Kabupaten Bekasi Resmikan Gerai Cepat untuk Layanan Publik Dukcapil

Berita Kawasan

Kabupaten Bekasi Resmikan Gercep untuk Layanan Publik Dukcapil

Demi meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Bekasi resmi membuka Gerai Cepat (Gercep) Layanan Publik Dukcapil di Sentra Grosir Cikarang, Jalan R.E Marttadinata Nomor 95, Cikarang Utara (30/10/2019). Hal tersebut, dilakukan sebagai upaya mewujudkan pelayanan publik yang cepat dan lebih terjangkau lokasinya untuk masyarakat.

Gercep terletak di lantai 2 food court Sentra Grosir Cikarang (SGC). Nantinya, di Gercep masyarakat bisa melakukan perekaman KTP elektronik, percetakan KTP elektronik atau surat keterangan (suket), kartu keluarga, akta kelahiran atau kematian, dan kartu identitas anak (KIA).

[Baca Juga: Kabupaten Bekasi Resmi Luncurkan Program GERMAS]

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menyebutkan, dalam waktu dekat mall pelayanan publik juga akan dibuka. Dirinya juga mengajak kepada Kepala Perangkat Daerah khususnya yang melakukan pelayanan publik. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi Hudaya mengutarakan, tujuan dilakukannya Gercep Dukcapil adalah untuk memperluas jangkauan. Agar terwujud pelayanan publik yang cepat dan terjangkau.

Gercep sudah diuji coba sejak tanggal 14 Oktober, jumlah tamu yang datang sejak hari pertama pun ramai bahkan tak pernah sepi. Waktu penyelesaian dokumen di Gercep pun lebih cepat daripada di kantor. Hudaya menyampaikan, jam kerja Pelayanan Gercep Dukcapil selama enam hari. Pada Senin-Jumat dengan jam operasional pukul 09.00-15.00 WIB, sedangkan pada Sabtu buka pukul 09.00-14.00 WIB.

[Baca Juga: Eka Supria Akan Benahi Kabupaten Bekasi dengan 8 Program Ini]

Pihaknya mengakui, saat ini untuk percetakan KTP elektronik terkendala oleh terbatasnya jumlah blangko yang diberikan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebagai bupati, Eka menyebutkan pihaknya sudah melakukan berbagai upaya, salah satunya melobi Kemendagri terkait masalah kekurangan blangko.

Deputi Building Sentra Grosir Cikarang Ridwan Arifin mengatakan, pihaknya telah menyediakan tempat untuk pelayanan Gercep Dukcapil secara gratis. Tambahnya, itu adalah ruang publik yang disediakan untuk pelayanan kepada masyarakat. “Semoga kerja sama ini akan terus berlanjut. Selain itu, semoga program yang dijalankan Pemda Kabupaten Bekasi dalam hal pelayanan publik dapat berjalan maksimal sehingga Kabupaten Bekasi baru bisa terlaksana dengan baik dan sesuai harapan,” kata Ridwan.

Read More

Artikel Lainnya

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Pendidikan

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

15 December 2019, 16:00

Workshop Inovasi Pendidikan bertujuan ingin menyamakan persepsi tentang perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik.

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Berita Kawasan

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

15 December 2019, 15:00

Banyak fasilitas umum gratis disediakan di Taman Utan Jati. Warga setempat bisa menikmatinya kapan pun secara gratis.

Review Knives Out Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

Berita Kawasan

Review Knives Out: Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

15 December 2019, 14:00

Bukan hanya jual nama artis-artis besar, film Knives Out juga menghibur dengan plot yang sudah jarang ditemui. Inilah pilihan terbaik film akhir tahun untuk Anda.

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

Properti dan Solusi

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

15 December 2019, 13:00

Synthesis Development secara resmi mengadakan acara topping off untuk hunian kelas atas di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.


Comments


Please Login to leave a comment.