Jelang Idul Adha 1442 H, Sudin KPKP Jakarta Timur Cek Kesehatan Hewan Kurban.jpg

Berita Kawasan

Jelang Iduladha 1442 H, Sudin KPKP Jakarta Timur Cek Kesehatan Hewan Kurban

Saat ini penampungan hewan kurban di sejumlah titik di Jakarta timur sudah mulai terisi hewan-hewan yang nantinya akan disembelih pada momen perayaan Iduladha 1442 H. Demi memastikan hewan-hewan kurban tersebut bebas dari penyakit yang dapat menganggu kesehatan saat dikonsumsi nanti, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur pun mengerahkan petugasnya untuk melakuan pengecekan kelayakannya untuk disembelih pada Iduladha nanti.

Terkait kelayakan hewan kurban yang ada di tempat penjualan, Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absari menegaskan, agar Anda membeli hewan yang sudah dicek oleh pihaknya sekaligus memastikan tidak ada tanda khusus di tubuh hewan tersebut. “Jangan membeli hewan kurban yang bertanda X,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari Timur.Jakarta.go.id (6/7/2021).

Jelang Idul Adha 1442 H, Sudin KPKP Jakarta Timur Cek Keseha tan Hewan Kurban.jpg

Karena tanda tersebut merupakan bukti bahwa berdasarkan pemeriksaan Sudin KPKP Jakarta Timur, hewan itu tak layak jadi hewan kurban. Di mana prosesnya melalui empat tahapan, pertama adalah pemeriksaan dari Surat Keterangan Kesehatan Hewan atau SKKH dari daerah asalnya serta pemeriksaan lapangan. Kedua dari segi umurnya, yaitu minimal kambing atau domba setahun dan sapi atau kerbau usia dua tahun. Ketiga tidak mengalami cacat fisik dan keempat bebas dari penyakit anthrax setelah dilakukan pengecekan laboratorium dari sampel.

Secara total pengecekan hewan yang ada di lokasi penampungan, Menurut Yuli, pemeriksaan ini dilakukan dari 1-28 Juli 2021 dan sampai 6 Juli kemarin sudah ada 130 lokasi yang dicek. Di mana lokasinya tersebar di 10 kecamatan dengan rincian 10.212 hewan kurban yang terdiri dari sapi, kerbau, dan domba. Hewan-hewan ini disebut didatangkan dari berbagai daerah di Tanah Air seperti Semarang, Garut, Kebumen, Bogor, Pacitan, Boyolali, hingga Bali, dan masih banyak lagi.

Salah satu lokasi yang melakukan pengawasan intensif terhadap hewan kurbannya adalah di Kecamatan Jatinegara dengan setidaknya ada delapan tempat penampungan hewan yang ada di sana. Berdasarkan keterangan Satuan Pelaksana Sudin KPKP Kecamatan Jatinegara Diah, sudah ada sekitar 745 hewan kurban yang mereka cek dan sejauh ini semua dinyatakan sehat serta layak disembelih nanti pada Iduladha 1442 H.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.