Kabupaten Bogor Dapat Penghargaan Berkat Sidalimu Daliya

Berita Kawasan

Kabupaten Bogor Dapat Penghargaan Berkat Sidalimu Daliya

Sidalimu Daliya atau Sistem Informasi Kendali Mutu dan Kendali Biaya merupakan sistem yang dimiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi. Inovasi pelayanan publik ini berhasil banggakan Kabupaten Bogor karena berhasil menembus Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Tahun 2019 yang digawangi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Kabupaten Bogor Dapat Penghargaan Berkat Sidalimu Daliya

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan secara langsung menerima penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla. Pemberian penghargaan ini dilakukan di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jalan Medan merdeka Selatan No.6, Jakarta Pusat pada 15 Oktober 2019.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Raih Penghargaan dari Kemendagri]

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menyebukan, Sidalimu Daliya muncul berkat isu strategis Nasional dan permasalahan era JKN Universal Coverage BPJS, di mana banyak RSUD yang mengalami kesulitan karena pasien jumlahnya meningkat serta nilai paket layanan dihargai rendah oleh tarif INA CBGs, dokter juga merasa jasa medis kecil, ketersediaan obat tidak sesuai dengan kebutuhan, serta mutu pelayanan yang belum sesuai standar, sehingga banyak rumah sakit nyaris bangkrut.

Karena permasalahaan itulah, lahir inovasi Sidalimu Daliya untuk mendorong peningkatan mutu agar lebih efisien. Pelayanan juga fokus kepada pasien dan mendorong adanya kerja sama tim. Iwan melanjutkan, Sidalimu Daliya merupakan inovasi yang awalnya dilakukan RSUD Ciawi. Dengan sistem ini, mutu layanan dapat terjaga biaya pelayanan terkendali, serta kepuasan pasien juga terjaga, mampu tercipta biaya efektif dan efisien tanpa mengesampingkan mutu layanan.

[Baca Juga: Dinkes Kabupaten Bogor Ajak Cegah HIV/AIDS]

Melansir dari bogorkab.go.id (17/10/2019), Iwan juga melanjutkan, sebelum adanya sistem ini pelayanan pasien rawat inap belum bisa ter-monitoring. Namun karena ada sistem ini, dapat terlihat peningkatan penggunaan obat sesuai formulariun nasional, efisiensi pembiayaan, serta peningkatan kepuasan pasien yang didapatkan melalui survei.

Iwan pun meminta kepada seluruh RSUD dan rumah sakit swasta di Kabupaten Bogor untuk membuat inovasi terkait pengendalian mutu dan biaya di bidang kesehatan dengan harapan prestasi yang sudah didapatkan RSUD Ciawi dapat berlanjut hingga jenjang yang lebih tinggi, misalnya Sidalimu Daliya bisa saja mewakili Indonesia berkompetisi di tingkat dunia pada United Public Service Award (UNPSA) yang diselenggarakan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.