Kadiskarpus Apresiasi Kelurahan Baktijaya dan Penulis Cilik Kota Depok

Pendidikan

Kadiskarpus Apresiasi Kelurahan Baktijaya dan Penulis Cilik Kota Depok

Perpustakaan Kelurahan Bakti Jaya meraih juara harapan tiga pada Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2021. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok.

Kepala Diskarpus Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, lomba perpustakaan yang diadakan merupakan tantangan bagi para pegiat literasi. Selain untuk tetap aktif berliterasi, juga berupaya agar perpustakaan mereka memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

"Ini merupakan kesempatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan yang berkualitas dan lebih baik lagi," ungkap Siti, dikutip dari berita.depok go.id, Selasa 14/09/21.

Siti menjelaskan, pihaknya telah melakukan pembinaan dari awal Mei 2021. Yang dilakukan Diskarpus mulai dari pembinaan pengolahan koleksi buku, penataan perpustakaan, pembelajaran penggunaan aplikasi inLislite (sistem otomasi perpustakaan), penyuluhan kegiatan mendongeng, bimbingan membaca untuk warga dan lain-lain.

"Untuk kegiatan mendongeng dan bimbingan membaca untuk warga merupakan kegiatan rutin, namun karena pandemi intensitasnya kami kurangi. Kami juga memberikan bantuan buku pinjam pakai sebanyak 100 eksemplar," jelasnya.

Tidak lupa, Siti mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan oleh Perpustakaan Kelurahan Pintar Baktijaya yang dibina dan didampingi para pustakawan dari Diskarpus. Siti berharap agar tahun depan bisa lebih baik lagi untuk persiapan Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan.

Siti Chaerijah (Kepala Diskarpus kota Depok).jpg

Apresiasi yang diberikan oleh Siti tak hanya didapatkan pada Perpustakaan Bakti Jaya saja, pada Hari Aksara Internasional 2021 yang jatuh pada tanggal 8 September kemarin. Siti Chaerijah juga memberi apresiasi kepada sejumlah anak yang sudah menjadi penulis cilik Kota Depok.

Menurut Siti, anak-anak tersebut tergabung dalam Komunitas Read Aloud Depok. Yaitu komunitas yang mendorong anak untuk mau membaca dan menulis secara menyenangkan.

"Kemampuan anak-anak ini sangat luar biasa dan perlu terus dikembangkan," tuturnya, Senin 13/09/21.

Kepala Diskarpus tersebut mengatakan kemampuan menulis anak-anak bisa terus berkembang untuk menulis, baik buku fiksi maupun non fiksi. Itu agar kelak anak-anak itu menjadi generasi dan pemimpin yang cerdas.

Hari Aksara Internasional yang diperingati sebagai pengingat guna meningkatkan melek huruf atau aksara. Siti pun menyambut baik upaya anak-anak yang kreatif, karena sudah menulis buku di usia muda.

"Semoga ke depan kita semakin mempunyai semangat bersama mencerdaskan kehidupan bangsa. Juga membangun budaya membaca yang menyenangkan," tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.