Kabupaten Bogor Promosikan Perikanan Lewat Festival Minapolitan

Berita Kawasan

Kabupaten Bogor Promosikan Perikanan Lewat Festival Minapolitan

Potensi perikanan di Kabupaten Bogor terus didukung dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di sektor perikanan. Salah satunya dengan adanya ketetapan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menyebutkan Kabupaten Bogor menjadi salah satu dari 197 Kabupaten/Kota yang menjadi kawasan minapolitan.

Keputusan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bogor No.523.31/227/Kpts/Huk/2010, dengan empat lokasi kawasan minapolitan, yaitu Kecamatan Ciseeng, Parung, Gunung Sindur, dan Kecamatan Kemang.

[Baca Juga: Kerajinan Koran Bekas Bisa Capai Omzet 15 Juta per Bulan]

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor Siti Farikah, keempat kecamatan tersebut memang sangat potensial untuk pengembangan perikanan karena letaknya yang strategis dan didukung dengan sumber daya lahan dan air yang memadai, akses jalan yang cepat dan jangkauan pasar yang cukup luas.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor mengadakan Festival Minapoliyan. Festival ini terdiri dari dua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 6 dan 9 April 2019. Pada tanggal 6 April 2019 dilaksanakan kegiatan Restocking benih ikan di Setu (terdiri dari 100.000 ekor ikan: Tawes, Nila, Nilem, Lalawak, Grasscarp) serta Lintas alam dan Funbike Minapolitan.

[Baca Juga: Bupati Bogor Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Boling]

Pada tanggal 9 April 2019 merupakan puncak acara Festival Minapolitan dan akan dibuka langsung oleh Bupati Bogor Ade Yasin. Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain:

  • Peluncuran Kawasan Perbenihan (Kecamatan Ciampea, Dramaga, Tenjolaya, Rancabungur, Pamijahan, dan Cibungbulang)
  • Gerakan Makan Ikan (GEMARIKAN) 1.000 Porsi Lele
  • Gerakan Minum Susu (GERIMIS)
  • Penyerahan Sertifikat Budidaya dan Pengolahan Produk Perikanan dan Peternakan
  • Pengumuman lomba sexing DO
  • Lomba Yel-Yel Umum dan Sekolah
  • Lomba Mewarnai Tingkat TK dan SD
  • Lomba Mancing di Kolam Minapolitan
  • Penyerahan Hibah Ternak dan Ikan
  • Pelayanan Kesehatan Ikan dan Hewan
  • Pembagian Kartu KUSUKA
  • Demo Masak Olahan Ikan dengan Mobil ATI

[Baca Juga: Warga Tanjung Priok Manfaatkan Saluran Air untuk Budidaya Lele]

"Melalui kegiatan Festival Minapolitan tersebut diharapkan dapat mengingatkan kembali kepada mayarakat mengenai potensi wilayah minapolitan dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat perikanan di Kabupaten Bogor, meningkatkan pengetahuan mengenai aneka produk olahan yang bernilai ekonomi, meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai nilai gizi produk perikanan, menfasilitasi masyarakat untuk mengakses permodalan kepada Perbankan serta meningkatkan kecintaan genarasi muda terhadap dunia perikanan," ujar Siti seperti dilansir dari bogorkab.go.id (2/4/2019).

Read More

Artikel Lainnya

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.


Comments


Please Login to leave a comment.