Jelang Pelajar Hadapi UTBK 2022, Ruangguru Hadirkan Program Ini.jpg

Pendidikan

Jelang Pelajar Hadapi UTBK 2022, Ruangguru Hadirkan Program Ini

Saat ini banyak di antara para pelajar yang telah lulus SMA/SMK atau sederajat tengah menanti beberapa seleksi yang harus mereka lewati demi bisa berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri alias PTN. Pertama adalah SNMPT, kedua adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK-SBMPTN), dan terakhir adalah ujian mandiri. Di antara ketiga seleksi ini disebut salah satu yang populer dikejar oleh para pelajar Tanah Air adalah melalui UTBK dan ini terlihat dari data pada tahun 2021 yang mencatat ada 777.858 pelajar yang menjadi peserta dengan 23,78 persen saja dari total tersebut yang berhasil lulus. Melihat situasi ini, Ruangguru ingin membantu para pelajar Indonesia lebih siap dalam menghadapi UTBK melalui program khusus mereka.

Sedikitnya peserta yang lolos ujian seleksi UTBK-SBMPTN ini membuktikan memang tingginya persaingan yang terjadi selama proses ujiannya. Dari sini Ruangguru terinspirasi untuk membuat program holistik yang dipandang sebagai langkah dari perusahaan teknologi pendidikan ini untuk meningkatkan potensi para pelajar meraih PTN yang mereka inginkan dalam UTBK. Di mana nama dari program ini adalah #PelatnasUTBK.

Jelang Pelajar Hadapi UTBK 2022, Ruangguru Hadirkan  Ini.jpg

“Kemampuan intelektual tinggi tidak selalu menjamin seseorang untuk berhasil di dalam bidang yang mereka tekuni, karena kepintaran bukanlah satu-satunya faktor penentu keberhasilan. Kami melihat pola yang serupa dalam UTBK, di mana tingkat intelegensi dan nilai yang mereka miliki bukan satu-satunya faktor lolos UTBK, karena begitu banyak materi pelajaran yang perlu dikuasai dalam waktu yang relatif singkat. Meskipun latihan soal merupakan kunci penting keberhasilan, namun menjaga motivasi, disiplin, dan konsistensi dari awal persiapan hingga UTBK justru menjadi tantangan nyata bagi para pelajar,” ungkap VP Marketing Ruangguru Ignatius Untung Surapati, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (11/1/2021).

Program ini disebut hadir atas dasar Ruangguru yang melihat perjuangan dari atlet nasional Greysia Polli yang harus melalui proses panjang sebelum ia siap berlaga di Olimpiade. Dari sinilah #PelatnasUTBK menggunakan program holistik yang mengombinasikan latihan kemampuan teknis serta kesiapan mental dan dapat mendorong konsistensi para pelajar dalam terus mengasah kemampuannya menjelang UTBK. Dari sinilah mengapa program ini terbagi menjadi dua tahap.

1) #PelatnasUTBK pengasah kemampuan teknis pelajar yang terdiri dari:

UTBK Center: Satu tempat dalam aplikasi Ruangguru untuk semua persiapan terkait UTBK 2022, mulai dari countdown, materi belajar khusus UTBK, banksoal, tryout UTBK, tes minat bakat, serta berbagai info terkini seputar UTBK dan PTN.

UTBK Experts: Rangkaian acara live streaming melalui Brain Academy Online yang mengupas dan membahas soal UTBK bersama Star Master Teacher.

Kitab UTBK: Modul e-book berisi panduan lengkap menghadapi UTBK yang dapat diunduh secara gratis. Modul ini berisi materi UTBK yang sering muncul, strategi menghadapi UTBK, rencana belajar UTBK, dan masih banyak lagi.

Latihan Soal Harian: Setiap hari, pelajar akan menerima latihan soal sekaligus pembahasan melalui grup Telegram.

[Baca Juga: 5.486 Pendaftar UTBK Seleksi Mandiri Unimed]

2) #Pelatnas UTBK untuk kesiapan mental dan konsistensi yang terdiri dari:

UTBK Experts-Special Series: Rangkaian acara online yang akan membahas tentang cara menjaga motivasi belajar tetap tinggi, strategi belajar yang lebih efektif, dan berbagai topik relevan lainnya.

Sesi tanya jawab bersama Pendiri Ruangguru: Sesi eksklusif bersama Iman Usman dan Belva Devara untuk berdiskusi seputar persiapan, pengalaman, strategi, serta tips untuk meraih kampus impian.

Webinar bersama Psikolog: Sesi webinar bersama psikolog profesional terkait kesiapan mental dan konsistensi dalam menghadapi UTBK. Untuk paket berbayar, pelajar terpilih juga akan mendapat kesempatan mengikuti sesi pelatihan eksklusif.

Festival Cita-Cita: Rangkaian sesi webinar yang diisi oleh para profesional di bidangnya, mencakup beragam jenis pekerjaan untuk membuka pandangan dan memberi pengetahuan bagi pelajar dalam menentukan jurusan dan karir mereka di masa depan.

Sesi motivasi mingguan: Pembahasan mengenai motivasi untuk bisa membangun dan menjaga mental yang kuat untuk menghadapi UTBK.

Pelatihan Habit-forming: Sesi pelatihan yang dirancang untuk membentuk kebiasaan belajar yang konsisten dan efektif.

Weekly Challenge: Berbagai challenge dengan hadiah menarik yang akan diadakan tiap periode tertentu.

Bagi Anda yang memang memiliki keluarga yang tengah bersiap menghadapi UTBK dan tertarik untuk mengikuti program ini, pihak Ruangguru mengungkapkan #PelatnasUTBK terbagi menjadi dua layanan. Karena ada yang bersifat umum dan tidak dipungut biaya sama sekali, serta ada yang #PelatnasUTBK Intensif yang berbayar dengan membeli paket ruangbelajar SMA+UTBK 6 Bulan atau Brain Academy Online Premium SMA+UTBK Intensif Semester Genap.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.