Kabupaten Bogor Dapat Penghargaan Berkat Sidalimu Daliya

Berita Kawasan

Kabupaten Bogor Dapat Penghargaan Berkat Sidalimu Daliya

Sidalimu Daliya atau Sistem Informasi Kendali Mutu dan Kendali Biaya merupakan sistem yang dimiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi. Inovasi pelayanan publik ini berhasil banggakan Kabupaten Bogor karena berhasil menembus Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Tahun 2019 yang digawangi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Kabupaten Bogor Dapat Penghargaan Berkat Sidalimu Daliya

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan secara langsung menerima penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla. Pemberian penghargaan ini dilakukan di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jalan Medan merdeka Selatan No.6, Jakarta Pusat pada 15 Oktober 2019.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Raih Penghargaan dari Kemendagri]

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menyebukan, Sidalimu Daliya muncul berkat isu strategis Nasional dan permasalahan era JKN Universal Coverage BPJS, di mana banyak RSUD yang mengalami kesulitan karena pasien jumlahnya meningkat serta nilai paket layanan dihargai rendah oleh tarif INA CBGs, dokter juga merasa jasa medis kecil, ketersediaan obat tidak sesuai dengan kebutuhan, serta mutu pelayanan yang belum sesuai standar, sehingga banyak rumah sakit nyaris bangkrut.

Karena permasalahaan itulah, lahir inovasi Sidalimu Daliya untuk mendorong peningkatan mutu agar lebih efisien. Pelayanan juga fokus kepada pasien dan mendorong adanya kerja sama tim. Iwan melanjutkan, Sidalimu Daliya merupakan inovasi yang awalnya dilakukan RSUD Ciawi. Dengan sistem ini, mutu layanan dapat terjaga biaya pelayanan terkendali, serta kepuasan pasien juga terjaga, mampu tercipta biaya efektif dan efisien tanpa mengesampingkan mutu layanan.

[Baca Juga: Dinkes Kabupaten Bogor Ajak Cegah HIV/AIDS]

Melansir dari bogorkab.go.id (17/10/2019), Iwan juga melanjutkan, sebelum adanya sistem ini pelayanan pasien rawat inap belum bisa ter-monitoring. Namun karena ada sistem ini, dapat terlihat peningkatan penggunaan obat sesuai formulariun nasional, efisiensi pembiayaan, serta peningkatan kepuasan pasien yang didapatkan melalui survei.

Iwan pun meminta kepada seluruh RSUD dan rumah sakit swasta di Kabupaten Bogor untuk membuat inovasi terkait pengendalian mutu dan biaya di bidang kesehatan dengan harapan prestasi yang sudah didapatkan RSUD Ciawi dapat berlanjut hingga jenjang yang lebih tinggi, misalnya Sidalimu Daliya bisa saja mewakili Indonesia berkompetisi di tingkat dunia pada United Public Service Award (UNPSA) yang diselenggarakan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.