Akibat PSBB, Lebaran Tidak Signifikan Menambah Tumpukan Sampah

Berita Kawasan

Kabupaten Bekasi Dapat Bantuan Pusat Daur Ulang Sampah dari KLHK

Volume sampah di Kabupaten Bekasi terbilang cukup tinggi, yakni 1800-2000 ton per harinya. Mengingat kondisi sampah di Kabupaten Bekasi terbilang sudah kelebihan muatan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi aktif mengimbau masyarakat untuk sadar akan kebersihan dan juga memilah sampah dari rumah sehingga lebih mudah di daur ulang.

Apalagi, Pemkab Bekasi baru saja menerima bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah. Rencananya PDU Kabupaten Bekasi ini rencananya akan dibangun di wilayan Cikarang Utara.

Kabupaten Bekasi Dapat Bantuan Pusat Daur Ulang Sampah dari KLHK.jpg

Pemberian ini dilansungkan bersamaan dengan peresmian Fasilitas Pengelolaan Sampah di lima Kabupaten Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang dilakukan secara virtual, yakni di Kabupaten Indramayu, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bekasi.

Peresmian ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Uju dan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Peno Suyatno di Command Centre, Kantor Diskominfo Kabupaten Bekasi, pada hari Selasa 16 Juni 2020 seperti dikutip dari humas.bekasikab.go.id.

[Baca Juga: Pemkot Bekasi dan Waste4Change Jalin Kerja Sama Tangani Sampah]

“Mudah-mudahan dengan dibangunnya solusi alternatif ini, kita dapat mengoptimalkan fasilitas ini untuk pengelolaan sampah di Kabupaten Bekasi. Karena kapasitas TPA (Tempat Pembuangan Akhir) kita sudah overload (penuh),” sebut Uju.

PDU yang akan dibangun ini, berkapasitas 10 ton perhari. Uju melanjutkan, PDU ini dapat mengurai sampah dan mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Bekasi. Ia mengatakan, semoga PDU yang diberikan KLHK ini dapat bermanfaat juga bagi kesejahteraan masyarakat.

“Bagaimana permasalahan sampah di Kabupaten Bekasi dapat dikelola dengan baik dan syukur-syukur bisa menghasilkan, ada nilai ekonomisnya. Sehingga, tidak hanya kita mengelola sampah dengan baik, tapi juga ada nilai tambahnya. Semoga bisa bermuara kepada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bekasi,” ujar Uju.

[Baca Juga: Fasilitas Umum di BKT Terbuat dari Bahan Kemasan Daur Ulang]

Uju mengungkapkan, Kabupaten Bekasi secara bertahap dari tahun ke tahun terus mencoba menambah sarana dan prasarana pendukung untuk pengelolaan sampah. Pihak Pemkab Bekasi juga telah membuat beberapa bank sampah dan juga aktif mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Peno Suyatno mengucapkan rasa terima kasihnya kepada KLHK atas bantuan yang diberikan.

“Terimakasih banyak kepada Kementerian Lingkungan Hidup, telah membantu untuk membuat pusat daur ulang. Informasinya, (PDU) bukan hanya dibuat satu di Kabupaten Bekasi,” pungkas Peno.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.