Semut 1.jpg

Kuliner

Kafe Omah Semut Melayani dengan Filosofi Gotong Royong Semut

Kalau tempo hari sudah sempat kami beritakan cerita kreatif dari Agus Sujito selaku Seniman Sejuta Semut, kini yang kami ulas adalah studionya yang disulap menjadi sebuah kafe. Keindahan panorama alam Kota Batu dimanfaatkan oleh kafe ini sebagai interaksi bangunan bernuansa kontemporer-klasik dengan estetika perkebunan. Kebun-kebun yang menghiasi lingkungan kafe ini pun beragam, dari bunga, sayur mayur, hingga buah-buahan seperti jeruk dan apel.

Kafe ini terletak di pusat Desa Bulukerto yang berhadapan langsung dengan Gunung Arjuno. Nuansa dingin sejuk menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hendak berelaksasi seusai menempuh perjalanan jauh ketika sampai di Kota Batu. Selain itu, kafe ini juga cocok untuk menjadi penyejuk setelah lelah berkeliling di alam wisata Kota Batu. Berbagai tanjakan, penelusuran ke perkebunan di Bumiaji, atau berbagai wahana edukatif seperti Jatim Park terkadang menjadi sasaran wisata yang melelahkan dan menutup perjalanan wisata tersebut dengan bersantai di Kafe Omah Semut akan terasa menyempurnakan.

Pak Agus 2.jpg

Seperti namanya, Kafe Omah Semut dihiasi olah banyak patung-patung semut. Selain itu, 100% pegawai yang bekerja di Kafe Omah Semut juga merupakan pemuda-pemuda warga asli Bulukerto. Lebih dari itu, patung-patung semut yang menjadi penghias di Kafe Omah Semut juga merupakan hasil pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Pak Agus Sujito selaku pendiri Kafe Omah Semut. Hal ini menjadikan Kafe Omah Semut sebagai implementasi rumah semut yang mana setiap pekerjanya melakukan aktivitas secara gotong-royong, ringan sama dijinjing – berat sama dipikul.

“Kafe ini menjunjung asas kerjasama dan kerja keras, seperti semut,” ungkap Putri Semut, julukan dari pegawai kasir ketika kami tanyai apa makna dibalik nama Kafe Omah Semut pada 14 Maret 2021 lalu. Hal-hal unik lain yang bisa ditemui di kafe ini adalah perwujudan interpretasi dalam warna dan bentuk. Para waiters memakai kaus hitam yang identik dengan semut hitam dan keperkasaannya dalam bekerja.

[Baca Juga: Ayam Rang-Rang dan Wedhang Sarang Semut di Kafe Omah Semut]

Para pagawai dapur memakai kaus merah yang identik dengan semut merah dan warna merah sendiri merupakan simbol dari api yang panas (sebagaimana nyala api di dapur Kafe Omah Semut). Pada beberapa spot terdapat patung Alien Semut yang dengan kecerdikannya mengolah insting-insting semut untuk menata lampu, bangku, dan dekorasi-dekorasi di dalam kafe.

Kafe ini menjajakan menu minuman dari harga Rp5.000 berupa Es Teh hingga olahan minuman milkshakes seharga Rp15.000. sementara itu, menu makanannya dibandrol harga Rp10.000 untuk varian baverage dan makanan khas Jawa seharga Rp15.000 sampai Rp27.000. Harga ini merupakan wujud apresiasi atas keindahan dan prakarsa gotong-royong kesenian di Kafe Omah Semut.


Read More

Kafe Omah Semut

Cafe & Resto

None
None

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.