Ketahanan Pangan DKI Jakarta Pasar Induk.jpg

Berita Kawasan

Jelang Ramadan Ketahanan Pangan Dimonitoring TPID-DKI

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan, setiap bulan TPID DKI Jakarta selalu melakukan monitoring ketahanan pangan agar tidak terjadi inflasi.

"Diusahakan tidak ada inflasi dan semua harga pangan terkendali," ujarnya, mengutip laman beritajakarta.id (03/032019).

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta, Sri Haryati menambahkan, TPID telah bekerja sama dengan daerah-daerah pemasok ketahanan pangan untuk mencegah terjadinya lonjakan harga menjelang Ramadan.

"Urusan daging kita kerja samakan dengan NTT. Cabai dan bawang merah kita kerja sama dengan Brebes. Selama bulan puasa, kita pastikan harga bahan pokok aman," tandasnya.

[Baca Juga: Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Musim Hujan]

Mengenai ketersediaan stok pangan ini, pihak Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan pemantauan sejak mulai musim hujan. Sri Haryati memastikan kondisi ketahanan pangan di Ibukota aman selama musim hujan. "Ketahanan pangan baik. BUMD pangan kita sudah punya beberapa rencana untuk mengamankan stok pangan di Jakarta," ujarnya dalam kesempatan berbeda.

Sri menjelaskan, saat ini Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta sepert PD Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya tengah memaksimalkan ketahanan pangan di Ibukota. Mereka juga menjalin kerja sama dengan daerah lain untuk penguatan pangan.

Pemprov DKI Jakarta telah memiliki tiga mesin Controlled Atmosphere Strotage (CAS) berkapasitas 60 ton. Sedangkan mesin CAS di Kramat Jati memiliki kapasitas 16 ton. "Kita juga sudah punya mesin CAS untuk menyimpan bahan pokok kita," tandasnya.

[Baca Juga: KAI Sudah Mulai Jual Tiket Lebaran 2019]

Di kesempatan berbeda Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tidak mudah untuk memastikan kecukupan stok pangan untuk warga Jakarta yang jumlahnya mencapai 10 juta jiwa.

Demi memenuhi kebutuhan pangannya, Anies menyebut Jakarta sampai saat ini masih bergantung kepada daerah lain. "Tapi di sisi lain, kami juga menyadari kebutuhan pangan di Jakarta adalah kesempatan lapangan pekerjaan dan perekonomian bagi warga di luar Jakarta,” kata Anies di akhir tahun lalu ketika menjelaskan tentang stok pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Read More

Artikel Lainnya

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.


Comments


Please Login to leave a comment.