Cocok Untuk Diet, Lakukan Ini Sebelum Memulai Olahraga Pagi

Kesehatan

Joging dan Bersepeda Tinggi Risiko Penularan COVID-19

Berjalan, bersepeda, maupun joging merupakan aktivitas yang kerap kali kita temui, khususnya di Jakarta. Infrastruktur untuk pejalanan kaki dan pesepeda yang makin mumpuni, semakin banyak orang yang melakukan kegiatan menyehatkan ini. Namun, saat pandemi sedang berlangsung seperti ini, apakah berjalanan, bersepeda, maupun joging masih aman untuk dilakukan?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Katholieke Universiteit Leuven (KU Leuven), Belgia dan Endhoven University of Technology (TU Eindhoven) Belanda menyebutkan, ketika Anda berjalan, berlari, maupun menaiki sepeda atau melakukan pergerakan walau tetap menjaga jarak aman, Anda harus tetap waspada. Pasalnya, ketika seseorang berlari, napas, bersin, atau batuknya tersebar dalam bentuk partikel, dan bisa saja terbawa angin. Sehingga orang yang berada di belakang bisa jadi terkena.

SEHATNYA BERSEPEDA DI BUMI PERKEMAHAN CIBUBUR_OCI

Melansir dari medium.com (19/4/2020) para peneliti menyimpulkan dengan memberikan simulasi terjadinya partikel liur seseorang selama bergerak meninggalkan droplets atau tetesan dengan kekuatan penyebaran lebih besar karena terjadi gerakan dan adanya angin kepada orang yang posisinya berada di belakang, namun bisa jadi tetesan tersebut juga jatuh lebih cepat ke bawah itu semua tergantung oleh angina dan gerakan yang diciptakan seseorang.

Penelitian ini melakukan simulasi di mana dua orang berlari atau berjalan bersebelahan di lingkungan dengan angin yang kencang, simulasi ini membuktikan bahwa doplets orang yang di depan mendarat di orang yang ada di belakangnya, justru orang yang di sebelahnya aman dari kontaminasi.

[Baca Juga: Apakah COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara?]

Atas dasar penelitian inilah, banyak ilmuwan yang menyarankan untuk menjaga jarak saat berjalan minimal 4-5 meter, untuk berlari dan bersepeda lambat paling tidak Anda harus menjaga jarak hingga 10 meter.

Atau, anda bisa juga mengenakan masker kain minimal dua lapis untuk menghindari droplets masuk ke mulut atau penapasan. Walau bisa mendarat di pakaian, pastikan saat sampai di rumah Anda langsung meletakkan pakaian yang dikenakan ke tempat baju kotor untuk segera dicuci. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sesering mungkin dan mandi saat baru pergi dari luar rumah agar kebersihan tetap terjaga.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.