Jelang Imlek, Pemprov DKI Jakarta Tinjau Ketersediaan Komoditas Panga n.jpg

Bisnis

Jelang Imlek, Pemprov DKI Jakarta Tinjau Ketersediaan Komoditas Pangan

Seperti peringatan hari raya lainnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta turut memastikan ketersediaan serta harga berbagai kebutuhan pokok yang masuk komoditas pangan jelang perayaan Imlek yang jatuh pada tanggal 12 Februari 2021. Di mana peninjauan ini dilakukan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta dengan target kebutuhan pangannya yang dicek adalah 10 pangan strategi dan dua komoditas tambahan yang erat dengan kebutuhannya di momen Imlek.

Untuk kebutuhan pokok yang ditinjau jelang Imlek ini adalah beras, daging sapi, daging ayam, telut ayam ras, bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, cabai merah keriting, gula pasir, dan minyak goreng. Kebutuhan pokok ini merupakan yang masuk kategori 10 pangan strategi, sedangkan dua komoditas tambahannya adalah daging babi serta ikan bandeng.

Jelang Imlek, Pemprov DKI Jakarta Tinjau Ketersediaan Komoditas Pangan.jpg

Dinas KPKP DKI Jakarta sendiri memprediksi ada potensi kenaikan harga yang sebenarnya tak berhubungan dengan perayaan Imlek melainkan faktor cuaca serta impor. “Cuaca hujan saat ini berpengaruh pada produksi cabai nasional. Sedangkan untuk daging sapi disebabkan meningkatnya harga dari negara asal,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (10/2/2021).

Sedangkan komoditas tambahan yang masuk peninjauan Dinas KPKP DKI Jakarta memang erat dengan perayaan Imlek. Namun Eli menegaskan, masyarakat yang merayakan Imlek tak perlu khawatir karena pasokan daging babi dan ikan bandeng di Ibu Kota akan disesuaikan dengan permintaan pasar. Sedangkan untuk 10 pangan strategis, Dinas KPKP DKI Jakarta menggandeng Kementerian Pertanian RI untuk menggenal pangan murah.

[Baca Juga: Jelang Imlek, Gotong Royong Bersihkan Wihara Amurva Bhumi, Karet Tengsin]

Selain dari sisi Pemprov DKI Jakarta, dari pemerintah kota (pemkot) juga terlihat melakukan peninjauan pasar seperti yang dilakukan di Jakarta Pusat. Dengan Pelaksana harian (PlhI Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi yang mengunjungi Pasar Senen pada Selasa kemarin demi memastikan harga serta ketersediaan bahan pangan menjelang perayaan Imlek.

Dua hal yang disorot oleh Irwandi adalah ketersediaan daging babi dan ikan bandeng. Saat bertemu dengan pedagang ikan di sana, Irwandi menanyakan langsung mengenai stoknya dan pedagang tersebut mengaku aman. Sedangkan untuk daging babi, memang terlihat ada kenaikan dari sisi harganya.

“Seperti jenis daging babi ternak yang memiliki tingkat permintaan tinggi menjelang hari raya Imlek. Dalam kondisi normal, harga daging babi berkisar Rp60.000, namun menjelang hari raya Imlek bisa naik mencapai Rp90.000,” tambah Irwandi, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (9/2/2021).

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.