pasar.jpg

Berita Kawasan

Jelang Ramadan, Stok Kebutuhan Pokok di Pasar Sederhana Bandung Aman

Belanja kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan merupakan sebuah tradisi. Hampir seluruh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia menjalankan tradisi tersebut. Dalam hal ini, Pemerintah harus memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat siap dan tidak mengalami kelangkaan. Kelangkaan kebutuhan pokok yang permintaan tengah memuncak akan membuat harga melonjak tidak stabil. Memastikan hal tersebut, Walikota Bandung Oded M. Danial mengunjungi Pasar Sederhana yang berlokasi di Jalan Jurang, Sukajadi, Bandung pada Kamis 08 April 2021 untuk memantau langsung ketersediaan.

[Baca Juga: Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik, Pemkot Bekasi Gelar Operasi Pasar Murah]

Dilansir dalam laman humas.bandung.go.id (08/04/21), Mang Oded didampingi oleh Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Gin Gin Ginanjar, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Elly Wasliah, serta tim lainnya. Dalam kunjungannya, rombongan Pemkot Bandung menyambangi beberapa lapak pedangang. Mulai dari penjual sayur, daging, ikan, telur, dan bahan pangan lainnya. Meski adanya kenaikan harga di beberapa komoditas, namun stok kebutuhan pokok masyarakat dipastikan aman.

pasar1.jpg

Hal itu terlihat dari beberpada komoditas yang harganya relatif stabil, artinya permintaan dan ketersediaan bahan pokok berbanding lurus. "Kalau untuk beras stabil. Sedangkan ayam, kalau yang lebih kecil itu mahal. Tapi yang besar, broiler, masih di kisaran Rp. 38.000 per kilogram. Kalau stoknya dipastikan aman," ungkap Mang Oded dalam laman humas.bandung.go.id (08/04/21). Mang Oded pun mendapati beberapa harga kebutuhan pokok yang naik dan yang turun. "Tadi ada beberapa yang naiknya signifikan, daging sapi sekarang Rp. 130.000 per kilogram. Mudah -mudahan tidak naik lagi ke depannya. Kemudian cabai turun dari Rp120.000 sekarang sudah Rp. 80.000,” jelasnya.

pasar2.jpg

Untuk menjaga ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat tetap aman, Mang Oded melakukan antisipasi penimbunan. Pemkot Bandung telah memerintahkan pada Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eric M. Attauriq untuk terus memantau ketersediaan bahan pokok. "Antisipasi penimbunan di bawah komando Asisten 2. Beliau dengan Pak Gin Gin dan Satgas pangan untuk terus memantau agar tidak terjadi adanya penimbunan. Kalau ada penimbunan harus ditindak," pungkasnya.

Selain itu, masyarakat pun diimbau untuk tidak belanja secara berlebihan. Belanja sesuai kebutuhan tentu akan meminimalkan kelangkaan dan menjaga kestabilan harga.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.