JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Setelah kesuksesan penyelenggaraan pertamanya pada 2019, Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menghadirkan Jakarta International Literary Festival (JILF), sebuah festival sastra bertaraf internasional yang melibatkan sejumlah pelaku sastra dunia.

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”. Tim kurator JILF, yang terdiri atas Isyana Artharini dan Ronny Agustinus, ingin menggugat narasi dominan dan mempertanyakan kacamata siapa yang selama ini digunakan untuk membaca suatu kisah.

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

“JILF ingin menjadi sebuah ruang yang terbuka dan berani dalam menembus batasan, terutama dalam upaya menjadi bagian dari sebuah kolektif untuk mereka ulang lanskap sastra dunia yang lebih mudah diakses, beragam, dan setara.” ujar Isyana dalam catatan tim kuratorial. Lantas, melalui Road to JILF 2021, khalayak sastra dapat menemukan dan mempelajari sejarah yang diceritakan dari sudut pandang “pemenang” yang berbeda.

JILF yang akan berlangsung secara daring karena pandemi COVID-19 ini tetap memiliki semangat untuk menjadi penghubung Indonesia dengan sastra dunia melalui proses kurasi dan pembangunan program yang cermat.

[Baca Juga: JILF Hadir dengan Semangat Mencoret "Pagar"]

"Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta merintis JILF ini sebagai salah satu jangkar budaya bagi Kota Jakarta, tetapi ini bukan sebagian upaya untuk menjadikan Jakarta Sentris dalam dunia kesusastraan Indonesia," kata Ketua Dewan Kesenian Jakarta Danton Sihombing dalam konferensi pers virtual pada pekan lalu (1/12/2020).

Menurut dia, JILF 2021 juga bisa memperkuat represtensi kesusastraan di Indonesia di panggung sastra internasional. Edisi kedua direncanakan berlangsung pada 2021 dan rangkaian kegiatan akan dimulai dengan Road to JILF 2021 pada November-Desember 2020 ini.

Program Road to JILF 2021, “Heroes: (Re)making History” menghadirkan seuntaian perbincangan sastra melalui Podcast Sastra dan Diskusi Panel. Malam Pembukaan program berlangsung pada Jumat, 4 Desember 2020. Acara yang berlangsung daring ini dengan sambutan dari Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Danton, dan Direktur Festival Road to JILF 2021 Aviati Armand.

[Baca Juga: Kemendikbud Hidupkan Kembali Karya Sastra Indonesia Lewat Siniar Sandiwara Sastra]

Adapun empat tema utama yang akan dibahas adalah “Sejarah dari Ingatan” , “Kekuatan dan Batas Representasi” , “Kisah-Kisah Fantastis” , dan “Kisah-Kisah Masa Depan” . Tema-tema tersebut akan diperbincangkan bersama 37 orang dengan latar beragam sebagai narasumber dan moderator.

Publik dapat menyimak delapan episode podcast sastra yang dirilis secara berkala sejak 18 November-3 Desember melalui podcast Footnotes from JILF yang dapat diakses melalui tautan s.id/FootnotesfromJILF. Selain itu, publik juga dapat mengikuti empat seri diskusi panel pada 4-6 Desember 2020 yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Jakarta International Literary Festival atau mengaksesnya melalui tautan s.id/roadtojilf.

Read More

Artikel Lainnya

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

Pendidikan

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

18 January 2021, 16:17

Kanal yang diberi nama Belajar Bersama Disdik Kota Depok ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) atau pembelajaran daring siswa.

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

Kesehatan

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

18 January 2021, 15:28

Proses pendaftaran vaksinasi ada empat alur. Meja pertama, calon penerima vaksin yang mendapatkan SMS yang sudah mendaftar melalui aplikasi, melakukan registrasi dan pencatatan.

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Bisnis

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

18 January 2021, 14:23

Pemerintah Kota Malang di awal tahun 2021 melakukan terobosan dalam bentuk inisiasi kerjasama dengan GoJek dan GoPay.


Comments


Please Login to leave a comment.