Jika Tidak Hati-hati, Angkat Galon Bisa Sebabkan Penyakit Ini

Kesehatan

Jika Tidak Hati-hati, Angkat Galon Bisa Sebabkan Penyakit Ini

Bagi yang terbiasa mengangkat beban berat tentunya mudah untuk mengangkat sebuah galon air penuh dengan volume 19 liter. Namun perlu ekstra hati-hati bagi yang belum pernah atau yang ingin mencobanya untuk pertama kali. Sebab, galon yang berisi penuh air termasuk dalam kategori barang berat.

Untuk mengangkatnya, perlu teknik tersendiri agar terhindar dari suatu hal yang tidak diinginkan. Jika asal-asalan, ditakutkan malah akan menyebabkan cedera otot dan bahkan dapat mengganggu kesehatan serta organ tubuh lain. Seperti beberapa penyakit ini yang sering muncul akibat dari kesalahan ketika mengangkat beban berat.

Jika Tidak Hati-hati, Angkat Galon Bisa Sebabkan Penyakit Ini

1) Sakit Punggung

Punggung menjadi tumpuan ketika kita mengangkat beban berat. Ketika mengangkat beban, usahakan benda yang diangkat benar-benar seimbang dan ditempatkan secara tepat tidak membuat punggung bekerja ekstra untuk menahannya.

Sebab, jika sedikit saja salah ketika mengangkat beban yang berat, tekanan pada tulang belakang dapat menjalar hingga ligamen dan otot sehingga akan memperburuk kondisi di bagian punggung.

[Baca Juga: Hati-Hati! Tas Punggung Berat Dapat Picu Gangguan Kesehatan Anak]

2) Skoliosis

Skoliosis dikenal sebagai salah satu kondisi kelainan secara anatomi yakni struktur tulang berubah dari yang seharusnya. Umumnya, penyakit ini ditandai dengan nyeri saat berdiri maupun duduk, tulang belakang akan terasa sakit dan rasa sakitnya berpotensi menyebar hingga ke tangan, kaki serta pinggul.

Selain disebabkan oleh faktor genetik, penyakit ini juga muncul karena seringnya mengangkat beban yang berat. Untuk mencegah skiolosis, idealnya setiap orang mengangkat beban maksimal paling berat sepersepuluh dari total berat badan

3) Saraf Kejepit

Selain berdampak pada tulang, mengangkat galon dengan cara yang salah juga berpengaruh terhadap titik saraf. Saraf yang mendapatkan tekanan secara berlebihan dari jaringan yang ada di sekelilingnya menyebabkan timbulnya penyakit saraf kejepit ini. Jika seperti itu, biasanya para pengguna akan merasakan lemah fisik, sering kesemutan, kebas pada bagian tubuh tertentu dan juga rasa nyeri.

[Baca Juga: Ini Penyebab Mendadak Sakit Keras Usai Olahraga]

Adapun ketika mengangkat beban yang berat seperti galon, sebaiknya tekuk pinggul dan lutut seperti posisi sedang jongkok atau squat. Kemudian gunakan kaki untuk mengangkat beban. Hindari posisi membungkuk saat mulai mengangkat galon serta jaga postur tubuh dengan tepat.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.