ASN 2.jpg

Berita Kawasan

Kabupaten Tangerang Kembangkan Aplikasi ASN Berbasis Digital

Laju digitalisasi dalam setiap lini di perangkat pemerintah daerah terus berkembang. Termasuk di Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus berupaya melakukan proses pengembangan digitalisasi dalam menunjang efektivitasi dan optimalisasi pelaksanaan kebijakan. Setelah sebelumnya pengembangan yang dilakukan berbasis menunjang pelayanan, kini aplikasi yang dikembangkan menyasar khusus untuk kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Terbaru, produk pengembangan aplikasi berbasis digital untuk para ASN telah disosialisasikan dan siap untuk diterapkan. Bertempat di Hotel Lemo, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, aplikasi tersebut diperkenalkan ke seluruh pegawai ASN Kecamatan se Kabupaten Tangerang, Kamis, 4 November 2021, kemarin.

ASN 1.jpg

Aplikasi yang diberi sematan tajuk Aparatur Sipil Negara Gemilang (ASN-G) dan Sistem Manajemen Persuratan Elektronik (Simpatik) tersebut berguna untuk menjadi media layanan kepegawaian dan mempermudah proses manajamen data kepegawaian. Selebihnya, membantu untuk memperlancar proses perbaikan dan reformasi manajemen birokrasi yang sedang gencar diperhatikan.

“Aplikasi ini merupakan integrasi dari aplikasi rumpun kepegawaian, seperti aplikasi SiPendekar. Dengan harapan dapat mempermudah pegawai ASN dalam mengurus dan mengupdate datanya,” ujar Kepala Bidang Aplikasi Informatika Kabupaten Tangerang Dias Mardibowo.

[Baca Juga: ASN dan Pimpinan Pemkot Kompak Urunan Bantu Warga Tangerang]

Selain untuk mengurus data administrasi, aplikasi ASN-G ini juga berperan sebagai medium yang memfasilitasi kinerja para ASN melalui absensi secara daring. Melaluinya, nantinya kinerja para ASN melalui absensi dapat dilakukan secara mudah, cepat, dan ketat pengawasan, karena aplikasi ASN-G dapat diakses oleh para pengguna tanpa terbatas kendala lokasi penggunaan. Sehingga kinerja para ASN menjadi lebih teratur dan meminimalkan penyalahgunaan kesempatan serta wewenang.

“Untuk absensi, itu bisa di mana saja. Bisa dilakukan di luar kantor, bisa di dalam kantor. Akan tetapi, yang membedakan adalah jika berada di luar kantor harus ada persetujuan dari pimpinannya, dalam aplikasi ini juga dapat mendeteksi lokasi pegawai tersebut. Jika melakukan absensi di luar kantor juga harus melampirkan bukti berupa foto.” Lanjut Dias, ketika menjelaskan prosedur penggunaan aplikasi ASN-G untuk para ASN.

Tak hanya itu, aplikasi ini diperlengkapi dengan sistem teknologi terbaru yang dikembangkan untuk pencegahan korupsi sampai di tingkat paling kecil lapisan kerja birokrasi. Menggunakan fitur WBS (Whistle Blowing System), pelaporan, pemantauan, dan penindakan tindak korupsi dapat memfasilitasi secara mudah melalui aplikasi digital ini.

ASN-G.jpg

“Di dalam aplikasi ASN-G ini ada menu WBS (Whistle Blowing System) yang dapat dipergunakan untuk melaporkan Tindakan korupsi yang dipantau langsung oleh Inspektorat. Hal tersebut juga akan membantu untuk menarik suatu kebijakan.” Jelasnya.

Aplikasi lain yang dikembangkan dan mulai diterapkan, yakni Simpatik. Untuk aplikasi ini khusus digunakan untuk membantu proses administrasi birokrasi, terkhusus perihal surat menyurat. Sehingga segala proses dapat terfasilitasi secara cepat dengan potensi kesalahan yang jauh lebih kecil.

Kedua aplikasi tersebut akan diterapkan untuk seluruh lapisan ASN mulai tingkat Kabupaten sampai Kecamatan di wilayah Kabupaten Tangerang, serta menyasar seluruh bidang dan turunan perangkat kerja lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.