Jelang Pilkada Depok 2020, Kesbangpol Jawa Barat Gelar Ra kor.jpg

Berita Kawasan

Jelang Pilkada Depok 2020, Kesbangpol Jawa Barat Gelar Rakor

Sekira dua pekan lagi, masyarakat Kota Belimbing akan menyambut pesta demokrasi Pilkada Depok 2020 untuk menentukan sosok yang menjadi wali kota dan wakil wali kotanya. Untuk memastikan Pilkada Depok 2020 berjalan dengan lancar, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Barat menggagas rapat koordinasi (rakor) dengan elemen masyarakat Kota Belimbing dalam membahas persiapan pesta demokrasi ini yang pertama kali diselenggarakan dalam keadaan pandemi.

Rakor Pilkada Depok 2020 itu dipimpin Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok Hakim Siregar dan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Belimbing, tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga dari elemen generasi milenial. Menurut Hakim, rakor ini dibutuhkan dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 2020 yang memang memiliki dinamika baru akibat Indonesia yang dibayangi pandemi COVID-19.

Jelang Pilkada Depok 2020, Kesbangpol Jawa Barat Gelar Rakor.jpg

Dalam rakor tersebut, pihak Kesbangpol Kota Depok juga memaparkan mengenai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati, Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non Alan Coronavirus Disease-19 (COVID-19). Oleh karena itulah kondisi Pilkada Serentak 2020, khususnya Pilkada Depok 2020, menjadi tantangan untuk pemangku kebijakan atau stakeholder di Kota Belimbing.

Salah satu tantangan untuk stakeholder di Kota Belimbing yang dimaksud oleh Hakim adalah potensi masyarakat Kota Depok yang cenderung enggan datang ke lokasi Tempat Pemungutan Suara atau TPS karena kekhawatiran paparan COVID-19. “Antisipasi agar tidak ada penurunan partisipasi dalam Pilkada. Itu merupakan pekerjaan rumah bagi kita semua,” ujar Hakim, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (25/11/2020).

[Baca Juga: Pilkada Serentak 2020, Pemkot Depok Tinjau Persiapan KPU]

Oleh karena itulah, ia meminta semua stakeholder termasuk camat dan lurah di Kota Depok untuk memberikan sosialisasi bahwa sudah ada pengaturan pemungutan suara dengan protokol kesehatan di TPS. Tak lupa juga isu mengenai SARA, kampanye hitam, sampai politik uang harus jadi perhatian juga dalam usaha menghadirkan Pilkada Depok 2020 yang bersih, sejuk, tenang, sehat, aman, dan kondusif.

Dari sisi KPU Kota Depok dalam rangka mempersiapkan Pilkada Depok 2020 sudah melaksanakan simulasi pemungutan suara serta penghitungannya. Simulasi yang digelar pada akhir pekan kemarin tersebut ditujukan meninjau bagaimana alur serta mekanisme pemungutan dan penghitungan suara dengan protokol kesehatan demi mencegah potensi penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Sambut Pilkada Depok 2020, Kelurahan Sukatani Lakukan Ini]

Terkait memastikan Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat, termasuk di Kota Depok, pada Selasa kemarin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadir dalam apel bersama TNI/Polri dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Mapolda Jawa Barat. Dalam apel tersebut, pria yang akrab disapa Kang Emil itu memberikan instruksi kepada para anggota TNI/Polri memastikan masyarakat benar-benar menerapkan 3M yang terdiri dari Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan dengan sabun nanti saat momen pencoblosan pada 9 Desember 2020 nanti.

Read More

Artikel Lainnya

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

Pendidikan

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

18 January 2021, 16:17

Kanal yang diberi nama Belajar Bersama Disdik Kota Depok ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) atau pembelajaran daring siswa.

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

Kesehatan

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

18 January 2021, 15:28

Proses pendaftaran vaksinasi ada empat alur. Meja pertama, calon penerima vaksin yang mendapatkan SMS yang sudah mendaftar melalui aplikasi, melakukan registrasi dan pencatatan.

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Bisnis

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

18 January 2021, 14:23

Pemerintah Kota Malang di awal tahun 2021 melakukan terobosan dalam bentuk inisiasi kerjasama dengan GoJek dan GoPay.


Comments


Please Login to leave a comment.