Pluit_Kesehatan_Jenis Olahraga Ini Bakal Tren di 2019 Sudah Mencobanya_Rachli_1.jpg

Kesehatan

Jenis Olahraga Ini Bakal Tren di 2019, Sudah Dicoba?

Masyarakat urban kini kian sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. Tak hanya sekadar menjaga pola makan, namun juga olahraga menjadi agenda wajib yang dilakukan secara berkala untuk menjaga kesehatan.

Bicara soal olahraga, banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh masyarakat urban guna menjaga kesehatan tubuhnya. Mengutip Reader’s Digest (11/1/2019), ada beberapa jenis olahraga yang diprediksi bakal menjadi tren di tahun 2019. Berikut jenis olahraga itu yang mungkin salah satunya menjadi pilihan Anda.

Olahraga Pop Star Dance

Olahraga Pop Star Dance

Sudah sejak lama menari menjadi salah satu jenis olahraga favorit, hanya saja jenis tarian baru kerap bermunculan. Tahun 2019 ini, Banana Skrit Dance diprediksi menjadi tren. Tarian ini mengajarkan koreografi hip-hop dan pop langsung dari artis seperti Britney Spears, J.Lo, dan Nicki Minaj namun dengan cara yang menyenangkan. Tarian ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan tanpa harus ada keterampilan khusus.

High-intensity interval training (HIIT),

Olahraga Interval Berintensitas Tinggi

Hambatan sebagain besar orang dalam berolahraga adalah waktu. Sehingga, akan lebih baik jika dalam waktu singkat sudah bisa melakukan aktivitas olahraga. Kini banyak kelas olahraga sederhana, seperti olahraga 15 menit atau kurang dari itu yang dilakukan di pusat kebugaran atau secara daring.

[Baca Juga: Rujukan BPJS Daring Permudah Layanan di Fasilitas Kesehatan]

Personal trainer tersertifikasi dan desainer olahraga Kim Schaper mengatakan waktu tersebut sudah cukup untuk mengeluarkan keringat. Pilih latihan high-intensity interval training (HIIT). Olahraga interval berintensitas tinggi ini memungkinkan denyut jantung akan terpacu dalam waktu singkat.

Mindfulness Marathon

Mindfulness Maraton

Dua kata tersebut menjadi tren di bidang kesehatan dan olahraga dalam beberapa waktu belakang ini, yakni olahraga maraton dan meditasi. Kombinasi keduanya akan menjadi jenis olahraga baru. Pakar lari dan pendiri Run Wild Retreats + Wellness Elinor Fish menjelaskan, lari merupakan latihan untuk membangun otot dan mengurangi stres.

Sementara program mindfulness maraton sendiri menggunakan teknik untuk membantu pelakunya mendapatkan manfaat dari dua aktivitas tersebut.

“Olahraga adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres, pendekatan yang salah untuk berolahraga dapat memperburuk gejala fisik stres termasuk sakit sendi, kelelahan terus-menerus, siklus tidur yang terganggu, dan meningkatnya tekanan mental,” kata Fish.

[Baca Juga: Bukan Obat Tetapi Resep Olahraga yang Diberikan]

Metode ini fokus pada postur, pernapasan, dan kesadaran terhadap keadaan sekitar. Sehingga yang melakukan metode ini akan berkeringat sekagus relaksi pada akhir sesi olahraga. Tidak harus berlatih maraton, teknik ini bisa digunakan untuk berlari maupun jalan dengan jarak yang dikehendaki.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bakal diprediksi akan banyak diminati di tahun 2019. Salah satu jenis olahraga itu mungkin bisa membantu Anda dengan mudah dalam menjalani pola gaya hidup sehat.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.