Joyflight Angkasa Expo 2019 1.jpg

Berita Kawasan

Joyflight jadi Daya Tarik di Angkasa Expo & Halim Open Day 2019

Angkasa Expo & Halim AFB Open Day 2019 telah diselenggarakan pada 8-10 Februari lalu di Skadron 45 Landasan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Berdasarkan keterangan yang didapat tim PingPoint.co.id dari salah satu anggota TNI Angkatan Udara (TNI AU) di lokasi acara, Joyflight baru diadakan di tahun ini, sedangkan Angkasa Expo memang diadakan setiap tahun sehingga Joyflight menjadi daya tarik acara ini karena warga DKI Jakarta bisa mendapatkan pengalaman yang tidak biasa dengan naik pesawat Hercules tipe C-130.

Antusias warga Jakarta terlihat dari begitu banyak warga yang datang di hari kedua Angkasa Expo & Halim AFB Open Day 2019 digelar untuk mengikuti hari pertama Joyflight pada Sabtu pagi (9/2/2019).

Peserta Joyflight di hari pertama yang datang ke Skadron 45 Lanud TNI AU Halim Perdana Kusuma tidak hanya dari kawasan sekitar Halim, tetapi dari berbagai wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Seperti salah satu peserta yang ditemui tim PingPoint.co.id yang datang dari Depok. Dia mengaku sangat antusias untuk ikut naik pesawat Hercules karena ingin tahu bagaimana rasanya naik pesawat milik TNI Angkatan Udara itu.

Anggota TNI AU di Joyflight Angkasa Expo 2019

Meskipun acara ini digelar di tanggal 8 Februari, Joyflight hanya digelar di hari Sabtu dan Minggu. Tiket Joyflight bisa didapatkan warga Jakarta dengan datang satu hari sebelum jadwal tiket penerbangan yang diberikan pihak panitia Joyflight. Namun, Joyflight tidak bisa diikuti untuk anak berusia di bawah 15 tahun, kecuali didampingi orang tua untuk usia Sekolah Dasar.

Setiap pengunjung Angkasa Expo & Halim AFB Open Day 2019 yang tertarik mengikuti Joyflight diberikan formulir dan wajib mengunjungi minimal 12 booth atau stand pameran untuk mendapatkan tanda tangan dan stempel dari booth yang dikunjungi. Selanjutnya, calon peserta Joyflight diarahkan menyerahkan formulir dan lampiran stempel tersebut ke petugas khusus penukaran tiket Joyflight.

[Baca Juga: Terbang Gratis dengan Pesawat Hercules di Halim Perdanakusuma]

Selain tiket Joyflight yang diberikan pihak panitia, peserta Joyflight juga diberikan surat pernyataan yang berisikan nama, tempat tinggal dan tanda tangan. Surat pernyataan peserta Joyflight di hari jadwal penerbangan Joyflight diserahkan kembali pada petugas khusus Joyflight untuk direkap petugas sebagai data penumpang penerbangan kemudian diarahkan untuk menunggu di depan bus TNI Angkatan Laut yang disiapkan untuk mengantar peserta Joyflight dari Skadron 45 ke pesawat Hercules yang berada di Suma-3 Lanud Halim.

Tiket Joyflight Angkasa Expo 2019

Pihak TNI Angkatan Udara menyiapkan tiga pesawat Hercules tipe C-130 untuk para peserta Joyflight. Penerbangan Joyflight dimulai pukul 09.00 dan diatur petugas khusus yang berkoordinasi dengan tim TNI Angkatan Laut yang bertugas melayani penerbangan Joyflight. Petugas Joyflight memanggil para peserta yang telah berkumpul di depan bus TNI Angkatan Laut untuk masuk ke dalam bus dan mengantar sekitar kurang lebih 110 peserta untuk naik pesawat Hercules.

Peserta Joyflight di hari Sabtu terbilang cukup banyak sehingga penerbangan Joyflight terbagi menjadi tiga kelompok yang didata petugas khusus. Salah satu peserta Joyflight bernama Ade Yulia yang datang bersama keponakannya yang masih berusia Sekolah Dasar rela menunggu dari pagi hingga pukul 12 siang untuk bisa naik pesawat Hercules.

“Tadinya sih udah mau pulang aja karena cuaca panas banget, enggak tahan deh. Tapi berhubung keponakan saya pengen banget naik, ya udah lah saya tahan tahan aja. Penasaran juga sih gimana ya naik pesawat TNI,” ujar Ade.

Warga Foto Bersama Mantan Atlet Bulutangkis Butet Liliyana Natsir

Pesawat Hercules biasanya digunakan TNI AU untuk mengangkut tentara sekaligus logistik keperluan TNI AU. Selain itu, berdasarkan informasi yang diterima tim Pingpoint.co.id saat mengikuti penerbangan Joyflight, pesawat Hercules mampu mengangkut tiga mobil Avanza dan bisa menampung sekitar 200 orang. Joyflight yang dinikmati warga peserta penerbangan Hercules ini berlangsung selama kurang lebih 15 menit.

Joyflight di hari Sabtu juga spesial bagi warga Jakarta yang beruntung bertemu dengan mantan atlet bulutangkis, Liliyana Natsir (Butet) di Skadron 45 Lanud Halim Perdanakusuma. Diketahui dari akun twitter resmi milik TNI Angkatan Udara (@_TNIAU) bahwa pihak TNI AU mengundang Liliyana Natsir untuk mengikuti Joyflight dan menantangnya untuk bermain bulutangkis selama Joyflight di atas ketinggian sekitar 17.500 kaki.

[Baca Juga: Perasaan Butet Main Bulu Tangkis di Hercules Terbang]

Angkasa Expo & Halim Open Day tahun ini memberikan pengalaman baru untuk warga DKI Jakarta dengan hadirnya Joyflight. Warga berharap agar tahun berikutnya, Joyflight dapat dihadirkan kembali.


Read More

Artikel Lainnya

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.

Slide2.JPG

Berita Kawasan

Kondisi Masyarakat Dusun Sumbermanggis Pasca Gempa di Malang

20 April 2021, 13:08

Pasca terjadinya gempa di wilayah Malang Selatan dengan skala M 6.1, banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat yang hidup di wilayah Malang dan sekitarnya

20210417_123323.jpg

Berita Kawasan

Pantauan Harga Kebutuhan Pangan di Pasar Tangerang selama Ramadan

20 April 2021, 12:09

Setiap Bulan harga jual di pasar mengalami kenaikan. Seperti saat ini, di Bulan Ramadan harga pasar pun kerap mengalami kenaikan. Kenaikan harga cukup membuat beberapa pedagang mengalami keluhan.


Comments


Please Login to leave a comment.