pasarkagetOK.jpg

Berita Kawasan

Jelang Lebaran, Satpol PP, Polisi dan TNI Dikerahkan di Lokasi Rawan Kerumunan

Menjelang Lebaran, umumnya masyarakat akan memadati pusat-pusat perbelanjaan guna membeli keperluan Idulfitri. Namun tampaknya hal tersebut menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengingat kasus positif COVID-19 sedang mengalami kenaikan. Banyaknya jumlah masyarakat yang berkumpul di pusat perbelanjaan akan memungkinkan terjadinya kerumunan yang mengakibatkan terbentuknya kluster penularan baru.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan melakukan pengetatan pengawasan di sejumlah lokasi rawan kerumunan seperti pusat perbelanjaan, hotel hingga objek wisata. Langkah tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selepas mengikuti rapat koordinasi penegakan disiplin protokol kesehatan daerah. “Tadi sudah saya sampaikan pada kawan-kawan bupati/wali kota, karena ini lagi prepegan (persiapan Idulfitri), pasar kaget, pasar tradisional, mall, (kita) minta untuk dilakukan penjagaan,” ucap Ganjar seperti dilansir dari humas.jatengprov.go.id (3/5/2021).

Ganjar dalam Rapat Satgas Covid

Nantinya Satpol PP, kepolisian dan TNI juga akan ikut dikerahkan di lokasi yang rawan kerumunan. Mereka akan melakukan operasi yustisi untuk mengingatkan masyarakat. Selain itu, pengelola objek wisata dan hotel juga diminta untuk selalu menjaga protokol kesehatan. Apabila pengelola objek wisata dan hotel kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, maka Gubernur tidak segan-segan menutup paksa usaha mereka. “Saya minta untuk dicek semuanya. Kalau kemudian tidak bisa dikendalikan, perintahnya satu, tutup ! Ini serius untuk kita bisa menjaga semuanya” tegas Ganjar.

[Baca Juga: Pengunjung Pasar Tanah Abang Membludak, Anies Baswedan Putuskan Ini]

Ganjar juga meminta agar larangan mudik harus ditaati. Ia melihat hingga saat ini banyak masyarakat yang masih belum taat menerapkan larangan mudik sehingga pihaknya sudah mulai mengefektifkan titik-titik penyekatan untuk mereka yang masih nekat mudik, utamanya di pintu masuk perbatasan. “Semua dalam satu narasi, tidak (boleh) mudik. Karena (pelaksanannya) banyak yang bocor. Dishub (Dinas Perhubungan) kita sudah komunikasi dengan provinsi lain, terutama di wilayah perbatasan,” tandasnya.

isolasi covidOK.jpg

Dalam rapat yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara daring ini terdapat arahan soal pengaktifan kembali tempat isolasi sebagai antisipasi lonjakan kasus mengingat kemungkinan masuknya pemudik yang nekat pulang ke beberapa daerah di Jawa Tengah, termasuk mewajibkan tes antigen pada setiap masyarakat yang masuk ke wilayah Jawa Tengah. “Kita semuanya selalu waspada, dan saya minta seluruh yang masuk ke Jateng wajib dites antigen. Maka tempat isolasi kita on-kan semuanya termasuk yang ada di rumah sakit,” bebernya.

Ganjar menegaskan bahwa kebijakan ini tidak main-main guna menjaga masyarakat dari penularan virus yang diakibatkan mobilisasi masa saat mudik nanti. Ia meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar rencana ini dapat berjalan lancar dan ditaati semua pihak agar tren kasus COVID-19 tidak melonjak naik saat Lebaran nanti.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.