Ketahanan Pangan DKI Jakarta Pasar Induk.jpg

Berita Kawasan

Jelang Ramadan Ketahanan Pangan Dimonitoring TPID-DKI

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan, setiap bulan TPID DKI Jakarta selalu melakukan monitoring ketahanan pangan agar tidak terjadi inflasi.

"Diusahakan tidak ada inflasi dan semua harga pangan terkendali," ujarnya, mengutip laman beritajakarta.id (03/032019).

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta, Sri Haryati menambahkan, TPID telah bekerja sama dengan daerah-daerah pemasok ketahanan pangan untuk mencegah terjadinya lonjakan harga menjelang Ramadan.

"Urusan daging kita kerja samakan dengan NTT. Cabai dan bawang merah kita kerja sama dengan Brebes. Selama bulan puasa, kita pastikan harga bahan pokok aman," tandasnya.

[Baca Juga: Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Musim Hujan]

Mengenai ketersediaan stok pangan ini, pihak Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan pemantauan sejak mulai musim hujan. Sri Haryati memastikan kondisi ketahanan pangan di Ibukota aman selama musim hujan. "Ketahanan pangan baik. BUMD pangan kita sudah punya beberapa rencana untuk mengamankan stok pangan di Jakarta," ujarnya dalam kesempatan berbeda.

Sri menjelaskan, saat ini Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta sepert PD Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya tengah memaksimalkan ketahanan pangan di Ibukota. Mereka juga menjalin kerja sama dengan daerah lain untuk penguatan pangan.

Pemprov DKI Jakarta telah memiliki tiga mesin Controlled Atmosphere Strotage (CAS) berkapasitas 60 ton. Sedangkan mesin CAS di Kramat Jati memiliki kapasitas 16 ton. "Kita juga sudah punya mesin CAS untuk menyimpan bahan pokok kita," tandasnya.

[Baca Juga: KAI Sudah Mulai Jual Tiket Lebaran 2019]

Di kesempatan berbeda Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tidak mudah untuk memastikan kecukupan stok pangan untuk warga Jakarta yang jumlahnya mencapai 10 juta jiwa.

Demi memenuhi kebutuhan pangannya, Anies menyebut Jakarta sampai saat ini masih bergantung kepada daerah lain. "Tapi di sisi lain, kami juga menyadari kebutuhan pangan di Jakarta adalah kesempatan lapangan pekerjaan dan perekonomian bagi warga di luar Jakarta,” kata Anies di akhir tahun lalu ketika menjelaskan tentang stok pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.