Dugderan 2021 dilaksanakan terbatas

Berita Kawasan

Jelang Puasa, Pemkot Semarang Gelar Dugderan 2021 Secara Terbatas

Melalui laman instagram @disbudparkotasemarang, dua hari sebelum memasuki bulan Ramadan tradisi Dugderan yang biasanya dilaksanakan masyarakat Semarang setiap menjelang bulan Ramadan dilakukan secara terbatas. Sesuai dengan keterangan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari yang memastikan bahwa Dugderan tahun 2021 ditiadakan, pada Minggu, 11 April 2021 serangkaian seremonial Dugderan 2021 telah dilaksanakan dengan lancar. Seluruh rangkaian kegiatan dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan dan pembatasan. Seremonial ini merupakan rangkaian simbolis Dugderan 2021 agar budaya yang ada tetap terjaga.

Pemkot Semarang menggelar acara ini secara sederhana guna mencegah timbulnya kerumunan yang berpotensi memicu penularan COVID-19. Meski sederhana, gelaran Dugderan itu tetap berjalan sesuai tradisi yang ada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hendar Prihadi berkaca dari tahun lalu untuk tetap menjalankan tradisi Kota Semarang di tengah pandemi. Dugderan tahun lalu juga dikemas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Semarang dengan prokes yang ketat walaupun tidak semeriah biasanya.

Dugderan 2021

Pelaksanaan Dugderan saat ini diselenggarakan Pemkot Semarang bekerja sama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Semarang. Prosesi tradisi dilaksanakan di halaman Balai Kota Semarang menuju Masjid Agung Kauman Semarang dengan suasana yang sangat terbatas. Sesampainya di Masjid Agung Kauman, Hendi kemudian membacakan Suhuf Halaqof dan menabuh beduk sebagai tanda datangnya bulan Ramadan. Ia berharap selama Ramadan nanti masyarakat bisa menjalankan ibadah dengan baik.

[Baca Juga: Tradisi Dugderan di Semarang Saat Pandemi COVID-19]

Dalam prosesi dugderan tahun ini tak tampak arak-arakan Warak Ngendhog yang biasanya menyertai acara. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan kerumunan masyarakat. Penyebabnya acara Warak Ngendhog sangat berpotensi untuk mengundang warga dan memicu keramaian. Peniadaan ikon Warak Ngendhog ini juga telah dilakukan pada Ramadan tahun lalu. Peserta pawai umumnya berasal dari lintas agama dan biasanya membawa arak-arakan Warak Ngendhog. Warak adalah hewan representasi kerukunan etnis di Kota Semarang dimana kepala naga menyimbolkan etnis Tionghoa, badan unta menyimbolkan etnis Arab, dan kaki kambing menyimbolkan etnis Jawa.

Hendrar Prihadi

Dalam akun instagram resminya @hendrarprihadi, orang nomor satu di Semarang ini mengucapkan syukur atas prosesi Dugderan yang telah diselenggarakan secara terbatas tahun ini. “Alhamdulillah.. meski dalam suasana yang terbatas, Tradisi Dugderan menyambut tibanya bulan Ramadhan di Kota Semarang bisa tetap berjalan. Selamat mempersiapkan ibadah puasa Ramadhan 1442 H bagi sedulur - sedulur yang menjalankan”, ujarnya.

Hanif Ismail selaku perwakilan dari takmir Masjid Kauman mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Semarang dan jajarannya yang telah hadir memeriahkan prosesi dugderan tahun ini mengingat prosesi tahun lalu yang dirasakan sangat sepi berbeda dengan tahun ini.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.