Jenis-jenis Mineral Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit

Kesehatan

Jenis-jenis Mineral Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit

Tak hanya vitamin, mineral juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin dan mineral sendiri memiliki beberapa perbedaan yang mendasar. Vitamin merupakan senyawa organik, sedangkan mineral adalah senyawa anorganik dan tersedia dalam bentuk yang lebih sederhana. Mineral adalah nutrisi penting untuk pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit. Mineral merupakan kelompok mikronutrien bagi tubuh. Artinya, zat gizi ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk mendukung proses tumbuh dan kembangnya tubuh Anda.

[Baca Juga: Silikon, Mineral yang Dibutuhkan Tubuh Untuk Kesehatan]

Fungsi mineral pada setiap orang bisa dikatakan bervariasi dan dipengaruhi sejumlah faktor seperti jenis kelamin, usia, dan kondisi fisiologis. Mineral berperan aktif dalam merawat fungsi fisiologis, struktural tubuh, dan mencegah terjadinya defisiensi tubuh. Selain itu, mineral juga kaya akan manfaat untuk kesehatan kulit.

Jenis-jenis Mineral Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit

Melansir dari beberapa laman, berikut jenis-jenis mineral dan manfaatnya bagi kesehatan kulit Anda, antara lain :

  • Selenium

Khasiat mineral selenium diyakini memiliki peran penting dalam pencegahan kanker kulit. Mineral yang umumnya tersedia dalam bentuk krim atau suplemen ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Salah satu penelitian di Perancis menunjukkan bahwa konsumsi selenium dan tembaga dapat mencegah terbakarnya sel kulit akibat matahari.

  • Tembaga

Tembaga bersama vitamin C dan seng diperlukan untuk membantu pembentukan elastin, serat penyokong struktur kulit dari dalam. Kekurangan tembaga jarang terjadi, tambahan suplemennya pun dianggap berbahaya oleh banyak dokter. Meski demikian, penggunaan krim topikal kaya tembaga masih dianggap aman.

  • Seng (Zinc)

Mineral seng (zinc) dapat membantu mengontrol produksi minyak, menyembuhkan jerawat lebih cepat, dan mengatasi luka akibat jerawat. Seng juga diperlukan dalam pembentukan membran sel dan protein, anti peradangan, dan perlindungan kulit dari sinar UV. Seng sebagai komponen protein pengikat retinol pun penting untuk mengalirkan vitamin A dalam darah.

  • Sulfur

Sebagai mineral ketiga terbanyak dalam tubuh manusia, sulfur diperlukan dalam sintesis kolagen. Kurangnya produksi kolagen saat tubuh menua merupakan salah satu faktor terbentuknya keriput. Manfaat mineral sulfur dapat membantu pengelupasan sel kulit mati. Tak hanya itu, sulfur juga dibutuhkan dalam sintesis glutathione, salah satu antioksidan terpenting yang diperlukan tubuh untuk melawan radikal bebas. Glutathione juga membantu mengatur produksi prostaglandins, mengurangi inflamasi dan gejalanya pada kulit. Kadar glutathione ini sangat dipengaruhi oleh asupan sulfur, terutama yang didapatkan dari makanan kaya asam amino seperti kuning telur, daging, ikan, bawang, dan asparagus.

  • Magnesium

Magnesium merupakan mineral esensial dalam pembentukan kulit, gigi, rambut, dan otot. Magnesium membantu agar sistem syaraf berjalan optimal. Kekurangan magnesium dapat mempercepat penuaan kulit. Khasiat mineral magnesium dalam produk perawatan kulit membantu meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit. Magnesium bisa diperoleh dari beras merah, almond, dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan cepat saji perlu dihindari seperti soft drink, dan alkohol karena dapat mengurangi magnesium.

  • Potassium

Potassium membantu mengatur kadar air dalam sel tubuh. Potassium yang merupakan elektrolit juga diperlukan untuk membantu sel agar berfungsi normal. Defisiensi mineral ini meski jarang terjadi dapat menyebabkan kulit kering dan masalah lainnya.

  • Kalsium

Tak hanya esensial bagi tulang, kalsium juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Kalsium yang paling banyak ditemukan di lapisan epidermis membantu mempercepat regenerasi kulit. Karena itulah defisiensi kalsium dapat menyebabkan kulit tampak menipis, kering, dan rapuh. Meski tidak termasuk antioksidan, kalsium dapat membantu mencegah kanker kulit, hal ini berkaitan dengan kemampuan kalsium yang dapat menstimulasi pembentukan antioksidan dan mengatur pigmen kulit untuk melindunginya dari sinar UV.

  • Silika

Silika merupakan mineral mikro yang berfungsi menguatkan jaringan penghubung di dalam tubuh. Silika juga terkait dengan kerja enzim yang dibutuhkan dalam pembentukan kolagen. Defisiensi silika meski jarang terjadi bisa menurunkan elastisitas kulit serta memperlambat penyembuhan luka.

[Baca Juga: Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal]

Dari uraian PingPoint.co.id di atas, dapat disimpulkan pentingnya mineral untuk mencegah malnutrisi. Malnutrisi adalah ketika tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi. Penyebabnya terjadi karena pola makan yang buruk, kondisi pencernaan, atau penyakit lain. Untuk itu, dalam menjaga kesehatan tubuh Anda khususnya kulit, Anda harus memenuhi kadar gizi atau mineral dalam tubuh. Anda juga bisa diskusikan manfaat mineral untuk kulit pada dokter spesialis terbaik. Mineral alami bisa Anda dapatkan dalam makanan sehat seperti daging, ikan, sayur dan buah.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.