Kabupaten Tangerang Jadi Contoh Sanitasi dan Air Bersih

Berita Kawasan

Kabupaten Tangerang Jadi Contoh Sanitasi dan Air Bersih

Kebutuhan sanitasi dan air bersih merupakan kebutuhan masyarakat. Tak banyak kepala daerah yang belum memiliki program masalah sanitasi dan air bersih. Di antara Bupati dan Walikota se-Indonesia, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dinilai sukses menangani masalah sanitasi di Kabupaten Tangerang, sehingga Zaki didapuk menjadi salah-satu narasumber dalam acara CSS (City Sanitation Summit) XIX Tahun 2019 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Melansir laman tangerangkab.go.id (25/09/2019), Zaki merasa perlu mengelola persoalan sanitasi di Kabupaten Tangerang dengan baik. Dengan adanya sanitasi yang baik, layak, dan sehat, maka kesejahteraan masyarakat juga ikut meningkat. Ia berharap dari acara CSS ini bisa menjadi contoh di daerah-daerah lain dengan menjadikan pengelolaan sanitasi yang aman, baik, layak, dan sehat bagi masyarakat.

[Baca Juga: Universitas Indonesia Bantu Pemerintah Depok Atasi Masalah Sanitasi]

Zaki mengungkapkan, Kabupaten Tangerang telah berusaha memenuhi kebutuhan sanitasi bagi masyarakat dengan beberapa program unggulan dan tertuang dalam RPJMD seperti, Sanitasi Sekolah (SD, SMP, SMA), Sanitren (Sanitasi Pesantren), Gebrak Pakumis (Gerakan Bersama Rakyat Atasi Pemukiman Kumuh dan Miskin), dan Gerbang Mapan (Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai). Dirinya mengucapkan terima kasih kepada USAID yang memberikan support kepada Kabupaten Tangerang yang juga memberikan support terus menerus untuk daerah-daerah dalam masalah pemenuhan akses sanitasi yang aman, sehat, baik, dan bersih bagi masyarakat, dalam mewujudkan SDG's (Sustainable Developtment Goals).

“Kabupaten Tangerang akan sangat siap untuk menjadi tuan rumah pada event City Sanitation Summit (CSS) pada tahun berikutnya yaitu pada bulan Oktober sekaligus merayakan HUT Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

[Baca Juga: 5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari di Musim Kemarau]

Selain Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar yang didaulat menjadi narasumber, ada juga Wakil Bupati Gresik. Dalam acara tersebut hadir beberapa kepala daerah Bupati/Walikota se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI).

Sementara itu, Jason Foley is USAID's Deputy Assistant Administrator (DAA) of the Bureau for the Middle East memberikan apresiasi kepada Bupati Tangerang yang telah memberikan pembelajaran masalah sanitasi aman yang berkelanjutan. Jason berharap setelah acara CSS ini bisa menggugah para kepala daerah lain untuk menerapkan program yang telah digulirkan Kabupaten Tangerang dalam masalah penanganan sanitasi bagi masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.