Kabupaten Bekasi Menetapkan Duta Baca Periode 2019-2020

Pendidikan

Kabupaten Bekasi Menetapkan Duta Baca Periode 2019-2020

Minat baca masyarakat di Indonesia dibandingkan dengan negara terbilang sangat rendah. Indonesia berada pada posisi ke-60 dari 61 negara yang ada. Maka dari itu, pemerintah mengupayakan berbagai berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan budaya gemar membaca. Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah baru saja menetapkan pemenang Duta Baca Kabupaten Bekasi terpilih periode 2019-2020, di Graha Pariwisata Cikarang Timur.

Duta Baca yang terpilih akan bertugas untuk menjadi motivator atau inspirasi untuk kaum muda untuk meningkatkan minat baca di Kabupaten Bekasi. Ajang pemilihan Duta Baca Kabupaten Bekasi, diikuti 94 peserta mulai dari SD (Sekolah Dasar) maupun SMP (Sekolah Menengah Pertama).

[Baca Juga: Kegiatan Literasi di Taman Suropati Tingkatkan Minat Baca]

Asisten Administrasi Umum (Asda III) Suhup mengatakan, gemar membaca harus ditanamkan sejak dini agar membaca menjadi kegemaran yang kemudian menjadi kebiasaan, lanjut menjadi suatu kebutuhan yang tumbuh dan kembang menjadi budaya, sehingga berimplikasi terhadap terciptanya masyarakat pembelajar. Maka dari itu, sosok Duta Baca yang masih muda dan segar sangat dibutuhkan.

"Saya yakin, minat baca masyarakat Kabupaten Bekasi tidak rendah, kita lihat dari angka kunjungan ke perpustakaan yang makin lama makin meningkat. Pameran perpustakaan, selalu diserbu masyarakat," kata Suhup.

Menurut lansiran humas.bekasi.go.id (10/9/2019) Perpustakaan Kabupaten Bekasi telah memiliki koleksi buku sebanyak 13.446 judul dan 49.413 eksemplar buku. Koleksi ini pun terus bertambah setiap tahunnya, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

[Baca Juga: Lomba Dongeng Tingkat Kota Dorong Minat Baca]

"Saya berharap Duta Baca bisa meningkatkan angka kunjungan perpustakaan dan mampu menularkan gemar membaca kepada lingkungannya. Dengan begitu Duta Baca bersama Pemda bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat," lanjut Suhup.

Suhup kembali melanjutkan, ia dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memiliki upaya untuk meningkatkan minat baca serta menjawab tantangan global. Pihaknya akan membuat program gerakan tersendiri, yakni program I-Bekasikab. Program ini sudah bisa ditemukan di perpustakaan Kabupaten Bekasi di wilayah Cifest, namun masih menunggu infrastruktur dan fasilitas yang lebih lengkap.

"Saya berharap perpustakaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan bacaan warga Kabupaten Bekasi. Maka diperlukan sekali duta baca sebagai ikon Kabupaten Bekasi untuk mengampanyekan serta mengajak mengunjungi perpustakaan dan menyebarkan literasi di masyarakat," ujar Suhup.

Read More

Artikel Lainnya

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos Berdampak Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Bisnis

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bantuan Modal, Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

13 August 2020, 16:00

Ini tak terlepas dari salah satu syarat yang mesti dipenuhi pelaku UMKM untuk bisa mengajukan bantuan, yakni memiliki rekening di bank BUMN.

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan untuk PJJ

Pendidikan

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan Siswa untuk PJJ

13 August 2020, 15:00

Selain di lingkungan masyarakat, para siswa yang membutuhkan akses internet juga dapat menggunakan fasilitas internet gratis di gedung milik pemerintah.

Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan.jpg

Berita Kawasan

Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan

13 August 2020, 14:00

Walau status zona merah COVID-19 sudah hilang dari Kota Pahlawan, Pemkot Surabaya pastikan tidak akan melonggarkan protokol kesehatannya demi mempertahankan kondisi zona oranye.

Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM .jpg

Bisnis

Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM

13 August 2020, 12:00

Demi memastikan mutu dagangannya, puluhan jamu gendong di Kota Gudeg menerima sertifikat dari BPOM.


Comments


Please Login to leave a comment.