JPO di Jakarta Terus Dikebut Pemprov DKI.jpg

Berita Kawasan

JPO di Jakarta Terus Dikebut Pemprov DKI

Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) menjadi salah satu rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menata kota Jakarta. Rencana merevitalisasi JPO sudah berjalan dan masih terus dikebut di sejumlah titik kawasan Ibu Kota.

Sebagaimana dilansir beritajakarta.id (01/03/2019) telah diresmikan tiga JPO yang telah direvitalisasi di Jalan Jenderal Sudirman. Ketiga JPO tersebut di antaranya JPO Bundaran Senayan, JPO Gelora Bung Karno (GBK) dan JPO Polda Metro Jaya. Namun, pada JPO Polda Metro Jaya masih dalam tahap finishing seperti diutarakan Anies di lokasi peresmian pada Kamis 28 Februari 2019.

[Baca Juga: JPO Jelambar Unik dan Ramah Disabilitas Setelah Direvitalisasi]

Tiga JPO tersebut diresmikan langsung oleh Anies yang berharap bisa berfungsi memenuhi kebutuhan warga termasuk untuk penyandang disabilitas, wanita hamil, lansia dan anak-anak. Selain sebagai fasilitas pejalan kaki maupun pengguna transportasi umum, ketiga JPO tersebut memiliki desain yang unik, artistik dan pencahayaan yang menambah estetika kota sehingga warga bisa menikmati suasana indah yang membahagiakan ketika melihat JPO yang telah diperbaiki.

Tahun 2019 akan ada sekitar delapan JPO yang direvitalisasi dengan pendanaan yang disiapkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) seperti dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah pada lansiran beritajakarta.id (01/03/2019).

Selain itu, revitalisasi dua JPO juga akan ada yang menggunakan dana kompensasi Koefisien Lantai Bangunan (KLB). Menurut Saefullah, revitalisasi JPO merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terhadap warga agar semakin merasa nyaman dan aman saat menyeberang jalan.

[Baca Juga: Jalan Lodan dan 3 Lokasi Lain Akan Dibangun Jembatan Tahun Ini]

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho juga angkat bicara mengenai pembangunan JPO di kawasan Pasar Minggu dan Mogot. Hari mengatakan dalam waktu dekat, pihaknya akan membangun dua JPO di kawasan Pasar Minggu dan Daan Mogot dengan menggunakan dana dari kompensasi KLB.Saat ini pembangunan dua JPO tersebut masih dalam perencanaan konstruksi yang sudah memasuki tahap final untuk desain JPO dan akan dibangun di bulan Mei mendatang.

Biaya JPO juga disebutkan Hari mengutip dari beritajakarta.id (01/03/2019) yang menelan biaya sekitar Rp11 miliar hingga Rp15 miliar untuk satu JPO. Sementara untuk JPO yang masih memiliki struktur dan kerangka cukup baik hanya memerlukan dana sekitar Rp1 miliar untuk direvitalisasi.


Read More

Artikel Lainnya

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online

16 April 2021, 11:17

Wali Kota Bogor bersama dengan Kapolresta Bogor Kota mengikuti launching aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR untuk pembuatan SIM baru serta perpanjangan SIM A dan C oleh Kapolri secara virtual di Mako Polresta Bogor Kota, Selasa (13/4/2021).

safari-ramadan.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Medan Ajak Jamaah dan Alim Ulama Dukung Program Masjid Mandiri

16 April 2021, 10:28

Ajakan ini disampaikanya saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Al Furqon, Jalan Pasar I, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, (15/4/2021) sore.

Akuakultur

Pendidikan

Mengenal Prodi Akuakultur FPIK UNDIP, Mimpi Perikanan Masa Depan

16 April 2021, 10:15

“Saat ini dunia akuakultur mengalami perkembangan yang sangat signifikan termasuk pula industrinya,” kata Dr Ir Sarjito MappSc selaku Ketua Departemen Akuakultur.


Comments


Please Login to leave a comment.