Cara Membersihkan Daging Yang Benar Sebelum Dimasak

Kuliner

Jelang Iduladha, Begini Cara Bersihkan Daging yang Benar

Iduladha adalah momen spesial bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ciri khas hidangan hari raya ini adalah sajian daging-dagingan, aneka resep masakan untuk olahan daging sapi hingga kambing. Setiap tahunnya seluruh umat Muslim merayakan Hari Raya Iduladha yang jatuh pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Disebut sebagai Hari Raya Haji, perayaan ini juga dikenal sebagai Idulkurban. Tradisi penyembelihan hewan kurban berupa sapi atau kambing ini, sudah menjadi ritual yang ada sejak dulu.

Tahun ini hari raya Iduladha jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019. Selain berbagi daging kurban ke kepada orang-orang yang membutuhkan, acara masak bersama juga tak lepas dari perayaan ini. Variasi menu resep turun temurun dari masing-masing keluarga berbeda-beda. Banyak yang mengolah daging menjadi gulai, sop, sate, hingga semur untuk dijadikan sajian spesial. Dan banyak juga yang mengolahnya menjadi makanan ciri khas daerah seperti, tengkleng dari Solo, kari kambing dari Aceh, sop tulang sum-sum dari Bogor, dan banyak resep daerah-daerah lainnya.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Pakai Bongsang untuk Daging Kurban pada Iduladha]

Tentunya hidangan akan terasa mantap jika makanan sajian spesial ini tidak berbau khas badan hewan tersebut. Dalam ulasan spesial Iduladha kali ini, PingPoint.co.id merangkum dari berbagai sumber tentang cara membersihkan daging sapi dan daging kambing. Banyak yang membersihkan daging dengan cara mencuci, tujuannya untuk menghilangkan darah. Tapi teknik seperti itu malah membuat kualitas daging menurun, karena daging akan mengerut dan keras.

Cara menjaga kualitas daging adalah tidak mencuci seusai memotong hewan. Pasalnya, menurut Center for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat, membilas daging mentah dengan air tak serta-merta membuat bakteri di dalamnya mati. Malah, bakteri tersebut dapat menyebar ke berbagai permukaan, peralatan memasak, dan makanan lainnya.

[Baca Juga: Sambut Iduladha, Mari Pastikan Kesehatan Hewan Kurban]

Berikut cara membersihkan daging sebelum dimasak:

  • Rebus air hingga mendidih, masukan daging sapi atau daging kambing ke dalam air yang mendidih.
  • Setelah daging tersebut berubah warna dan kotorannya lepas, segera buang airnya.
  • Bilas daging dengan air mendidih, Anda bisa menyiramkan air panas bersih dan kemudian airnya dibuang kembali.
  • Lalu masukan air baru dan rebus kembali, untuk mendapatkan kaldu pertama rebusan daging menghasilkan rasa terbaik.

Apakah Anda sudah menyiapkan menu sajian spesial untuk merayakan hari raya Iduladha bersama keluarga? Cara membersihkan daging di atas bisa dicoba untuk menjaga hidangan daging buatan Anda lebih nikmat.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.