Kadin Provinsi DKI Siap Bantu Kembangkan UKM di Jakarta Selatan

Bisnis

Kadin Provinsi DKI Siap Bantu Kembangkan UKM di Jakarta Selatan

Kurangnya lapangan kerja di Ibu Kota membuat pemerintah terus-terusan menggalakkan program usaha. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk jadi pengusaha dan membuka lapangan kerja untuk orang lain. Berbagai program dilakukan oleh pemerintah Jakarta untuk mendukung masyarakat yang ingin menjadi pengusaha misalnya Pelatihan Kewirausahaan Terpadu (PKT). Usai mengikuti pelatihan, biasanya masyarakat dipantau untuk menjalankan bisnisnya.

Ada yang memilih menjual barangnya dengan cara promosi offline seperti mengikuti bazar, membuka toko, atau menggunakan gerobak. Ada juga yang memanfaatkan internet khususnya media sosial untuk meningkatkan penjualan. Dilansir dari kontan.co.id (3/10/2019) hasil riset Paxel Buy & Send Insight tahun 2019 menunjukkan bahwa usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia yang berjualan online, lebih banyak mengandalkan, aplikasi Whatsapp (WA) dibandingkan situs e-commerce atau marketplace.

[Baca Juga: Dukung UMKM, Modalku Hadirkan Layanan Modal Pasar]

Apapun cara yang dipilih tentunya memiliki manfaat dan kekurangan masing-masing. Di saat sedang mengembangkan bisnis ini lah fungsi pemerintah daerah dibutuhkan. Maka dari itu Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi DKI Jakarta, siap untuk membantu dalam membesarkan UMKM di Jakarta Selatan. Sebagai salah satu langkah, Kadin ingin memberi sumbangsih saran terkait dengan industri di Jakarta Selatan.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta Diana Dewi, saat beraudiensi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan di Ruang Rapat Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan.

“Ke depannya, apabila membuat kebijakan serta implementasi Jakarta selatan khususnya mengenai pengusaha, kami berharap kami diikutsertakan. Dengan kemitraan kita, kami berharap dapat memberikan solusi untuk dapat membantu. Karena tak kenal maka tidak sayang,” ujar Diana.

[Baca Juga: Pelatihan Menjahit Gamis untuk Ibu-Ibu di Palmerah]

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali pun menanggapi positif hal tersebut. Menurut Marullah, apa yang diutarakan Kadin Provinsi DKI Jakarta, sejalan dengan keinginan Gubernur Provinsi DKI Jakarta untuk membesarkan usaha yang masih kecil.

“Gubernur sering membicarakan untuk mengembangkan bisnis yang kecil. Yang besar bakal besar. Kadin juga ada pedagang besar dan kecil. Itu prioritas kita. Pesan gubernur pada kita tugas anda satu di antaranya besarkan yang kecil-kecil,” kata Marullah.

Marullah menambahkan, kolaborasi yang aktif dapat menimbulkan potensi-potensi positif di dalamnya. “Kadin DKI Jakarta hadir di kesempatan ini punya makna bagi kita semuanya, Kadin itu sudah menjadi bagian pemerintah bukan hanya di kota, namun juga provinsi bahkan di tingkat nasional,” sebut Marullah.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.