Juara II Festival Kuliner Tingkat Provinsi PKK Dapat Rp7 Juta

Berita Kawasan

Juara II Festival Kuliner Tingkat Provinsi PKK Dapat Rp7 Juta

Pada tanggal 18 Agustus 2019 Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jakarta Timur meraih juara dalam Festival Kuliner Betawi Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Anjungan DKI Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Dilansir dari timur.jakarta.go.id (18/08/19), pembukaan Festival Kuliner Betawi Tingkat Provinsi DKI Jakarta ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Ketua III TP PKK Provinsi DKI Jakarta Ati. Festival Kuliner Betawi Tingkat Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) yang dihadiri seluruh kader PKK Kota Jakarta Timur. Hadir pula para kader dari tingkat wilayah Jakarta lainnya dan Kepulauan Seribu, yang juga turut dalam kepesertaan.

[Baca Juga: Ayo Makan Gratis Dalam Festival Kuliner Betawi di TMII]

Adapun tujuan pelaksanaan Festival Kuliner Betawi yaitu untuk melestarikan makanan tradisional khas Betawi dan Anjungan DKI Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Ratusan peserta yang terdiri dari 34 kecamatan, menunjukkan kebolehannya dalam menampilkan makanan yang saat ini sudah sulit ditemukan.

Kemenangan yang diraih yaitu Juara II Lomba Kreasi Kuliner Tingkat DKI Jakarta dan Juara Favorit Lomba Kuliner Tingkat DKI Jakarta. Kejuaraan tersebut diterima langsung Ketua TP PKK Kota Jakarta Timur Diah Anwar, yang didampingi oleh Camat Kramat Jati Eka Darmawan, Camat Cipayung Fadjar Satrio, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Anjungan DKI Jakarta Fadlan Zuhran.

[Baca Juga: PKK Jakpus Adakah Lomba Kuliner Betawi di Setu Babakan]

Ketua TP PKK Kota Jakarta Timur Diah Anwar mengatakan, para pengurus PKK sengaja menyajikan makanan khas Betawi yang saat ini sulit ditemukan. Sehingga, nantinya masyarakat akan kangen dan terus mencari makanan yang mereka cicipi. “Karena itu kami berharap produk dan makanan yang ada, bisa semakin dikenal masyarakat,” kata Diah.

Manambah Penghasilan

Selain lebih mengenalkan makanan khas Betawi, sambung Diah, diharapkan kegiatan ini bisa menambah penghasilan warga. Pasalnya, potensi ini bisa mengembangkan perekonomian warga yang nantinya akan dilibatkan dalam setiap kegiatan. “Apalagi di Jakarta Timur ada beberapa lokasi yang akan dijadikan destinasi wisata, yang salah satunya adalah waduk Setu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Anjungan dan Graha Wisata TMII Fadlan Zuhran menambahkan, Festival Kuliner Betawi yang digelar selain untuk menjadi ajang promosi, juga menjadi ajang silaturahmi. “Yang utama itu pesertanya, jadi ibu boleh lomba dan tetap akrab bersahabat. Apalagi pesertanya sendiri berasal dari 34 kecamatan yang ada di DKI dan Kepulauan Seribu," kata Fadlan.

Ditambahkan Fadlan, kegiatan itu sendiri merupakan acara tahun yang rutin digelar UPT Anjungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Ia pun berharap dukungan yang lebih besar karena peminatnya setiap tahun terus meningkat. “Karena itu kami berharap ke depannya festival ini akan semakin meriah dan lebih bagus lagi," pungkasnya.

Selain hadiah sebesar Rp7.225.000 yang berhasil diraih oleh PKK Kota Jakarta Timur, juara II karena sajian makanan khas Betawi yang kini langka ditemukan, menjadi inspirasi bagi warga untuk berdagang dan juga mengenalkan makanan khas ini kepada sebagian orang yang mungkin belum tau tentang makanan daerah ini. Hal ini juga melestarikan budaya Indonesia di bidang kuliner.

Read More

Artikel Lainnya

Catat! Ini Alur Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Tahun 2020.jpg

Pendidikan

Catat! Ini Alur Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Tahun 2020

05 June 2020, 16:30

Pemprov DKI Jakarta sudah keluarkan hal-hal yang dipersiapkan orangtua dan para calon siswa untuk PPDB DKI Jakarta 2020.

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

Berita Kawasan

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

05 June 2020, 16:00

penundaan pembukaan Masjid Raya Bandung dikarenakan masih dalam tahap persiapan untuk memenuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Majelis Utama Indonesia Kota Bandung

Tengok Kasus Negara Lain, 5 Tempat Ini Risiko Tinggi Penularan COVID-19

Kesehatan

PSBB Transisi, Apakah Aktivitas Bernyanyi Perlu Diperhatikan?

05 June 2020, 15:00

Menengok kasus di negara lain, beberapa anggota tim paduan suara menderita COVID-19 setelah melakukan latihan dan tampil dalam sebuah acara. Droplet mengandung Virus Corona baru yang dihasilkan diyakini jadi penyebabnya.

kipas angin_1.jpg

Kesehatan

Dianggap Tak Baik, Tidur Gunakan Kipas Juga Ada Manfaatnya Lho

05 June 2020, 14:00

Kipas angin di dalam kamar ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan selain membuat tagihan listrik menjadi lebih rendah.


Comments


Please Login to leave a comment.