Jika Tidak Hati-hati, Angkat Galon Bisa Sebabkan Penyakit Ini

Kesehatan

Jika Tidak Hati-hati, Angkat Galon Bisa Sebabkan Penyakit Ini

Bagi yang terbiasa mengangkat beban berat tentunya mudah untuk mengangkat sebuah galon air penuh dengan volume 19 liter. Namun perlu ekstra hati-hati bagi yang belum pernah atau yang ingin mencobanya untuk pertama kali. Sebab, galon yang berisi penuh air termasuk dalam kategori barang berat.

Untuk mengangkatnya, perlu teknik tersendiri agar terhindar dari suatu hal yang tidak diinginkan. Jika asal-asalan, ditakutkan malah akan menyebabkan cedera otot dan bahkan dapat mengganggu kesehatan serta organ tubuh lain. Seperti beberapa penyakit ini yang sering muncul akibat dari kesalahan ketika mengangkat beban berat.

Jika Tidak Hati-hati, Angkat Galon Bisa Sebabkan Penyakit Ini

1) Sakit Punggung

Punggung menjadi tumpuan ketika kita mengangkat beban berat. Ketika mengangkat beban, usahakan benda yang diangkat benar-benar seimbang dan ditempatkan secara tepat tidak membuat punggung bekerja ekstra untuk menahannya.

Sebab, jika sedikit saja salah ketika mengangkat beban yang berat, tekanan pada tulang belakang dapat menjalar hingga ligamen dan otot sehingga akan memperburuk kondisi di bagian punggung.

[Baca Juga: Hati-Hati! Tas Punggung Berat Dapat Picu Gangguan Kesehatan Anak]

2) Skoliosis

Skoliosis dikenal sebagai salah satu kondisi kelainan secara anatomi yakni struktur tulang berubah dari yang seharusnya. Umumnya, penyakit ini ditandai dengan nyeri saat berdiri maupun duduk, tulang belakang akan terasa sakit dan rasa sakitnya berpotensi menyebar hingga ke tangan, kaki serta pinggul.

Selain disebabkan oleh faktor genetik, penyakit ini juga muncul karena seringnya mengangkat beban yang berat. Untuk mencegah skiolosis, idealnya setiap orang mengangkat beban maksimal paling berat sepersepuluh dari total berat badan

3) Saraf Kejepit

Selain berdampak pada tulang, mengangkat galon dengan cara yang salah juga berpengaruh terhadap titik saraf. Saraf yang mendapatkan tekanan secara berlebihan dari jaringan yang ada di sekelilingnya menyebabkan timbulnya penyakit saraf kejepit ini. Jika seperti itu, biasanya para pengguna akan merasakan lemah fisik, sering kesemutan, kebas pada bagian tubuh tertentu dan juga rasa nyeri.

[Baca Juga: Ini Penyebab Mendadak Sakit Keras Usai Olahraga]

Adapun ketika mengangkat beban yang berat seperti galon, sebaiknya tekuk pinggul dan lutut seperti posisi sedang jongkok atau squat. Kemudian gunakan kaki untuk mengangkat beban. Hindari posisi membungkuk saat mulai mengangkat galon serta jaga postur tubuh dengan tepat.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.