Jelang Lebaran, BI Surakarta Siapkan Uang Tunai Rp4,3 Triliun

Bisnis

Jelang Lebaran, BI Surakarta Siapkan Uang Tunai Rp4,3 Triliun

Penukaran uang tunai menjelang lebaran kerap dilakukan oleh masyarakat. Pada lebaran tahun ini, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Surakarta menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,3 triliun. Angka itu meningkat lima persen dari periode sebelumnya.

"Angka ini meningkat lima persen dari tahun 2019 yaitu sebesar Rp4,17 triliun," kata Kepala BI Kanwil Surakarta Bambang Pramono dilansir dari antaranews.com (6/5/2020).

Lebih lanjut Bambang mengatakan nominal dan pecahan yang disediakan dalam kondisi layak edar. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan lembaga keuangan untuk memberikan kemudahan kepada warga yang melakukan penukaran uang baru.

Jelang Lebaran, BI Surakarta Siapkan Uang Tunai Rp4,3 Triliun

"Di antaranya dengan perbankan, Perbarindo, Asbisindo, PT Pegadaian, dan PT Pos Indonesia agar memberikan layanan penukaran kepada masyarakat dan stakeholders terkait," katanya.

Mengingat kondisi saat ini masih pandemi, dia mengatakan bahwa layanan kas keliling dan penukaran uang di ruang publik ditiadakan. Layanan penukaran uang kepada masyarakat, instansi maupun mitra kerja dilakukan perbankan di seluruh Soloraya. Termasuk BPR, BPRS, Pegadaian dan PT Pos Indonesia.

"Kami juga meminta kepada perbankan agar memberikan layanan dengan menegakkan protokol pencegahan COVID-19 yang diberlakukan oleh pemerintah setempat, diantaranya penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh, dan penerapan physical distancing," katanya.

[Baca Juga: Transjakarta Hentikan Sementara Transaksi Uang Tunai]

Layanan penukaran dan penarikan uang pecahan kecil akan dilakukan secara menyeluruh di 175 titik loket. Layanan dilaksanakan mulai tanggal 4-22 Mei 2020.

"Dalam hal ini kami tidak melakukan pembatasan jumlah penukaran, namun dalam pelaksanaannya perlu diatur agar terdapat pemerataan bagi masyarakat yang membutuhkan uang tunai tersebut," katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan penukaran uang melalui jasa yang tidak resmi atau perantara lainnya. Sebab, hal tersebut berisiko bagi masyarakat.

"Karena ada risikonya, di antaranya tidak ada jaminan ketepatan jumlah uang yang ditukar, kemungkinan menerima uang palsu, serta adanya pungutan biaya," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 8 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys......