Jenis Daging Ayam dan Tips Menyimpan Agar Tahan Berbulan-Bulan

Kuliner

Jenis Daging Ayam dan Tips Menyimpan Agar Tahan Berbulan-Bulan

Sebagai pilihan lauk utama yang paling populer bagi lidah orang Indonesia, daging ayam menjadi salah satu stok bahan makanan yang wajib ada di rumah, khususnya pada masa pandemi. Mengolah daging ayam terbilang mudah namun tidak semudah menyimpannya. Menyimpan daging ayam sembarangan akan membuat dagingnya menjadi tidak segar atau bahkan membusuk dengan cepat.

Maka dari itu, penting bagi Anda mengetahui tips memilih dan menyimpan daging ayam yang benar agar selalu mengonsumsinya dalam keadaan sehat dan berkualitas. Tapi sebelum itu, berikut beberapa jenis-jenis daging ayam lokal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

  • Daging Ayam Broiler

Daging ayam broiler atau biasa disebut sebagai ayam negri adalah daging ayam ras pedaging yang termasuk ke dalam jenis daging ayam yang paling banyak dijual dan dikonsumsi. Ayam broiler adalah hasil olahan ayam yang diternak biasa, dengan cara diberi pakan dan vitamin. Biasanya daging ayam broiler memilki ukuran yang lebih besar dan gemuk.

Jenis Daging Ayam dan Tips Menyimpan Agar Tahan Berbulan-Bulan

  • Ayam Kampung

Berbeda dengan ayam broiler, ayam kampung tidak diternak secara massal. Untuk cara perawatan sedikit berbeda dan pakannya pun tidak diberi pakan ternak, melainkan dibebaskan dan dibiarkan mencari makan sendiri. Karena cenderung lebih banyak bergerak dan makan makanan yang tidak mengandung vitamin dan suplemen. Meski pun teksturnya cenderung lebih alot dari broiler namun daging ayam kampung banyak dianggap lebih sehat.

[Baca Juga: Trik Menyimpan Daging Agar Lebih Tahan Lama]

  • Ayam Organik

Ayam organik merupakan jenis ayam ternak, namun cara ternaknya berbeda dengan broiler ataupun ayam kampung, yaitu lebih alami dari segi perawatan dan pakannya. Pakan ayam organik tidak mengandung zat kimia dan suplemen tambahan seperti pemicu hormon. Bibit ayamnya pun sejak menetas sudah diperlakukan secara organik, di mana pakannya merupakan dedak yang dibuat dari beras organik dan sayuran organik.

Cara Menyimpan

Lalu bagaimana cara menyimpan ayam tersebut? Berikut tahap-tahapan yang bisa Anda lakukan agar daging ayam yang disimpan bisa bertahan lama.

1) Daging Ayam Tidak Perlu Dicuci Dahulu

Daging ayam yang baru dibeli tak perlu dicuci lebih dahulu. Proses pencuciannya bisa dilakukan saat daging ayam akan diolah atau dimasak. Bila akan dibekukan, daging ayam tak perlu dicuci. Jadi, daging ayam yang baru dibeli tinggal dipotong jadi beberapa bagian saja.

Jenis Daging Ayam dan Tips Menyimpan Agar Tahan Berbulan-Bulan

2) Siapkan Kantong Plastik

Siapkan beberapa kantong plastik. Masukkan potongan daging ayam yang sama pada satu kantong plastik. Misalnya, sayap ayam disimpan dalam kantong plastik yang berbeda dari dada ayam. Bila memungkinkan, tuliskan keterangan pada masing-masing kantong plastik. Sehingga nantinya akan memudahkan kita dalam memasaknya. Jika ingin lebih awet, Anda bisa menggunakan kantong plastik hampa udara atau vacuum plastic bag.

[Baca Juga: Potensi Zoonosis dalam Sistem Kandang Baterai Peternakan Ayam Petelur]

3) Simpan dalam Wadah Khusus

Sebaiknya jangan langsung ditaruh begitu saja di dalam ruang freezer. Kita bisa menyiapkan wadah khusus untuk menyimpan daging ayam. Bisa wadah plastik yang cukup besar untuk menampung semua stok daging ayam. Tutup rapat agar baunya tidak memengaruhi bahan makanan lain dan tidak terkontaminasi bau dari bahan makanan lain.

Membekukan daging ayam di freezer merupakan salah satu cara paling efektif untuk membuat daging ayam tahan lama. Dari tips yang dilansir dari southernliving.com di atas, Anda bisa menyimpan daging ayam dalam keadaan utuh atau dalam sudah dipotong jadi beberapa bagian. Namun, untuk lebih memudahkan proses mencairkan dan mengolah daging ayam, ada baiknya daging ayam dipotong jadi beberapa bagian sebelum disimpan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.