Kadin Provinsi DKI Siap Bantu Kembangkan UKM di Jakarta Selatan

Bisnis

Kadin Provinsi DKI Siap Bantu Kembangkan UKM di Jakarta Selatan

Kurangnya lapangan kerja di Ibu Kota membuat pemerintah terus-terusan menggalakkan program usaha. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk jadi pengusaha dan membuka lapangan kerja untuk orang lain. Berbagai program dilakukan oleh pemerintah Jakarta untuk mendukung masyarakat yang ingin menjadi pengusaha misalnya Pelatihan Kewirausahaan Terpadu (PKT). Usai mengikuti pelatihan, biasanya masyarakat dipantau untuk menjalankan bisnisnya.

Ada yang memilih menjual barangnya dengan cara promosi offline seperti mengikuti bazar, membuka toko, atau menggunakan gerobak. Ada juga yang memanfaatkan internet khususnya media sosial untuk meningkatkan penjualan. Dilansir dari kontan.co.id (3/10/2019) hasil riset Paxel Buy & Send Insight tahun 2019 menunjukkan bahwa usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia yang berjualan online, lebih banyak mengandalkan, aplikasi Whatsapp (WA) dibandingkan situs e-commerce atau marketplace.

[Baca Juga: Dukung UMKM, Modalku Hadirkan Layanan Modal Pasar]

Apapun cara yang dipilih tentunya memiliki manfaat dan kekurangan masing-masing. Di saat sedang mengembangkan bisnis ini lah fungsi pemerintah daerah dibutuhkan. Maka dari itu Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi DKI Jakarta, siap untuk membantu dalam membesarkan UMKM di Jakarta Selatan. Sebagai salah satu langkah, Kadin ingin memberi sumbangsih saran terkait dengan industri di Jakarta Selatan.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta Diana Dewi, saat beraudiensi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan di Ruang Rapat Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan.

“Ke depannya, apabila membuat kebijakan serta implementasi Jakarta selatan khususnya mengenai pengusaha, kami berharap kami diikutsertakan. Dengan kemitraan kita, kami berharap dapat memberikan solusi untuk dapat membantu. Karena tak kenal maka tidak sayang,” ujar Diana.

[Baca Juga: Pelatihan Menjahit Gamis untuk Ibu-Ibu di Palmerah]

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali pun menanggapi positif hal tersebut. Menurut Marullah, apa yang diutarakan Kadin Provinsi DKI Jakarta, sejalan dengan keinginan Gubernur Provinsi DKI Jakarta untuk membesarkan usaha yang masih kecil.

“Gubernur sering membicarakan untuk mengembangkan bisnis yang kecil. Yang besar bakal besar. Kadin juga ada pedagang besar dan kecil. Itu prioritas kita. Pesan gubernur pada kita tugas anda satu di antaranya besarkan yang kecil-kecil,” kata Marullah.

Marullah menambahkan, kolaborasi yang aktif dapat menimbulkan potensi-potensi positif di dalamnya. “Kadin DKI Jakarta hadir di kesempatan ini punya makna bagi kita semuanya, Kadin itu sudah menjadi bagian pemerintah bukan hanya di kota, namun juga provinsi bahkan di tingkat nasional,” sebut Marullah.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.