Jelang Tahun Ajaran Baru, Astra Life Edukasi Publik Mengenai Dana Pendidikan Ana k.jpg

Pendidikan

Jelang Tahun Ajaran Baru, Astra Life Edukasi Publik Mengenai Dana Pendidikan Anak

Hanya kurang satu bulan lagi, para siswa akan kembali atau masuk ke sekolah di momen tahun ajaran baru. Biasanya menjelang tahun ajaran baru, orangtua mulai pusing memikirkan biaya pendidikan untuk anak mereka. Dari mulai biaya sekolah, buku pelajaran, seragam, bahkan hingga perlengkapan belajar lainnya dan tanpa disadari biaya pendidikan sebenarnya memang meningkat. Biasanya kondisi ini bisa memicu beratnya situasi finansial dari keluarga. Demi membantu mengenali aspek yang biasanya memberatkan dana pendidikan anak ini, PT Asuransi Jiwa Astra atau Astra Life memberikan paparannya.

Sebagaimana dilansir dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (20/6/2022), VP Head of Marketing & Branding and Digital Channel Astra Life Windy Riswantyo menyampaikan, dana pendidikan sebenarnya bisa bersifat yang hanya jangka pendek alias setiap tahun ajaran baru hingga yang jangka pendek alias sampai kuliah. Menurutnya, baik yang pendek hingga yang panjang, pada dasarnya terdapat risiko yang muncul dan bila tak diantisipasi dapat menggangu kestabilan finansial Anda serta persiapan pendidikan anak.

Jelang Tahun Ajaran Baru, Astra Life Edukasi Publik Mengenai Dana Pendidikan Anak.jpg

Menurut Astra Life terdapat tiga risiko yang kerap muncul dan ini terdiri dari:

  • Perencanaan yang Kurang Matang

Menurut Astra Life, saat Anda menikah dan memiliki anak maka perhitungan merupakan aspek yang penting. Anda bersama pasangan harus mulai bisa mencatat serta memperhitungkan beradap biaya pendidikan dasar sampai dia kuliah nanti. Aspek yang harus dimasukan dalam perhitungan itu adalah biaya iurannya, biaya keperluan sekolah, estimasi transportasi pulang-pergi sekolah (jika jaraknya jauh dari rumah), biaya kursus, sampai perkiraan biaya perguruan tinggi nanti.

Dari total angka-angka yang didapatkan, Anda bisa memperhitungkan kira-kira berapa dana yang dialokasikan secara rutin untuk persiapan dana pendidikan. Dengan Astra Life yang menegaskan bahwa dana pendidikan harus terpisah dengan pos tabungan lainnya.

[Baca Juga: Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life]

  • Inflasi Biaya Pendidikan Anak

Beratnya biaya pendidikan yang harus dibayarkan orangtua juga tak terlepas dari kenyataan inflasi di lapangan. Berdasarkan data BPS di Tahun 2021 ditemukan fakta bahwa inflasi terjadi di sekolah tingkat SD-SMA mencapai 10-15 persen per tahunnya. Sedangkan perguruan tinggi lebih besar lagi, yaitu 30-45 persen per tahunnya. Dari sini Astra Life menyarankan, dana tabungan pendidikan anak yang Anda alokasikan sebelumnya bisa dijadikan investasi seperti deposito dan emas yang memang bisa mendukung peningkatan angka investasi Anda.

  • Penanggung Dana Pendidikan Anak

Dalam mempersiapkan dana pendidikan anak jelang tahun ajaran baru, tentu saja orangtua yang memiliki peran besar sebagai pencari nafkah. Sehingga kondisi orangtua diupayakan agar tetap sehat demi memenuhi kebutuhan keluarga dan pendidikan anak. Lantas bagaimana jika si penanggung dana pendidikan anak ini mengalami sakit keras hingga tutup usia dan dari sinilah dana pendidikan tersebut bisa sirna. Untuk menangani potensi keadaan ini terjadi, Astra Life merekomendasikan orangtua membuat proteksi pendidikan melalui produk asuransi jiwa.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.