Jogja Belajar Class Lolos Menuju 5 Besar KIPP Kemenpan-RB

Berita Kawasan

Jogja Belajar Class Lolos Menuju 5 Besar KIPP Kemenpan-RB

Jogja Belajar Class lolos menuju lima besar setelah bersaing dengan 2126 proposal se-Indonesia pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB). Selain itu, untuk kategori khusus, Inovasi Jogja Plan milik Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil masuk menuju tiga terbaik setelah bersaing dengan 91 proposal.

Paparan inovasi tersebut disampaikan langsung Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X kepada Tim Panel Independen KIPP pada 6 Juli 2020 di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Jogja Belajar Class menurut Sri Sultan adalah sebuah layanan kelas maya sebagai bagian dari portal Jogja Belajar yang dirancang agar pembelajaran konvensional dapat dengan mudah dilaksankan secara daring.

Jogja Belajar Class Lolos Menuju 5 Besar KIPP Kemenpan-RB

Aplikasi ini diluncurkan guna menghapus kesenjangan digital di dunia pendidikan, pemerataan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, pemerataan materi kualitas pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Aplikasi ini juga memiliki tujuan untuk pendidik dan peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Keunikan inovasi ini adalah dirancang secara khusus berdasarkan kebutuhan guru dan siswa, transformasi kelas sosial ke online, tidak rumit, mudah dipahami dan sederhana, guru dan siswa terhubung NSPN, orang tua dan siswa terhubung NSPN dan tidak berbayar. Melalui aplikasi ini, orang tua siswa juga bisa mengontrol langsung hasil belajar sang anak.

[Baca Juga: Berkat Gandeng Gendong, Kota Yogyakarta Dapat Penghargaan Bappenas]

Dengan berbagai keunggulan dan kemudahan, saat ini Aplikasi Jogja Belajar Class masuk dalam 99 besar KIPP. Kemudian, akan berjuang untuk bisa masuk dalam lima besar inovasi publik se-Indonesia.

“Jogja Belajar itu masuk 99 terbaik menuju lima terbaik. Dari 99 inovasi yang lolos di Indonesia nanti akan berjuang menjadi lima terbaik. Nah ini yang sedang kita upayakan. Program ini sangat baik dan mendukung pembelajaran siswa, terutama pada masa pandemi seperti ini. Dan saya kira bisa terus diaplikasikan,” jelas Sri Sultan seperti dilansir dari jogjaprov.go.id (8/7/2020).

Jogja Plan

Sementara itu untuk program Jogja Plan, Sri Sultan memaparkan, Jogjaplan di gunakan untuk memujudkan perencanaan yang ordinate. Jogjaplan merupakan alat bantu yang digunakan untuk membantu Pemda DIY untuk menciptakan institusi publik yang lebih efektif dan akuntable dalam menyediakan akses atas informasi perencanaan pembangunan. Aplikasi ini dikembangkan guna mendukung automasi dan menghindari kesalahan input data manual serta memfasilitasi keterbukaan informasi.

Selain itu, Jogjaplan digunakan pula untuk memastikan perencanaan secara partisipasif dan disiplin sesuai dengan visi misi Pemda DIY, melalui implementasi logical framework, cascading, dan indikator yang membatasi adanya penyimpangan perencanaan yang dapat menimbulkan resiko pidana korupsi terhadap APBD.

Jogja Belajar Class Lolos Menuju 5 Besar KIPP Kemenpan-RB

Inovasi ini diinisiasi sejak tahun 2010 dan dikembangkan sampai sekarang. Akses ini dikembangkan sebagia quick response dinamika masyarakat. Bahkan, sudah ada pergub yang mendukung, yaitu Pergub No. 36 Tahun 2013 dan Pergub No. 94 Tahun 2016. Pihak yang bisa mengakses adalah unsur masyarakat, OPD Pemda DIY, Kabupaten/kota, DPRD dan swasta.

“Jogjaplan 5 tahun yang lalu pernah kita presentasikan di Kemenpan, nah sekarang kita diminta untuk presentasi lagi karena ada kualifikasi kreatifitas khusus. Saat ini sudah ditahap 15 Sinovik yang lolos. Awalnya dari posisi 99, kemudian turun jadi 45, kemudian jadi 15. Nah sekarang presentasi untuk menjadi 3 terbaik. Tadi kita paparkan kreativitas baru serta tambahan lain di Jogjaplan,” ungkap Sri Sultan.

Jogja Belajar Class Lolos Menuju 5 Besar KIPP Kemenpan-RB

Inovasi-inovasi ini lahir berdasarkan pada perkembangan IT yang terus maju. Berbagai persoalan menjadi terjawab dengan perkembangan IT yang memang memaksa untuk melahirkan inovasi agar memudahkan seseorang untuk berkembang. “Dengan adanya COVID-19, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa IT jadi pilihan strategis, tidak hanya mengenai pembelajaran dan pembangunan, namun bagaimana bisa melahirkan alternatif pembangunan komunikasi, kebijakan-kebijakan dan intesitas hubungan dengan pusat. Ini menjadi jawaban,” imbuh Sri Sultan.

[Baca Juga: Berharap Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja]

Saat ini Jogjaplan telah direplikasi oleh sedikitnya 21 daerah di Indonesia. Sementara 34 provinsi di Indonesia serta 227 pemkab/pemkot telah melihat dan mengamati cara kerja sistem ini. Sedangkan 10 kementerian dan lembaga pemerintah pusat telah melakukan studi komparasi.

“DIY terbuka untuk membantu bagi daerah manapun yang ingin melakukan replikasi. Masalah utama biasanya adalah SDM, maka itu yang ingin replikasi silahkan siapkan SDM. Daerah harus proaktif, tidak bisa hanya menunggu menemukan SDM yang bagus, karena SDM yang bagus harus kita bangun dan siapkan sendiri,” tutup Sri Sultan.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    guys ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan...

  • Anisa 2 years, 6 months lalu
    anisa

    Live Sexy Casino Baccarat Bertemu Langsung Dengan Dealer Sexy yang pasti akan membuat permainan Anda semakin Bergairah Serta Dapatkan Penawaran TRIPLE BONUS dari QQHARIAN. Info Lanjut Hub CS atau bisa <a href="https://qqharian.org/" title="QQHarian" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>