Jelang Idul Adha 1442 H, Bima Arya Tinjau Lokasi Penyembelihan Hewa n Kurban.jpg

Berita Kawasan

Jelang Iduladha 1442 H, Bima Arya Tinjau Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban

Pada pekan depan umat Muslim di seluruh Indonesia, termasuk Kota Bogor akan merayakan Iduladha 1442 di tengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat. Karena fokus penyembelihan hewan pada Iduladha 2021 ini digelar Rumah Potong Hewan (RPH) demi menghindari kerumunan di masjid, Wali Kota Bogor Bima Arya baru-baru ini mengunjungi RPH yang berada di wilayah Bubulak, Kecamatan Bogor. Peninjauan ini demi memastikan kesiapan pihak RPH dalam proses penyembelihan hewan kurban yang syarat akan penerapan protokol kesehatan.

“Pelaksanaan Idul Adha tahun ini masih dalam kondisi PPKM Darurat. Maka dari itu pelaksanaannya menyesuaikan, tidak ada sholat ied berjamaah, demikian pula penyembelihan hewan kurbannya diatur. Dan diimbau kepada masyarakat semaksimal mungkin agar penyembelihan itu dilakukan di RPH,” ujar Bima Arya, sebagaimana dikutip darikotabogor.go.id (14/7/2021).

Peninjauan ini digelar pada 14 Juli 2021 dengan Bima Arya yang tak datang sendiri. Ia turut didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor Anas S. Rasmana, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor Ustadz Ade Sarmili, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor H. Ramlan Rustandi, dan Kepala UPTD RPH Bubulak Didong Suherdi. Di mana perwakilan dari DMI dan Kemenag Kota Hujan ini disinyalir demi memastikan penyembelihan hewan kurban pada Iduladha 1442 H nanti sesuai dengan syariat Islam.

Jelang Idul Adha 1442 H, Bima Arya Tinjau Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban.jpg

“Saya tadi cek secara teknis seperti apa. Saya pastikan di sini petugasnya siap, prokesnya juga siap. Estimasi kapasitasnya sampai berapa, sehingga kita bisa memperkirakan agar warga mendapatkan kepastian. Jangan sampai warga diarahkan ke sini, tapi di sini tidak siap. Saya minta koordinasi yang rapi saja,” sambung Wali Kota Bogor.

Berdasarkan penjelasan Bima Arya, RPH ini mampu memotong 200 ekor sapi per harinya jadi walau bisa mengurangi menyembelihan hewan kurban selama PPKM Darurat, pemotongan di luar RPH masih tetap diizinkan dengan ketentuan pihak panitia harus mematuhi protokol kesehatan. Hal ini turut diamini oleh Ketua DMI Kota Bogor.

“Bagaimana kesiapan panitia di wilayah, bagaimana kesiapan aparatur untuk mengawasi supaya tidak menjadi klaster penyebaran Covid di masyarakat ketika berkurban. Tapi kita tidak berharap itu terjadi. Mudah-mudahan lewat edaran wali kota itu kemudian terbaca, kira-kira perangkat apa yang harus dipersiapkan ketika kurban itu harus masjid, musala, dll. Karena di sini tidak tercukup,” sebut Ade.

Kepala DKPP Kota Bogor menambahkan, ia mendorong masyarakat Kota Hujan agar jika berkenan lebih baik menyembelih hewan kurban untuk Iduladha 1442 H di RPH saja. Karena nanti sapi kurbannya akan dicek kesehatannya oleh dokter bahkan ada pemeriksaan post-mortem dengan penyembelihan yang sesuai syariat Islam. Apalagi waktu penyembelihannya yang termasuk cepat, yakni sekitar 30 menit.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.