IMG_22122021_185959_(1100_x_600_piksel).jpg

Bisnis

Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Bahan Pokok di Medan Naik

Wali Kota Medan, Bobby Nasution melakukan peninjauan bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Sei Sikambing di jalan Gatot Subroto (22/12/2021). Peninjauan ini dilakukan Bobby Nasution untuk memastikan ketersediaan dan kestabilitas harga bahan kebutuhan pokok menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2022 di Kota Medan.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan Bobby Nasution, ditemukan harga cabai cabai rawit naik paling tinggi. Dimana harga semula hanya Rp30.000-an per kg, tapi kini melambung tinggi menjadi Rp50.000 per kg.

Para pedagang pun menyampaikan keluhan tersebut kepada Wali Kota Medan. Berdasarkan pengakuan para pedagang, salah satu faktor penyebab kenaikan harga cabai rawit karena jumlah panen yang berkurang. Sebab, curah hujan di hulu semakin tinggi sehingga kualitas hasil panen kurang baik.

harga-cabai

“Tadi saya dengar dari pedagang hasil panen cabai rawit berkurang sehingga harga naik tinggi. Untuk menyikapinya, kita akan berkoordinasi dengan para penyuplai yang ada di Tanah Karo sehingga suplai masuk ke Kota Medan dapat kita perbaiki lagi,” kata Bobby Nasution.

Dalam peninjauan yang turut dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemko Medan tersebut, Bobby Nasution mengungkapkan, bahan kebutuhan pokok yang dimiliki Bulog tidak mengalami kenaikan harga. Kalapun mengalami kenaikan harganya tidak signifikan. “Untuk harga daging sapi masih normal dan tidak ada kenaikan,” jelasnya.

Selain melakukan operasi pasar untuk mencegah terjadinya kenaikan harga, Bobby Nasution juga menjelaskan, Pemko Medan telah membuka 53 titik pasar murah yang tersebar di 21 kecamatan di Kota Medan. Di samping itu juga Pemko Medan menggelar operasi pasar dengan menjual minyak goreng murah bekerjasama dengan salah satu produsen minyak goreng.

[Baca Juga: Penghujung September, Harga Cabai Rawit di Medan Naik]

Tidak hanya mengecek ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan stabilitas harga saja, Bobby Nasution dalam peninjauan tersebut juga turut melihat kondisi Pasar Tradisional Sei Sikambing. Diungkapkannya, kondisi pasar masih dalam masa perbaikan. Sejumlah pedagang juga menyampaikan keluhan terkait kondisi pasar, termasuk ada yang bocor sehingga mengganggu kenyamanan dan ketenangan pedagang maupun pembeli.

“Soal ada bagian bocor, kita tadi sama-sama lihat ada pekerja yang sedang berada di atas atap pasar untuk melakukan perbaikan. Kemudian kita juga ada menerima pengaduan beberapa pedagang terkait ada pembangunan kios yang dilakukan di bagian dilarang, kita minta segera ditertibkan. Kita tidak mau ke depannya ada pembangunan-pembangunan kios di tempat yang tidak seharusnya. Kalau itu dilakukan, yang kasihan pedagangnya nanti,” tegasnya.

Tidak hanya melakukan peninjauan ke pasar tradisional saja. Wali Kota Medan, Bobby Nasution juga melakukan peninjauan ke pasar modern Berastagi Supermarket yang berada di jalan Gatot Subroto Medan.

[Baca Juga: Harga Anjlok, ASN Pemprov Jateng Borong 1,1 Ton Cabai]

Peninjauan tersebut untuk memastikan ketersediaan bahan pokok sekaligus melihat masa kadaluwarsa produk makanan dan minuman yang dijual sehingga tidak merugikan masyarakat Kota Medan yang ingin berbelanja khususnya dalam menyambut Natal dan Tahun Baru.

Bobby Nasution bersama dengan unsur Forkopimda Kota Medan dan pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan mengecek setiap produk yang dijual apakah ada yang melanggar peraturan atau tidak.

Pada saat dilakukan peninjauan Bobby Nasution tidak menemukan adanya produk yang masa kadaluwarsanya melewati batas waktu. Namun ada beberapa produk makanan yang kemasannya sudah rusak dan ada juga yang tidak memiliki lebel produk import sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mengetahui hal tersebut, petugas langsung menarik seluruh produk makanan tersebut dari rak penjualan.


Read More

Pasar Sei Sikambing Kota Medan

Pasar Tradisional

None
None

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.