Akibat PSBB, Lebaran Tidak Signifikan Menambah Tumpukan Sampah

Berita Kawasan

Kabupaten Bekasi Dapat Bantuan Pusat Daur Ulang Sampah dari KLHK

Volume sampah di Kabupaten Bekasi terbilang cukup tinggi, yakni 1800-2000 ton per harinya. Mengingat kondisi sampah di Kabupaten Bekasi terbilang sudah kelebihan muatan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi aktif mengimbau masyarakat untuk sadar akan kebersihan dan juga memilah sampah dari rumah sehingga lebih mudah di daur ulang.

Apalagi, Pemkab Bekasi baru saja menerima bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah. Rencananya PDU Kabupaten Bekasi ini rencananya akan dibangun di wilayan Cikarang Utara.

Kabupaten Bekasi Dapat Bantuan Pusat Daur Ulang Sampah dari KLHK.jpg

Pemberian ini dilansungkan bersamaan dengan peresmian Fasilitas Pengelolaan Sampah di lima Kabupaten Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang dilakukan secara virtual, yakni di Kabupaten Indramayu, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bekasi.

Peresmian ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Uju dan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Peno Suyatno di Command Centre, Kantor Diskominfo Kabupaten Bekasi, pada hari Selasa 16 Juni 2020 seperti dikutip dari humas.bekasikab.go.id.

[Baca Juga: Pemkot Bekasi dan Waste4Change Jalin Kerja Sama Tangani Sampah]

“Mudah-mudahan dengan dibangunnya solusi alternatif ini, kita dapat mengoptimalkan fasilitas ini untuk pengelolaan sampah di Kabupaten Bekasi. Karena kapasitas TPA (Tempat Pembuangan Akhir) kita sudah overload (penuh),” sebut Uju.

PDU yang akan dibangun ini, berkapasitas 10 ton perhari. Uju melanjutkan, PDU ini dapat mengurai sampah dan mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Bekasi. Ia mengatakan, semoga PDU yang diberikan KLHK ini dapat bermanfaat juga bagi kesejahteraan masyarakat.

“Bagaimana permasalahan sampah di Kabupaten Bekasi dapat dikelola dengan baik dan syukur-syukur bisa menghasilkan, ada nilai ekonomisnya. Sehingga, tidak hanya kita mengelola sampah dengan baik, tapi juga ada nilai tambahnya. Semoga bisa bermuara kepada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bekasi,” ujar Uju.

[Baca Juga: Fasilitas Umum di BKT Terbuat dari Bahan Kemasan Daur Ulang]

Uju mengungkapkan, Kabupaten Bekasi secara bertahap dari tahun ke tahun terus mencoba menambah sarana dan prasarana pendukung untuk pengelolaan sampah. Pihak Pemkab Bekasi juga telah membuat beberapa bank sampah dan juga aktif mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Peno Suyatno mengucapkan rasa terima kasihnya kepada KLHK atas bantuan yang diberikan.

“Terimakasih banyak kepada Kementerian Lingkungan Hidup, telah membantu untuk membuat pusat daur ulang. Informasinya, (PDU) bukan hanya dibuat satu di Kabupaten Bekasi,” pungkas Peno.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.