Festival-2

Bisnis

JFFE 2021, Ruang Bersama Penyelenggaraan Festival di Jogja

Penyelenggaraan Festival di Yogyakarta memasuki babak baru. Sejumlah ekosistem Festival bersatu dalam sebuah wadah bernama Jogja Festivals Forum & Ekspo ( JFFE) . Wadah ini disepakati sebagai ruang bersama untuk berkreasi dan bersuara para pelaku Festivals di Jogja.

Ketua JFFE Bram Satya mengungkapkan, salah satu alasan pembentukan JFFE karena kegiatan Festival di Jogja sudah sangat masif. Dalam catatannya, pada masa sebelum pandemi lebih dari 200 ajang Festivals digelar di DIY, sementara pada masa pandemi meski tak sebanyak masa sebelumnya, kegiatan Festival juga terus berjalan.

“Festival itu sudah menjadi bagian dari identitas Jogja, karena kegiatan Festival di Jogja tarafnya bukan lagi Nasional tetapi sudah go internasional,“ ujar Bram dalam acara Media Gathering yang berlangsung di Nol KM Cafe Senin lalu.

JFFE-1

Kustomfest Festival

Selanjutnya Bram menyampaikan, kegiatan JFFE digelar rutin tiap tahun sejak tahun 2019 dan tahun ini merupakan yang ke tiga kalinya. Jika pada kegiatan yang pertama dan kedua diselenggarakan di satu tempat yaitu Joglo Ambarrukmo untuk tahun ini JFFE digelar di dua tempat yaitu Jogja Expo Centre dan Ambarrukmo Plaza. Kegiatan Forum berlangsung pada 16-18 November 2021, sementara Expo berlangsung hingga 30 November 2021.

“ Festival di Jogja itu tidak seperti kota lain, karena festival apapun didukung oleh entitas sekitarnya. Beda dengan kota lain yang jalan sendiri-sendiri. Dan Festival di Jogja ini tidak main-main, karena beberapa kali Festival di Jogja ini menjadi leader di Asean. Capaian ini yang kita kompilasikan oleh JFFE” ujar Bram.

Bram mencatat, di Jogja ada sebanyak 17 buah Festival besar berkelas Internasional serta 70 buah Festival kecil yang tersebar di berbagai wilayah dan rutin dilaksanakan setiap tahun. Jumlah tersebut belum termasuk penyelenggaraan event temporer yang hanya dilaksanakan pada waktu tertentu saja.

Festival-3

Sumonar Festival

Mengutip data penelitian dari Jogja Festival, Bram menyampaikan bahwa kegiatan Festival selama ini punya peran signifikan dalam menyumbang pendapatan daerah. Bahkan, perputaran uang yang terjadi dalam setiap penyelenggaraan festival sangat besar. Lebih dari itu, kegiatan festival terbukti menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Jogja.

“ Wisatawan yang berkunjung ke Jogja ini tidak hanya ingin mengunjungi destinasi wisata , tetapi banyak juga yang berkunjung ke Jogja dengan tujuan untuk menonton Festival. “ tandas Bram.

Festival-4

Yogya Gamelan Festival

Bram menunjuk contoh, penyelenggaraan Prambanan Jazz yang rutin di gelar di kawasan Taman Wisata Candi Prambanan dengan menghadirkan artis-artis Internasional, berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan lokal, regional maupun internasional.

“Orang-orang yang datang ke Festival itu bukan backpacker, tapi orang-orang pecinta seni yang punya duit. Untuk itu, sudah saatnya pemangku kebijakan ini membuat sebuah regulasi khusus , sehingga kami punya aturan main yang jelas,“ tandas Bram.


Read More

Grha Pradipta Jogja Expo Center

Tempat Acara

+62274451001
None

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.