Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

Berita Kawasan

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

Pesta Rawa Binong atau Ritual Hajat Bumi Pentas Seni dan Budaya yang dilaksanakan pada 14 September 2019 lalu dihadiri Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bekasi, Camat Cikarang Pusat, Kapolsek Cikarang Pusat dan Ketua Bumdesa Hegarmukti. Acara ini digelar di Desa Hegarmukti, Cikarang Pusat.

Pesta hajat Rawa Binong ini dilaksanakan tiap tahun sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para leluhur dan sebagai wujud syukur masyarakat atas nikmat dan karunia Tuhan yang telah didapatkan.

[Baca Juga: 4 Pilihan Hotel dekat Tempat Wisata di Kabupaten Bekasi]

Sebagaimana dilansir dari humas.bekasikab.go.id (17/9/2019) Eka menyebutkan, kegiatan ini sejalan dengan peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Ia juga mengapresiasi peran Kepala Desa Hegarmukti beserta semua jajaran pengurus Bumdes yang dapat bersinergi dengan kelompok sadar wisata Situ Binong untuk mengupayakan perkembangan potensi wisata yang ada.

Menurut Eka, Pesta Rawa Binong merupakan tempat atau sarana yang tepat dan juga strategis untuk menampilkan produk-produk unggulan dari Bumdes. "Keberadaan Bumdes di Rawa Binong juga bisa menambah daya tarik tersendiri bagi Pesta Rawa Binong," ujar Eka. Ia juga memaparkan, seni dan budaya lokal merupakan ujung tombak pariwisata Indonesia, sehingga harus terus dilestarikan melalui Pesta Rawa Binong.

[Baca Juga: Kenalkan, Taman Limo Jatiwangi Tempat Wisata Keluarga di Bekasi]

Eka menyebutkan, Desa Hegarmukti memiliki potensi wisata yang besar karena memiliki Situ Binong. Lokasi ini juga akan dipersiapkan menjadi ikon pariwisata Kabupaten Bekasi. Keberadaan Situ Binong di wilayah ibukota Kabupaten Bekasi, telah didukung sarana dan prasarana serta infrastruktur jalan yang baik, memiliki akses langsung ke pintu tol Cikarang Pusat dan berada di antara kawasan industri besar Asia.

"Semoga objek wisata Situ Binong diharapkan mampu mengundang wisatawan mancanegara. Saya secara pribadi merasa bangga atas inisiatif panitia pesta Rawa Binong tahun ini karena bisa sinergi dengan berbagai kalangan. Mudah-mudahan, ke depannya Situ Binong bisa menjadi pusat oleh-oleh dan cenderamata Kabupaten Bekasi," ucap Eka.

Ketua Pesta Hajat Rawa Binong Doni Ardon menyebutkan, Pesta Hajat Rawa Binong tahun ini bertemakan Warisan Seni Budaya sebagai Pesona Pariwisata Indonesia. Doni memaparkan pihaknya juga siap menjadi pusat cendera mata Kabupaten Bekasi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya produk unggulan dan unik yang didatangkan dari setiap desa se-Kabupaten Bekasi.

[Baca Juga: Ekowisata Hutan Mangrove Bekasi]

Alhamdulillah, acaranya sesuai harapan. Masyarakat bersuka cita menyambut keputusan Bupati Bekasi yang secara resmi menetapkan Situ Rawa Binong sebagai objek wisata,” ujar Doni.

Pesta Rawa Binong tersebut berlangsung selama tiga hari yakni mulai 14-16 September 2019. Dalam acara ini, terdapat gelaran seni budaya, juga ada lomba seni tradisional dan lomba musik etnik, lomba fotografi dan fun bike. Kemudian ada juga kegiatan BUMDes Expo, yang didalamnya terdapat beberapa acara diantaranya ada BUMDes Award, Business Expo, dan Rawa Binong Award.

Pesta Hajat Rawabl Binong menampilkan 10 seniman Ibing Pencug hasil seleksi lomba yang digelar pada 10 September 2019 lalu. Selain itu, sejumlah padepokan dan sanggar seni turut menampilkan jagoan ibing pencugnya untuk memeriahkan Pesta Rawa Binong. Di akhir acara, Eka menandatangani prasasti peresmian obyek wisata Rawa Binong.

Read More

Artikel Lainnya

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Berita Kawasan

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

26 February 2020, 14:15

Akting memukau Elisabeth Moss membuat The Invisible Man tak hanya sukses membius penonton. Aktingnya menguatkan pesan dampak psikologis dari abusive relationship.


Comments


Please Login to leave a comment.