eperda1.jpg

Berita Kawasan

Kabupaten Bogor Sambut Aplikasi ePerda

Pesatnya laju perkambangan jaman saat ini menuntut kita untuk beradaptasi dalam dunia teknologi digital. Kemudahan dan efisiensi penggunaannya pun membuat kita lebih praktis dalam melakukan pekerjaan. Dari segi Pemerintahan pun Indonesia tengah mengembangkan dunia teknologi digital atau yang lebih familiar kita dengar dengan 4.0 untuk mengatur birokrasi agar lebih mudah dan transparan. Salah satu inovasi yang baru saja diluncurkan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) adalah e-Perda.

eperda.jpg

e-Perda merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Kemendagri untuk meningkatkan kecepatan teknologi, informasi, dan komunikasi. Menurut informasi dalam laman kemendagri.go.id yang diakses oleh PingPoint (16/04/21), Ditjen Otonomi Daerah Akmal Malik mengatakan bahwa aplikasi e-Perda adalah sebuah terobosan yang dilahirkan Kemendagri melalui Ditjen Otonomi Daerah untuk menyediakan aplikasi layanan berbasis digital bagi Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kecepatan teknologi, informasi dan komunikasi dalam hal fasilitas dan koordinasi seluruh rancangan produk hukum daerah.

[Baca Juga: Perda Kawasan Tanpa Rokok Wali Kota Bogor Dapat Penghargaan WHO]

Mendukung program Kemendagri, Kabupaten Bogor yang diwakili oleh Iwan Setiawan selaku Wakil Bupati menghadiri peluncuran Peraturan Daerah (Perda) yang berbasis elektronik tersebut secara virtual pada hari Jumat, 16 April 2021. Iwan menyambut baik Aplikasi e-Perda ini, menurutnya e-Perda di Jawa Barat merupakan aplikasi layanan berbasis digital bagi pemerintah daerah secara tematik. “Hal ini tujuannya agar produk hukum itu sejalan dan harmonis dengan peraturan perundang-undangan serta kebijakan pembangunan nasional yang telah ditetapkan pemerintah,” ungkap Iwan dalam laman bogorkab.go.id (16/04/21).

eperda2.jpg

Iwan pun berpendapat bahwa e-Perda akan sangat memberikan kemudahan bagi Pemerintah Daerah. Karena dengan adanya e-Perda, Pemerintah Daerah dapat melakukan efisiensi waktu dan proses birokrasi yang berbelit-belit. Selain Iwan Setawan, Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil pun menjelaskan tujuan diluncurkannya e-Perda Provinsi Jawa Barat antara lain:

  1. Kecepatan dan ketepatan system yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja melalui jaringan internet
  2. Keterbukaan informasi
  3. Menyediakan informasi secara lengkap dan transparan
  4. Akuntabel

eperda3.jpg

Kang Emil pun menambahkan bahwa dengan adanya e-Perda akan mewujudkan terciptanya clean and good governace. “Dengan e-Perda dapat mendorong terciptanya clean and good governance, meminimalkan tatap muka antara pejabat pusat dan pejabat daerah serta efisensi karena menghemat biaya dan membatasi kunjungan kerja dan kunjungan antar daerah.” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.