Kabupaten Bekasi Menetapkan Duta Baca Periode 2019-2020

Pendidikan

Kabupaten Bekasi Menetapkan Duta Baca Periode 2019-2020

Minat baca masyarakat di Indonesia dibandingkan dengan negara terbilang sangat rendah. Indonesia berada pada posisi ke-60 dari 61 negara yang ada. Maka dari itu, pemerintah mengupayakan berbagai berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan budaya gemar membaca. Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah baru saja menetapkan pemenang Duta Baca Kabupaten Bekasi terpilih periode 2019-2020, di Graha Pariwisata Cikarang Timur.

Duta Baca yang terpilih akan bertugas untuk menjadi motivator atau inspirasi untuk kaum muda untuk meningkatkan minat baca di Kabupaten Bekasi. Ajang pemilihan Duta Baca Kabupaten Bekasi, diikuti 94 peserta mulai dari SD (Sekolah Dasar) maupun SMP (Sekolah Menengah Pertama).

[Baca Juga: Kegiatan Literasi di Taman Suropati Tingkatkan Minat Baca]

Asisten Administrasi Umum (Asda III) Suhup mengatakan, gemar membaca harus ditanamkan sejak dini agar membaca menjadi kegemaran yang kemudian menjadi kebiasaan, lanjut menjadi suatu kebutuhan yang tumbuh dan kembang menjadi budaya, sehingga berimplikasi terhadap terciptanya masyarakat pembelajar. Maka dari itu, sosok Duta Baca yang masih muda dan segar sangat dibutuhkan.

"Saya yakin, minat baca masyarakat Kabupaten Bekasi tidak rendah, kita lihat dari angka kunjungan ke perpustakaan yang makin lama makin meningkat. Pameran perpustakaan, selalu diserbu masyarakat," kata Suhup.

Menurut lansiran humas.bekasi.go.id (10/9/2019) Perpustakaan Kabupaten Bekasi telah memiliki koleksi buku sebanyak 13.446 judul dan 49.413 eksemplar buku. Koleksi ini pun terus bertambah setiap tahunnya, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

[Baca Juga: Lomba Dongeng Tingkat Kota Dorong Minat Baca]

"Saya berharap Duta Baca bisa meningkatkan angka kunjungan perpustakaan dan mampu menularkan gemar membaca kepada lingkungannya. Dengan begitu Duta Baca bersama Pemda bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat," lanjut Suhup.

Suhup kembali melanjutkan, ia dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memiliki upaya untuk meningkatkan minat baca serta menjawab tantangan global. Pihaknya akan membuat program gerakan tersendiri, yakni program I-Bekasikab. Program ini sudah bisa ditemukan di perpustakaan Kabupaten Bekasi di wilayah Cifest, namun masih menunggu infrastruktur dan fasilitas yang lebih lengkap.

"Saya berharap perpustakaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan bacaan warga Kabupaten Bekasi. Maka diperlukan sekali duta baca sebagai ikon Kabupaten Bekasi untuk mengampanyekan serta mengajak mengunjungi perpustakaan dan menyebarkan literasi di masyarakat," ujar Suhup.

Read More

Artikel Lainnya

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

Berita Kawasan

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

18 November 2019, 19:00

Euis Kurniawati adalah salah satu nominasi Ibu Ibukota Awards Bidang Pelestarian Lingkungan. Simak #AksiHidupBaik yang dilakukannya di sini.

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

Berita Kawasan

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

18 November 2019, 18:00

Kapal pembersih sungai yang diberikan oleh Waste4Change ini mampu menjaring sampah setidaknya 200-300 kilogram.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Kesehatan

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

18 November 2019, 17:00

Pemilihan sepatu lari yang pas berpengaruh terhadap performa loh. Salah-salah malah bikin kaki kamu terkilir. Berikut tips bagi kalian yang ingin membeli sepatu lari.

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

Berita Kawasan

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

18 November 2019, 16:00

Gedung sekolah yang kini menjadi SMPN 1 Jakarta ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Inilah sejarah sekolah pribumi pertama di Batavia.


Comments


Please Login to leave a comment.