Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

Kurang dari setengah bulan lagi, masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia akan merayakan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 1 Februari 2022. Walau ini merupakan hari perayaan terpenting bagi etnis Tionghoa namun bayangan pandemi COVID-19 mempengaruhi kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek. Sehingga tak bisa dipungkiri euforianya sangat berbeda bila dibandingkan sebelum pandemi dulu. Kondisi ini semakin terlihat dari cerita pengrajin topeng barongsai di Kota Tangerang.

Barongsai merupakan salah satu hiburan yang bisa dikatakan wajib hadir di setiap perayaan Tahun Baru Imlek. Di mana penampilan barongsai biasanya tampil di berbagai lokasi dan semakin semarakan perayaan ini dan pengrajin topeng barongsai memiliki andil dalam setiap penampilan tersebut. Karena pengrajin topeng barongsai biasanya menyakurkan topeng-topeng baru untuk para pemain yang membutuhkan topeng barongsai baru sebelum tampil di depan publik.

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pande mi.jpg

Namun di tengah pandemi COVID-19, Kim Tjoan yang sudah menjadi pengrajin topeng selama 23 tahun terakhir mengaku situasi ini menjadi momen terberat di bisnisnya. Pasalnya, warga Kelurahan Sukajadi itu memandang pandemi telah membuatnya kesulitan mendapatkan pundi-pundi rupiah.

“Sebelum pandemi belasan bahkan hingga puluhan juta saya dapati dari penjualan, penyewaan dan orderan penampilan. Sekarang satu set topeng laku saja udah bersyukur banget, kalau undangan tampil-tampil sama sekali gak ada,” ujar pria berusia 69 tahun itu, sebagaimana dikutip dari Tangerangkota.go.id (17/1/2022).

[Baca Juga: Ini Rekomendasi Lokasi Liburan Imlek ala tiket.com]

Dari sisi produk yang dihadirkan, Kim menjual berbagai topeng barongsai yang terbuat dari material bulu sintetis sampai bulu domba dengan berbagai warna. Topengnya juga dibanderol yang paling murah adalah Rp200.000 untuk yang anak-anak dan paling tinggi adalah topeng barongsai besar dengan bulu domba yang dibanderol Rp4.500.000. Namun akibat pandemi COVID-19, ia sudah tidak produksi topeng baru dan hanya berupaya menjual stok yang ada.

Berbeda dengan temannya yang sesama pengrajin topeng barongsai dan memilih beralih profesi demi ekonomi, Kim Tjoan enggan banting stir. Ia memandang barongsai menjadi elemen penting dari kebudayaan Tionghoa di Tangerang sehingga sudah menjadi panggilan dari dirinya sendiri untuk berupaya menjaganya agar tetap eksis. “Kebudayaan China sebagai bagian identitas Kota Tangerang. Semoga bisa terus dilestarikan dan dibanggakan Kota Tangerang. Pengrajin dan pemain barongsai bisa kembali normal dengan pendapatan dan aktivitasnya,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.