menggunakan wadah yang dapat didaur ulang.

Jelang Iduladha 1440, Panitia Kurban Jakbar Diimbau Gunakan Daun

“Ini bukan berarti pakai plastik itu haram, tapi menggunakan wadah selain plastik yang ramah lingkungan,” ucap Ahmad Lutfi Fathullah. Ia menyarankan, saat panitia memulai pembagian daging kurban, mereka membungkusnya dengan daun kemudian dibawa warga dengan kantong ramah lingkungan yang saat ini banyak digunakan untuk membawa belanjaan.

[Baca Juga: DKP Pastikan Hewan Kurban Sehat Sampai Iduladha]

Penggunaan daun ini juga sesuai dengan rekomendasi dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih pada pekan lalu. “Kami imbau agar panitia kurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan. Di antaranya; daun pisang, daun talas, besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan atau bahan ramah lingkungan lainnya yang mudah dijumpai di Jakarta,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari tekno.tempo.co (30/7/2019).

Andono menyebut, digaungkannya penghentian penggunaan kantong plastik hitam atau kresek sebagai wadah makanan sebenarnya sudah lama dilakukan. Hal ini dikarenakan karena kantong plastik hitam dibuat dari hasil daur ulang plastik bekas pakai yang terdapat kandungan zat karsinogen. Zat karsinogen merupakan pemicu kanker dalam tubuh manusia.


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.