Cocok Untuk Diet, Lakukan Ini Sebelum Memulai Olahraga Pagi

Kesehatan

Joging dan Bersepeda Tinggi Risiko Penularan COVID-19

Berjalan, bersepeda, maupun joging merupakan aktivitas yang kerap kali kita temui, khususnya di Jakarta. Infrastruktur untuk pejalanan kaki dan pesepeda yang makin mumpuni, semakin banyak orang yang melakukan kegiatan menyehatkan ini. Namun, saat pandemi sedang berlangsung seperti ini, apakah berjalanan, bersepeda, maupun joging masih aman untuk dilakukan?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Katholieke Universiteit Leuven (KU Leuven), Belgia dan Endhoven University of Technology (TU Eindhoven) Belanda menyebutkan, ketika Anda berjalan, berlari, maupun menaiki sepeda atau melakukan pergerakan walau tetap menjaga jarak aman, Anda harus tetap waspada. Pasalnya, ketika seseorang berlari, napas, bersin, atau batuknya tersebar dalam bentuk partikel, dan bisa saja terbawa angin. Sehingga orang yang berada di belakang bisa jadi terkena.

SEHATNYA BERSEPEDA DI BUMI PERKEMAHAN CIBUBUR_OCI

Melansir dari medium.com (19/4/2020) para peneliti menyimpulkan dengan memberikan simulasi terjadinya partikel liur seseorang selama bergerak meninggalkan droplets atau tetesan dengan kekuatan penyebaran lebih besar karena terjadi gerakan dan adanya angin kepada orang yang posisinya berada di belakang, namun bisa jadi tetesan tersebut juga jatuh lebih cepat ke bawah itu semua tergantung oleh angina dan gerakan yang diciptakan seseorang.

Penelitian ini melakukan simulasi di mana dua orang berlari atau berjalan bersebelahan di lingkungan dengan angin yang kencang, simulasi ini membuktikan bahwa doplets orang yang di depan mendarat di orang yang ada di belakangnya, justru orang yang di sebelahnya aman dari kontaminasi.

[Baca Juga: Apakah COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara?]

Atas dasar penelitian inilah, banyak ilmuwan yang menyarankan untuk menjaga jarak saat berjalan minimal 4-5 meter, untuk berlari dan bersepeda lambat paling tidak Anda harus menjaga jarak hingga 10 meter.

Atau, anda bisa juga mengenakan masker kain minimal dua lapis untuk menghindari droplets masuk ke mulut atau penapasan. Walau bisa mendarat di pakaian, pastikan saat sampai di rumah Anda langsung meletakkan pakaian yang dikenakan ke tempat baju kotor untuk segera dicuci. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sesering mungkin dan mandi saat baru pergi dari luar rumah agar kebersihan tetap terjaga.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.