ikat samin bloraOK3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Juarai Lomba Ikat Samin Blora, Vinda Dwi Ingin Karyanya Dikenal Dunia

Siapa yang tidak bangga jika hasil karya yang dibuat dengan usaha keras akhirnya memenangkan suatu perlombaan dan diapresiasi oleh pemerintah daerah. Hal ini yang dirasakan oleh Vinda Dwi Hanifah (24) yang menjadi juara 1 lomba desain batik Blora dan ikat samin kategori ikat Samin Blora. “Alhamdulillah, saya seneng karena mendapatkan penghargaan juara satu di kategori ikat samin,” ungkapnya pada (27/12/2021) lalu.

Lomba desain ikat samin Blora ini diselenggarakan dalam rangka hari jadi ke 272 kota Blora, Kabupaten Blora yang merupakan kerjasama antara Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Blora dan Deskranasda kabupaten Blora. Kegiatan ini diharapkan dapat menggeliatkan kembali kegiatan UMKM yang ada di Kabupaten Blora.

ikat samin bloraOK.jpg

Vinda Dwi Hanifah yang saat ini berdomisili di Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora ini menyebut bahwa ada tiga kategori juara yang diangkat dalam lomba desain ini yaitu juara ikat samin, juara batik kain dan juara favorit yang dipilih berdasarkan banyaknya like di Instagram. Vinda yang menjadi pemenang dalam kategori ikat Samin ini berharap melalui kemenangannya, batik Blora nantinya akan banyak dikenal oleh masyarakat dalam maupun luar negeri.

[Baca Juga: Indahnya Tenun Batak dan Batik Melayu Karya Tin Reihani]

Ikat Samin yang dibuat oleh Vinda mengambil nilai filosofi dari Jati Pengarep, dimana beberapa unsur ia masukkan kedalam desain ikat Samin yang meliputi motif daun jati, kambium jati, batang jati, termasuk ikan jendil yang menjadi kuliner khas Blora bagian selatan. Kemenangannya kali ini bisa menjadi trigger bagi para generasi muda untuk terus melestarikan budaya lokal agar tetap bertahan ditengah perkembangan jaman.

“Untuk milenial, yang tradisional bukan berarti ketinggalan jaman, jadi harus tetep dilestarikan, karena makin kesini namanya budaya itu tergerus perkembangan zaman, siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikan,” harap Vinda dalam rilis tertulis yang diterima PingPoint (27/12/21).

ikat samin bloraOK2.jpg

Tak hanya berhenti sampai disitu saja, beberapa desain yang telah menjuarai lomba ini otomatis telah menjadi milik pemerintah kabupaten Blora yang nantinya akan dikembangkan lebih lanjut, salah satunya akan dipergunakan oleh ASN menjadi seragam para pelajar di sekolah-sekolah di Blora. Hal tersebut menjadi prestasi yang cukup membanggakan bagi kabupaten Blora karena ini menjadi event lomba desain batik pertama yang dilaksanakan Blora.

Heny Indriyanti selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Blora berharap selain Batik Blora bisa dikenal lebih luas, nantinya usaha pembuatan batik Blora akan dapat meningkatkan ekonomi Kabupaten Blora. “Untuk di Blora, ini mungkin sudah dikenal luas, temen-temen juga sudah banyak yang memakai, tamu-tamu yang berkunjung di kabupaten Blora, tentunya juga akan bisa menikmati batik Blora ini dan bisa digunakan pada event besar yang dilaksanakan,” tutup Heny.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.