MENTENG-KAWASAN-JPM TANAH ABANG MULAI DIUJI COBA-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

JPM Tanah Abang Mulai Diuji Coba

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, melalui PD Pembangunan Sarana Jaya melakukan uji coba pemakaian Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat (7/12/2018).

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C. Pinontoan mengatakan, pihaknya hanya mengizinkan para pejalan kaki yang melintas di JPM Tanah Abang. Uji coba yang dilakukan kali pertama ini diharapkan banyak mendapat masukan terkait kekurangan dari fasilitas umum tersebut.

“Tujuannya adalah untuk mengetahui kekurangan yang harus disempurnakan sampai JPM Tanah Abang ini diresmikan Gubernur DKI Jakarta,” katanya, mengutip inews.id, (7/12/2018).

Tujuan lain dari pembangunan JPM ini adalah untuk menciptakan integrasi antar moda transportasi di Stasiun Tanah Abang. Dirinya pun berharap, program ini sebagai solusi atas kesemerawutan yang terjadi dalam kurun waktu lima tahun terakhir di depan pintu stasiun kereta api Tanah Abang.

[Baca Juga: Bisnis Kaus Politik Mulai Bergeliat di Pasar Grosir Tanah Abang]

Yoory juga menjelaskan, pihaknya membangun JPM Tanah Abang dengan fasilitas halte dan keterhubungan dengan blok-blok pasar Tanah Abang. Dua halte sudah dibangun dari rencana tiga halte yang akan dibangun.

Adapun halte tersebut adalah halte di pintu Stasiun Tanah Abang Jalan Jatibaru (persis di bawah JPM). Kemudian halte di sisi selatan flyover Jatibaru (persis di seberang stasiun Jatibaru bengkel).

Pada uji coba ini, bukan hanya uji coba pengoperasian lintasan untuk orang, namun juga untuk angkutan umum. Lintasan orang adalah pergerakan orang melintas JPM dan lintasan angkutan umum adalah pergerakan Trans Jakarta dan Mikrolet.

Selain itu, mengutip dari akun Instagram PD Pembangunan Sarana Jaya, @pd.saranajaya, pihaknya juga memastikan akan membanguna fasilitas umum lainnya di JPM Tanah Abang sesuai dengan kesepakatan dengan PT KAI.

Di JPM, juga dibangun empat unit toilet dan musala. Untuk keamanannya sendiri suda diterapkan dengan baik, yaitu dengan memasang 26 closed circuit television (CCTV) dan tersedianya petugas keamanan yang berjaga dan mengawasi keadaan sekitar JPM Tanah Abang agar berjalan kondusif.

[Baca Juga: Menikmati Mantapnya Kuliner Enak dekat Stasiun Gondangdia]

Uji coba JPM dilakukan selama sepekan. Selama uji coba, JPM Tanah Abang dibuka mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Ke depan, waktu operasi JPM akan disesuaikan dengan waktu operasional kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Tanah Abang.

Pembanguna JPM Tanah Abang ini mendapat beragam sambutan dari masyarakat. Seperti akun @ekoxix3258 mengatakan, “Yang penting konsistensi dalam menjaga dan merawat prasarana dan sarana tersebut. Daya gunakan SDM sekitarnya. Jangan sampai fasilitas tersebut justru membuat sebagian orang kehilangan mata pencahariannya.”

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.