JFF-1

Hobi dan Hiburan

Jogja Free Flight, Menyayangi Burung Tanpa Mengurung

Terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Ketika sejumlah burung yang terbang di angkasa tiba-tiba hinggap ditangan saat dipanggil dengan peluit. Meski tanpa sangkar. burung-burung itu tidak kabur dan sangat patuh dengan pemiliknya. Mereka bahkan terlihat sangat jinak kepada setiap orang yang ditemuinya.

Burung-burung tersebut adalah koleksi dari para anggota Komunitas Penyayang Burung Jogja Free Flight (JFF) yang sampai saat ini anggotanya sudah mencapai ribuan orang. Dengan moto “ Menyayangi Tanpa Mengurung “, JFF mengemban misi untuk mengembalikan burung sesuai kodratnya sebagai hewan bersayap.

JFF-2

Tri Wahyoedi, salah seorang anggota JFF, mengungkapkan, ketika mendengar nama komunitas ini awalnya banyak yang mengira kalau komunitas ini adalah komunitas terbang layang. Padahal istilah Free Flight merupakan sebuah keinginan agar hewan-hewan bersayap itu dapat terbang bebas sesuai yang diinginkannya. Sebab, kodrat burung bukan dikurung tetapi terbang bebas di alam.

“Kalau kita menyayangi, seharusnya kita tidak merampas kebebasannya. Jadi biarkan mereka terbang kemanapun suka," ujar Tri kepada PingPoint.co.id (18/4/2021).

Selanjutnya Tri mengungkapkan, dalam komunitas ini para anggota saling bertukar wawasan tentang tata cara melatih burung agar patuh dengan pemiliknya melalui bahasa isyarat, suara peluit , tepukan, siulan, kibaran bendera maupun panggilan nama yang ditujukan pada hewan tersebut.

JFF-4

Sementara itu Pradetha – anggota JFF yang lain – menambahkan, melatih burung agar selalu patuh kepada pemiliknya tidak begitu sulit. Yang terpenting pemilik harus punya kesabaran berlebih dalam merawat burung piarannya. “Melatihnya sejak masih anakan, sehingga burung mengira kita induknya," ujar Pradetha.

Jogja Free Flight menaungi semua pemilik jenis burung. Baik burung lokal maupun import. Tapi pada umumnya hanya jenis burung , macaw, paruh bengkok ( parrot ) dan burung layang-layang (swallow) . Salah satu alasan para pecinta burung ini melatih burungnya, karena dari sisi bisnis burung yang punya ketrampilan free flight harga jualnya lebih tinggi dibanding burung biasa Oleh karena itu, komunitas ini selain sebagai sarana sosialisasi juga menjadi sarana memperluas jaringan mitra bisnis antar anggotanya.

[Baca Juga: Komunitas Sepeda Selong Ajak Warga Bersemangat Gunakan Sepeda]

Sebelum pandemi, aktifitas dari komunitas ini, biasanya gampang ditemui, karena tiap hari Minggu mereka sering melakukan latihan bersama di Alun-Alun Utara. Namun semenjak pandemi, Alun-alun Utara Jogja tertutup bagi aktifitas publik sehingga komunitas ini memilih tempat latihan secara berpindah-pindah. Kadang di Stadion Sultan Agung, Area Persawahan Imogiri, Moyudan atau lokasi lain. Untuk bisa bertemu, komunikasi antar anggota dilakukan melakukan grup whatsapp dan sosial media.

JFF-3

“Sementara kami belum menemukan lokasi yang sesuai. Jadi kami masih berpindah-pindah," Pradetha menambahkan.

Selain menggelar kegiatan latihan bersama, komunitas ini juga sering hadir di pameran hewan yang diselenggarakan di mal atau kampus agar komunitas ini lebih banyak dikenal publik. Pada saat pameran, selain melakukan edukasi tentang tata cara melatih burung, komunitas ini juga membuka pendaftaran anggota baru.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.