ads
JOGING AMAN DAN SEHAT DI KOTA WISATA CIBUBUR

Kesehatan

Joging Aman dan Sehat di Kota Wisata Cibubur

Kota Wisata Cibubur menjadi wilayah yang cukup enak untuk berolahraga seperti joging. Wilayah yang masih cukup banyak pepohonan ini membuat aktivitas joging menjadi lebih maksimal karena udara di lingkungan masih terbilang segar. Terlebih olahraga joging membutuhkan lingkungan yang nyaman, tidak banyak kendaraan berlalu lalang, dan minim polusi.

Namun olahraga lari juga memberi dampak yang buruk bagi tubuh bila dilakukan secara berlebihan. Orang yang melakukan olahraga berlebihan tanpa melakukan pemanasan yang tepat dan tidak didukung oleh nutrisi serta istirahat cukup akan rentan terkena serangan jantung. Jika ingin melakukan olahraga yang lebih aman, bisa melakukan joging atau berjalan kaki.

[Baca Juga : Pilihan Tempat Jogging Favorit di Bintaro]

Kalau ingin melakukan joging, setengah jam saja sudah cukup. Joging bisa dilakukan dengan aman, bila Anda memerhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Jangan Langsung Makan

    Lapar merupakan hal yang biasa dialami setelah berlari. Kalori dan lemak yang seharusnya terbakar dalam tubuh, akan tertumpuk lagi jika Anda mengonsumi makanan berminyak atau minuman manis setelah joging. Jika memang lapar perut dan bukan lapar mata, Anda boleh saja makan. Namun, pilih makanan seperti buah-buahan. Biasanya yang menjadi pilihan para pelari adalah buah pisang.
  2. Minum Air Putih

    Dengan meminum air putih setelah joging, bisa membantu mengembalikan cairan yang hilang. Saat berlari banyak keringat yang keluar dari dalam tubuh. Sebaiknya setelah lari pilih air putih atau minuman isotonik. Perlu diingat untuk menjauhi minuman dengan kadar gula yang tinggi.
  3. Pemanasan dan Pendinginan

    Jangan langsung joging tanpa pemanasan. Lakukan peregangan untuk pemanasan tubuh sebelum mulai berolahraga. Tidak perlu lama, sepuluh menit juga cukup. Setelah berlari, jangan langsung duduk. Lakukan peregangan untuk mendinginkan tubuh. Peregangan otot setelah berolahraga penting dilakukan agar setelahnya badan tidak sakit dan pegal.
  4. Cukup Istirahat

    Pastikan sebelum dan sesudah berolahraga, Anda cukup tidur. Tidur, meskipun hanya sejenak, bisa membuat tubuh lebih relaks. Jika joging di hari libur, tenangkanlah tubuh dan pikiran sebelum melakukan pekerjaan berat atau mengerjakan tugas kantor. Sempatkanlah sekitar 30 menit untuk tidur. Setelah bangun tidur, rasakan bagaimana relaks dan segarnya tubuh Anda.
  5. Mandi

    Setelah istirahat, biasanya Anda malas untuk mandi atau mengganti baju. Jangan dibiasakan, karena keringat yang menempel di baju akan menjadi sarang kuman. Selain itu, mandi air dingin juga baik untuk mengembalikan otot-otot yang tertarik dan tegang. Sebaiknya setelah Anda beristirahat, segeralah membersihkan diri dengan mandi.

[Baca Juga : Berolahraga sekaligus Lepas Lelah di Taman Suropati]

Untuk warga Cibubur, lokasi joging yang aman ada di Taman Kota yang terletak di Perumahan Kota Wisata Cibubur. Bila Anda masuk dari gerbang Kota Wisata, hanya perlu lurus saja hingga sampai di bundaran ketiga. Lokasinya ada di depan supermarket, berdekatan dengan fasilitas pasar modern. Selain trek joging tersedia pula fasilitas mainan anak seperti ayunan, jungkat jungkit, arena gymnastic, dan sepeda statik besi.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads