Jelang PSBB, Risma Gencar Sosialisasi dan Penertiban di Pasar

Berita Kawasan

Jelang PSBB, Risma Gencar Sosialisasi dan Penertiban di Pasar

Pasca meneken Perwali tentang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini langsung tancap gas melakukan sosialisasi PSBB dan penertiban protokol kesehatan di lingkungan pasar.

Sebagai tempat transaksi dan interaksi banyak orang, pasar adalah salah satu lokasi yang dianggap rentan terhadap penyebaran virus SARS-CoV-2. Dia bersama jajarannya pun turun langsung ke Pasar Genteng, untuk melakukan sosialisasi sekaligus penertiban terhadap pedagang dan pembeli sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah diterbitkan Pemkot Surabaya.

Setiba di Pasar Genteng, Risma langsung berkeliling masuk ke area pasar sembari meminta semua warga untuk menaati protokol, seperti menjaga kebersihan, menggunakan masker hingga menjaga jarak atau physical distancing baik sesama pedagang, maupun dengan pembeli. Tanpa ragu Risma pun terlihat beberapa kali menata barang-barang milik pedagang agar tidak berdempetan dengan penjual yang lain.

Cegah Produk Pangan Berbahaya, Pemkot Jakarta Timur Sidak 6 Pasar

Dengan tegas Risma memerintahkan para warga yang datang untuk membeli agar tetap berdiri di depan toko atau kios. Pembeli pun dilarangnya untuk ikut mengambil barang yang dibelinya dari dalam toko atau kios.

Bahkan saat melakukan transaksi pembayarannya, pembeli diminta cukup meletakkan uang kemudian diambil oleh pedagang sembari menyemprotkan hand sanitizer ke uang tersebut. Bahkan dia menganjurkan agar pembeli untuk menuliskan kebutuhannya di secarik kertas supaya mudah dipahami. “Ayo jangan nggerombol (bergerombol), tolong dijaga jaraknya. Pembeli di luar saja, pakai maskernya jangan lupa,” tegasnya, dikutip surabaya.go.id, Sabtu (25/4/2020).

[Baca Juga: Tanggap COVID-19, Pemkot Surabaya Kembali Sebar Belasan Ribu Masker]

Tidak berhenti sampai di situ, sebelum masuk pasar, baik pedagang atau pembeli diukur suhu tubuh terlebih dahulu oleh petugas. Apabila ditemukan warga yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat, maka tidak diperbolehkan masuk ke dalam pasar.

Seperti diketahui, Pemkot Surabaya telah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan pasar. Mengenai rincian protokol, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menjelaskan, ada beberapa hal yang telah dilakukan untuk menegakkan protokol kesehatan tersebut, salah satunya dengan cara memasang garis pembatas untuk menjaga jarak antar pedagang dan pembeli. Namun, karena kesadaran para pedagang yang dinilai kurang, sehingga garis pembatas pun rusak.

[Baca Juga: 4 Upaya Pemkot Surabaya Menekan Laju Penyebaran COVID-19]

Selain memasang garis pembatas dan mewajibkan penggunaan masker di area pasar, pihaknya juga menerapkan kebijakan dua titik lokasi untuk bongkar muat barang. Sebab, ia menilai, selama ini baik pembeli maupun pedagang terkadang sembarang ketika melakukan bongkar muat barang. “Sekarang ini dibatasi, bongkar muat itu tidak boleh sembarang. Bongkar muat kita batasi hanya dua tempat. Kita juga lakukan penjagaan setiap malam minta bantuan Satpol PP,” imbuhnya pada Jumat (24/4/2020).

Sekadar catatan, setiap harinya angka penyebaran pandemi COVID-19 terus bertambah. Hingga Minggu (26/4/2020) malam, lawancovid-19.surabaya.go.id melansir, jumlah keseluruhan kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya sebanyak 368 kasus, 248 pasien masih dalam masa perawatan, 70 pasien dinyatakan sembuh, sementara 50 pasien telah dinyatakan meninggal dunia.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.