Jelang Lebaran, Prodi Unair Ini Gaungkan Pentingnya Konsumsi Herbal.jpg

Pendidikan

Jelang Lebaran, Prodi Unair Ini Gaungkan Pentingnya Konsumsi Herbal

Selama bulan suci Ramadan tak bisa dipungkiri bahwa konsumsi minuman manis sangat meningkat bila dibandingkan bulan-bulan lainnya. Dari mulai minuman kemasan hingga sup buah dengan sirup biasanya menjadi bagian menu yang wajib hadir di meja makan untuk berbuka puasa. Namun tak ayal terdapat potensi gangguan kesehatan dengan konsumsi minuman seperti ini secara sering mengingat produk seperti sirup memang diketahui memiliki pemanis buatan. Oleh karena itulah salah satu program studi atau prodi di Universitas Airlangga (Unair) menggaungkan bahwa jelang lebaran nanti, ada baiknya mengganti sirup menjadi minuman herbal.

Ajakan ini disampaikan oleh para mahasiswa dari Prodi Pengobat Tradisional UNAIR dalam kegiatan webinar Celebrate Your Eid with Fresh Natural Products yang di mana target kegiatan ini sendiri adalah para warga Desa Segoro Tambak di usia produktif yang mengeluhkan gangguan kesehatan muskuloskeletal. Sekadar informasi, gangguan muskuloskeletal merupakan nyeri yang biasanya terjadi di bagian otot, jaringan ikat, saraf, tulang, dan sendi.

Jelang Lebaran, Prodi Unair Ini Gaungkan Pentingnya Konsumsi Herba l.jpg

“Maka dari itu webinar ini diadakan untuk mengedukasi sekaligus mengajarkan asuhan mandiri mengenai penggunaan herbal dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi gangguan muskuloskeletal. Selain itu ini juga membantu masyarakat untuk memiliki keterampilan berupa pengolahan herbal dengan cara yang lebih baik dan sesuai dengan standar operasional prosedur dan anjuran dari kemenkes,” tutur ketua pelaksana kegiatan itu Bunga Azka Salsabila Afandi, sebagaimana dikutip dari Unair.ac.id (24/4/2022).

Menurut Bunga, kegiatan ini pada dasarnya untuk mempromosikan penggunaan bahan herbal untuk menggantikan minuman atau produk kemasan lainnya yang memiliki pemanis buatan. Karena ini memang berhubungan dengan kebiasaan masyarakat di bulan puasa yang memang ramai membeli sirup untuk dijadikan bagian menu berbuka puasa. “Makanya kita bahas materi sirup supaya masyarakat bisa bikin dan nanti pas lebaran konsumsi sirupnya sirup herbal,” tambahnya.

[Baca Juga: Dari Usaha Rumahan, Sirup Markisa Noerlen Jadi Oleh-oleh Khas Medan]

Sebenarnya apa yang dibahas dalam kegiatan Prodi Pengobat Tradisional Unair ini memang diketahui secara medis yang di mana pemanis buatan memiliki efek buruk untuk kesehatan Anda. Dari mulai obesitas, diabetes, darah tinggi, penyakit kardiovaskular, hingga sindrom metabolik memang menjadi ancaman dari konsumsi makanan atau minuman yang menggunakan pemanis buatan serta gula pasir alami dalam jangka waktu yang lama dan sering.

Salah satu pemateri yang hadir dalam kegiatan ini adalah Dosen Pengobat Tradisional Myrna Adianti S.Si., M.Kes, P.hD., mengutarakan terdapat beragam bahan herbal yang memang diketahui memiliki manfaat baik untuk kesehatan yang bisa dipilih sebagai bahan minuman alami. Dari mulai temulawak, kencur, hingga jahe dan ini bisa membantu meringankan gangguan muskuloskeletal. Ia menambahkan, kencur baik untuk membantu mengatasi sakit kepala serta pegal linu dan kencur bagus untuk mengatasi letih serta lesu sehingga tepat untuk dinikmati usai berpuasa.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.